Pengembangan E-Modul Instalasi Mikrotik Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan Di SMK
DOI:
https://doi.org/10.47134/ijat.v1i1.3089Keywords:
Modul Instalasi Mikrotik, Berbasis Android, PengembanganAbstract
Menurunnya semangat belajar pada siswa yang terjadi saat ini, Hal ini disebabkan oleh tidak efektifnya guru dalam menyampaikan materi dan sumber belajar kepada siswanya, mengakibatkan tingginya kebutuhan terhadap modul elektronik. Penulis terinspirasi untuk membuat media pembelajaran sebagai sumber ajar modul elektronik (e-modul), salah satu jenis bahan ajar pada mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan Kelas XI Teknik computer dan jaringan, dengan semakin pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan pendekatan pendekatan model ADDIE. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah berupa modul elektronik (e-modul) instalasi mikrotik berbasis android dengan menggunakan perangkat lunak software Ispring Suite 9, Ms. Power Point 2016 dan di konversi agar bisa dijalankan di android dengan Website 2 APK Builder, uji kelayakan modul elektronik ini menggunakan uji dari ahli media yang mendapat presentase sebesar 84% dengan kriteria “Sangat Baik”, ahli materi mendapatkan presentase kelayakan sebesar 92% dengan kriteria “Sangat Baik, kemudian untuk uji kelompok kecil mendapat presentase kelayakan 91,6% dengan kriteria “Sangat Baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul instalasi mikrotik untuk siswa kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan dinyatakan valid, praktis dan sangat efektif digunakan sebagai media pembelajaran praktikum instalasi mikrotik.
References
Anshari, K., Effendi, N., & Farida, F. (2020, Agu). Penerapan E-Modul Pelatihan Mikrotik Pada Guru Teknik Komputer Jaringan.
Anshari, K., et al. (2019). Development of E-Module Mikrotik Training Information Technology Teacher in the Field of Computer Network Engineering. The Journal of Educational Development, 7(3), 218–225. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jed
Arsyad, M., & Hadi, A. (2021). Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 9(4). Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/index DOI: https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i4.113988
Ayu Sholata, A. (2014). Analisis Model Kerjasama Dan Pelatihan Calon Tenaga Kerja Pada Sekolah Menengah Kejuruan Guna Mempersiapkan Tenaga Kerja Siap Pakai (Studi pada SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang). Malang.
Azis, N., Pribadi, G., & Savitrie Nurcahya, M. (2020). Analisa Dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android. Jurnal Ikra-Ith Informatika, 4(3).
Chintya Neyfa, B. G., Baru, K., & Negeri Jakarta, P. G. (2016). Perancangan Aplikasi E-Canteen Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Object Oriented Analysis & Design ( Ooad ) ‘E-Canteen’ Android-Based Application Design Using Object Oriented Analysis & Design Method Dony Tamara.
Efrain, R., et al. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Ipa Sekolah Mengengah Pertama. DOI: https://doi.org/10.53682/edutik.v1i4.2068
Elizabeth, T., Rahman, A., & Tinaliah, T. (2023). Pelatihan Pembuatan Access Point Menggunakan MIKROTIK pada SMK Bina Cipta Palembang. FORDICATE. https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/fordicate/article/view/4827 DOI: https://doi.org/10.35957/fordicate.v2i2.4827
Elmasari, Y., Anggara, P., & Kunci, K. (2021, Des). E-Modul Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Kelas X Smk Sore Tulungagung.
Fahmi, M., Maisyaroh, M., Komarudin, I., & ... (2021). Otomatisasi Jaringan Menggunakan Script Python Untuk Penyediaan Konfigurasi Internet Dan Manajemen Mikrotik. Bina Insani ICT …. http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/1517 DOI: https://doi.org/10.51211/biict.v8i1.1517
Fauzi, R., Zainy, A., Lubis, I. S., Haqi, A. B., & ... (2023). INSTALASI MIKROTIK PADA VIRTUALBOX DAN PENGKONEKSIAN ANTARA MIKROTIKDI VIRTUALBOX DENGAN WINBOX DI SMK S TERUNA PADANG …. Jurnal ADAM …. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/download/1381/372
Heromadhani, H., Sudarmaji, S., & Hidayat, A. (2021). Pengembangan Jaringan Komputer Berbasis Mikrotik Pada Smp Negeri 8 Metro. Jurnal Mahasiswa Ilmu Komputer. DOI: https://doi.org/10.24127/ilmukomputer.v2i2.1671
Hingide, M. N., et al. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Platform Android Pada Mata Pelajaran Ppkn Smk. DOI: https://doi.org/10.53682/edutik.v1i5.2922
Husaini, M., Raden, I., Lampung, I., Purnawirawan, J., 05, N., & B. Lampung, K. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (E-education). Bulan Mei.
Indah, K. A. T., Sudiarta, I. K., & Pramitari, I. (2020). Pengabdian Kemitraan Masyarakat Instalasi Jaringan Internet untuk Sistem Registrasi Online pada Objek Wisata Blangsinga Waterfall, Kecamatan Blahbatuh …. Bhakti Persada Jurnal …. https://ojs.pnb.ac.id/index.php/BP/article/view/1865 DOI: https://doi.org/10.31940/bp.v6i1.1865
Kurniawan, D. F., & Widiyastuti, A. (2021). Manajemen Bandwidth Menggunakan Simple Queue Dengan Router Mikrotik Pada Smp Negeri 1 Sumberejo Kabupaten Tanggamus. … Software Dan Network …. https://www.jurnal.dccpringsewu.ac.id/index.php/ji/article/view/22
Lestari, C. P., Hasibuan, N. A., & Ginting, G. L. (2016). Perancangan Aplikasi Kamus Istilah Medis Berbasis Android Dengan Algoritma Boyer-Moore. Jurnal Infotek, II(3).
Mardiyah, A., & Hanif, E. (2021). Workshop Pembuatan E-Modul Flip-Book Berbasis Android Bagi Guru-Guru Smp/Mts Dan Sma Muhammadiyah Kota Padang Sidimpuan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 462–466. https://doi.org/10.31604/jpm.v4i2.462-466
Munandar, R. R., Cahyani, R., & Fadilah, E. (2021, Des). Pengembangan E-Modul Sigil Software Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. BIODIK, 7(4), 191–202. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.15204 DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.15204
Mustaqim, W., Hidayat, A., & Irawan, D. (2019). Rancangan Jaringan Hotspot Menggunakan Router Mikrotik Pada Rumah Sakit Bhayangkara Polda Lampung. Jurnal Mahasiswa Sistem Informasi (JMSI). DOI: https://doi.org/10.24127/jmsi.v1i1.63
Ningtyas, A. S., Triwahyuningtyas, D., & Rahayu, S. (2020). Pengembangan E-Modul Bangun Datar Sederhana Berbasis Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Aplikasi Kvsoft Flipbook Maker Untuk Siswa Kelas III. Retrieved from https://conference.unikama.ac.id/artikel/
Nurbaita, N., et al. (2021, Nov). Implementasi Augmented Reality (AR) Pada Pengenalan Masjid Agung Islamic Center Berbasis Android. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 13(3), 180. https://doi.org/10.22303/csrid.13.3.2021.180-191 DOI: https://doi.org/10.22303/csrid.13.3.2021.180-191
Rachmi, A. (2020, Sep). Pengembangan E-Modul Berbasis Android Mata Kuliah Struktur Beton II. Jurnal PenSil, 9(3), 152–158. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i3.10815 DOI: https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i3.10815
Rahmadani, A. F., et al. (2022, Des). Pengembangan Modul Elektronik Evaluasi Pendidikan Komputer Berbasis Android di Perguruan Tinggi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(2), 246–258. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i2.4143 DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i2.4143
Ramayanti, D., Gunawan, W., & Faishal, I. I. (2021). Implementasi QR-Code pada Aplikasi E-Market Mandiri untuk Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Berbasis Android. Jurnal Informatika, 8(1), 34–40. https://doi.org/10.31294/ji.v8i1.9221 DOI: https://doi.org/10.31294/ji.v8i1.9221
Rohana, S., & Syahputra, A. (2021, Jul). Model Pembelajaran Blended Learning Pasca New Normal Covid-19. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 48. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.488 DOI: https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.488
Satria, D. (n.d.). ARTIKEL TENTANG KONFIGURASI JARINGAN MIKROTIK. Osf.Io. https://osf.io/preprints/umeq8/
Wahyudi, R., Handoko, H., & Pasaribu, S. (2015). Perancangan Aplikasi Quiz Menggunakan Metode Pengacakan Linear Congruential Generator (LCG) Berbasis Android.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muh. Anis Mukhson, Rahmania Sri Untari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.