Pengembangan E-Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Jaringan di SMK
DOI:
https://doi.org/10.47134/ijat.v1i3.3072Keywords:
Administrasi Jaringan, Pengembangan, E-Modul InteraktifAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul interaktif pada mata pelajaran Administrasi Jaringan Komputer dan mengetahui kelayakan e-modul untuk menciptakan proses belajar yang menarik bagi siswa. Penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Pada tahap pengembangan media tahap ini didesain dengan software Adobe Flash CC 2015. Dari hasil validasi yang sudah diberikan oleh alhi media diperoleh hasil 95% dengan keterangan e-modul interaktif sangat layak digunakan, dan adapun hasil presentase kelayakan yang sudah melalui uji coba kepada siswa memberikan hasil secara keseluruhan mendapatkan nilai 85% dengan keterangan e-modul interaktif sangat layak digunakan pada mata pelajaran administrasi jaringan.
References
Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(April 2020), 62–78.
Alivia, Z. P., & Nursalman, M. (2023). Pengembangan Modul Sebagai Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kognitif Siswa. Digital Transformation Technology. https://jurnal.itscience.org/index.php/digitech/article/view/3138 DOI: https://doi.org/10.47709/digitech.v3i2.3138
Aprilliyah, & Wahjudi, E. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif pada Materi Jurnal Khusus Kelas X Akutansi di SMK Negeri Mojoagung. Jurnal UNESA, 7, 1–7.
Aryawan, R., Gde Wawan Sudatha, I., Wayan Ilia Yuda Sukmana, A. I., & Teknologi Pendidikan, J. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran Ips Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal EDUTECH Universitas Pedidikan Ganesha, 6(2), 180–191.
Audina, D., Khaerunnisa, M., Adilah, Y. N., & ... (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif ASYBEDU (Asyiknya Belajar Wudhu) untuk Memudahkan Siswa SD dalam Praktik Wudhu. Jurnal Pendidikan …. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/5803/4873
Ayu, D., Ningtyas, M., Rokhmawati, R. I., & Wicaksono, S. A. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif menggunakan Model ADDIE pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (Studi pada: Kelas X Jurusan TKJ SMKN 3 Malang) (Vol. 7, Issue 4).
Bekti, N., Dwi, W., Gola, N., Raudhotus, R., Nuraini, L., & Anggraeni, F. K. A. (2021). Pengembangan Modul Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Materi Optik Geometri. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 123. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.3971 DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.3971
Elly, A., & Mulyono, D. (2024). Workshop Pembuatan E-Modul Interaktif Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di SD Negeri Rantau Kasih Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas. ARSY: Jurnal Aplikasi Riset Kepada …. http://www.journal.al-matani.com/index.php/arsy/article/view/680 DOI: https://doi.org/10.55583/arsy.v4i2.680
Febrista, D., & Efrizon, E. (2021). Pengembangan e-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI Teknik Audio Vidio. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 9(3), 102. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i3.113750 DOI: https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i3.113750
Fitriani, F., & Indriaturrahmi, I. (2020). Pengembangan e-modul sebagai sumber belajar mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X MAN 1 Lombok Tengah. Jurnal Penelitian Dan …. https://journal-center.litpam.com/index.php/e-Saintika/article/view/165 DOI: https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i1.165
Hamid, A., & Alberida, H. (2021). Pentingnya Mengembangkan E-Modul Interaktif Berbasis Flipbook di Sekolah Menengah Atas. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/452 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.452
Hasanah, F. N., Taurusta, C., Sri Untari, R., Nurul Hidayah, D., & Rindiani, R. (2021). Gim edukasi berbasis android sebagai optimasi pembelajaran daring di masa pandemi Covid 19. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 55–67. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.15176 DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.15176
Hutapean, L. A. (2019). Pemanfaatan E-Module Interaktif Sebagai Media Pembelajaran di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 2018, 298–305.
Jannah, M., & Hasanah, F. N. (2021). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Android pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di Kelas X SMK Yapalis Krian. Joutica, 6(2), 461. https://doi.org/10.30736/jti.v6i2.668 DOI: https://doi.org/10.30736/jti.v6i2.668
Kurniati, N., Kuspiyah, H. R., & Dantia, N. A. C. (2024). Pendampingan Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Santri PPNH Melalui E-Modul Interaktif. Journal Of Human And Education …. https://www.jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/705
Kuswanto, J., & Kunci, K. (2019). Pengembangan Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu…. Pengembangan Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII. In Jurnal Media Infotama (Vol. 15, Issue 2). DOI: https://doi.org/10.37676/jmi.v15i2.866
Maulida, M. H., & Nasrah, S. (2022). Efektivitas Manajemen Pembelajaran Melalui Perancangan E-Modul pada Sekolah Menegah Kejuruan. Journal of Social …. https://journal.formosapublisher.org/index.php/jsih/article/view/438
Navila, A. F., & Tuharto, T. (2023). Pengembangan e-Modul Interaktif Berbasis Website dengan Model Inkuiri untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa pada Materi Peluang. Jurnal Pedagogi Matematika. http://101.203.168.44/index.php/jpm/article/view/19618
Pohan, S. Y., & Sagala, P. N. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Matematika Realistik Di Kelas VIII SMP Swasta Palapa Telagah. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu …. https://prin.or.id/index.php/JURRIMIPA/article/view/1518
Putra, W. P., & Seituni, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Administrasi Infrastruktur Jaringan Berbasis Adobe Flash Untuk Siswa Kelas Xi Teknik Komputer Jaringan Di Smk Negeri 1 Suboh. Edusaintek : Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 6(2), 54–63. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v6i2.36 DOI: https://doi.org/10.47668/edusaintek.v6i2.36
Rahmadani, F., Indah Juwita, A., Studi Pendidikan Teknik Informatika, P., & Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F. (2023). DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Pengembangan Aplikasi Modul Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan Untuk Siswa XI TKJ SMK Kartika 1-2 Padang. 2(2), 267–272. https://doi.org/10.54259/diajar.v2i2.1561 DOI: https://doi.org/10.54259/diajar.v2i2.1561
Ramadhina, S. R., & Pranata, K. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Flipbook di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3470 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3470
Redy Winatha, K., Suharsono, N., & Agustini, K. (2018). PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROYEK MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 188. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021
Ricu Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01 DOI: https://doi.org/10.21009/JPS.091.01
Safitri, M., & Najuah, N. (2021). Pengembangan E-Modul Interaktif pada Materi Strategi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia untuk Siswa Kelas XI SMAN 3 Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1590
Salfia, E. (2021). Pengembangan bahan ajar berbasis e-modul interaktif menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada materi integral SMA Kelas XII. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan. https://jurnal.larisma.or.id/index.php/JRIP/article/view/62 DOI: https://doi.org/10.56495/jrip.v1i1.62
Sugiyono. (2017). Analyze revisi Developme nt.
Suryati, S., Ihsan, M. S., & Huliadi, H. (2021). Pengembangan E-Modul Interaktif Menggunakan Adobe Flash Untuk Menumbuhkan Literasi Sains. Reflection Journal. https://journal-center.litpam.com/index.php/RJ/article/view/671 DOI: https://doi.org/10.36312/rj.v1i2.671
Susanto, S., Sidqi, M. F., & Fajar, D. A. (2021). Pelatihan E-Modul Menggunakan Flip Pdf untuk Pembelajaran Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Abmas Negeri (JAGRI). https://salnesia.id/jagri/article/view/135 DOI: https://doi.org/10.36590/jagri.v2i1.135
Syaiful, S., Astuti, I., & Afandi, A. (2023). Desain pengembangan e-modul interaktif dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa SMP Negeri 1 Hulu Gurung. Jurnal Cahaya Mandalika …. https://www.ojs.cahayamandalika.com/index.php/JCM/article/view/1555
Waliulu, Y. S. (2022). Penerapan perangkat pembelajaran e-modul berbasis flipbook teori komunikasi terhadap minat belajar mahasiswa. Aksiologi: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial. https://aksiologi.pubmedia.id/index.php/aksiologi/article/view/84 DOI: https://doi.org/10.47134/aksiologi.v2i2.84
Yanti, A., Samudra, A. A., & Pernanda, A. Y. (2023). Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan (Aij) Kelas Xi Tkjdi Smk Negeri 1 Rao Selatan. Jurnal Informatika Kaputama (JIK), 7(2), 141–147. https://doi.org/10.59697/jik.v7i2.31 DOI: https://doi.org/10.59697/jik.v7i2.31
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Luluk Nur Hamidah, Fitria Nur Hasanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.