Pakar Strategi Komunikasi B2B Anugrah Pratama dalam Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Authors

  • Adrian Ryo Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Kukuh Sinduwiatmo Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/interaction.v1i1.2535

Keywords:

Komunikasi B2B, Manajemen Akun, Strategi Persuasif, Keterlibatan Pelanggan, Pemasaran Penjualan

Abstract

Penelitian fenomenologis ini menyelidiki efektivitas strategi komunikasi yang digunakan oleh Manajer Akun B2B dalam memperkuat hubungan dengan pelanggan. Melalui analisis kualitatif yang melibatkan wawancara, observasi, dan pemeriksaan dokumen, wawasan diperoleh dari dua Manajer Akun, seorang staf Kepuasan Pelanggan (CSAT), seorang Supervisor Manajer Akun, dan seorang pemimpin Komunikasi Pemasaran. Temuan mengungkap adopsi pendekatan persuasif kontemporer, menampilkan hadiah untuk pelanggan setia, acara jaringan, dan inisiatif peningkatan pengetahuan. Studi ini menekankan efektivitas strategi-strategi ini dalam memperkuat keterlibatan pelanggan dan memberikan implikasi praktis untuk meningkatkan metodologi pemasaran penjualan di lingkungan bisnis kontemporer.

References

S. H. Umar, Nuryati, and Solihatiningsih, “Pengaruh Strategi Pemasaran B2B (Business To Business) Dan B2C (Business To Customer) Terhadap Cara Pembelian Tiket Pesawat Di Lingkungan Mahasiswa,” J. Flight Attend. Kedirgant., vol. 3, no. 2, pp. 27–38, 2016.

Jumiran, A. Fitri, and B. Tiara, “Sistem Informasi Pemasaran Produk Furniture Menggunakan Konsep E-Business B2b : Studi Kasus Pada PT. Trifoli Kayakarya,” Insa. Pembang. Sist. Inf. dan Komput., vol. 8, no. 1, pp. 1–9, 2020, doi: 10.58217/ipsikom.v8i1.168. DOI: https://doi.org/10.58217/ipsikom.v8i1.168

D. E. Rahmanto, “Strategi Komunikasi Account Executive Dan Media Planner Octa Advertising,” 2014.

V. Raihani, “Strategi Personal Selling Account Manager Divisi Business Service (BS) PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Sumatera Selatan Dalam Membangun Hubungan Pelanggan,” pp. 6, 2021.

M. F. Rukmana, R. B. Krismasakti, and A. Y. Lubis, “Strategi Account Executive Bara Imaji Dalam Meningkatkan Added Value,” Oktober, vol. 1, no. 2, pp. 76–77, 2022.

V. Dartina, “Strategi Komunikasi Persuasi Sales and Account Manager dalam Mempertahankan Pelanggan,” Idea J. Hum., pp. 109–121, 2018, doi: 10.29313/idea.v0i0.4178. DOI: https://doi.org/10.29313/idea.v0i0.4178

A. Astari, “Kepuasan Keja Karyawan: Studi Kasus Pada Account Manager Gamatechno Indonesia,” pp. 1–14, 2017.

M. Rusdi, “Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya,” J. Stud. Manaj. dan Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 83–88, 2019, doi: 10.21107/jsmb.v6i2.6686. DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6686

W. S. Dwisari, “Strategi Account Executive Dalam Memasarkan,” Ettisal J. Commun., vol. 5, no. 2, pp. 199–209, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/ettisal.

D. Farahdiba, “Konsep Dan Strategi Komunikasi Pemasaran: Perubahan Perilaku Konsumen Menuju Era Disrupsi,” J. Ilm. Komun. Makna, vol. 8, no. 1, p. 22, 2020, doi: 10.30659/jikm.v8i1.7992. DOI: https://doi.org/10.30659/jikm.v8i1.7992

I. Y. Musyawarah and D. Idayanti, “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju,” Forecast. J. Ilm. Ilmu Manaj., vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2022.

A. Nuvriasari, “Mengelola Hubungan dengan Pelanggan pada Praktik Pemasaran Business to Business (B2B) dengan Orientasi Penciptaan Loyalitas,” Sinergi, vol. 13, no. 1, pp. 15–28, 2012, doi: 10.20885/sinergi.vol13.iss1.art2. DOI: https://doi.org/10.20885/sinergi.vol13.iss1.art2

H. O. Hidayati, “aktivitas account executive dalam menarik minat calon pengiklan di pt tempo inti media tbk biro jateng & diy 2016,” Transcommunication, vol. 53, no. 1, pp. 1–8, 2018, [Online]. Available: http://www.tfd.org.tw/opencms/english/about/background.html%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.04.024%0A. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006

M. Darwin, “The Effect of Communication Strategy in Marketing 4.0 to Purchase Decision Through Brand Advocacy in Shopee E-Commerce,” vol. 4, no. 2, pp. 375–396, 2020, [Online]. Available: http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/482.

N. A. Dwityas, K. Fadli, F. Aprilia, and R. Briandana, “Peran Dan Aktivitas Komunikai Divisi Account Executive Pada Digital Agency,” Commed J. Komun. dan Media, vol. 5, no. 2, pp. 188–202, 2021, doi: 10.33884/commed.v5i2.2668. DOI: https://doi.org/10.33884/commed.v5i2.2668

Downloads

Published

2024-05-22

How to Cite

Ryo, A., & Sinduwiatmo, K. (2024). Pakar Strategi Komunikasi B2B Anugrah Pratama dalam Membangun Hubungan dengan Pelanggan . Interaction Communication Studies Journal, 1(1), 61–71. https://doi.org/10.47134/interaction.v1i1.2535

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 

You may also start an advanced similarity search for this article.