Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Desktop Pada Mata Pelajaran Jaringan Berbasis Luas di SMK

Authors

  • Dion Marsel Hermawan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Fitria Nur Hasanah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/ijat.v1i2.2948

Keywords:

Inovasi, Komputer, Media pembelajaran, Teknologi informasi

Abstract

Teknologi informasi telah diaplikasikan kedalam bidang pendidikan untuk menciptakan media pembelajaran interaktif yang menggunakan perangkat elektronik seperti komputer. Penggunaan perangkat komputer biasanya disajikan kedalam suatu media pembelajaran interaktif berbasis desktop yang memiliki peranan penting untuk mengatasi kebosanan dan ketidakantusiasan siswa dalam mengikuti pembelajaran yang hanya menggunakan media pembelajaran yang bersifat satu arah. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan mengembangkan suatu inovasi media pembelajaran berbasis desktop menggunakan software Adobe Flash CS 6 khususnya pada mata pelajaran jaringan berbasis luas di SMK. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan menerapkan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pengumpulan data penelitian dapat diperoleh dengan menggunakan teknik seperti pengisian angket. Instrumen pengumpulan data tersebut nantinya akan divalidasi oleh tim ahli media dan ahli materi, kemudian dilakukan uji coba skala terbatas pada 10 siswa kelas XII-TKJ. Hasil dari validasi media yang dikembangkan nantinya akan mendapatkan nilai 83% dari validator ahli media yang dapat dikategorikan sangat layak, dan juga memperoleh nilai validasi 93% dari validator ahli materi yang juga dapat dikategorikan sangat layak. Kemudian hasil dari uji coba skala terbatas juga menampilkan rata-rata nilai 96% sehingga dapat dikategorikan sangat layak. Melalui hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif “M1TA EDUCATION” sangat layak jika diterapkan pada proses pembelajaran.

References

Arifianto, M. L. (2021). Penerapan berbagai model tes interaktif dalam evaluasi pembelajaran bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/1114

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.

Asyhari, A., & Diani, R. (2017). Pembelajaran fisika berbasis web enhanced course: mengembangkan web-logs pembelajaran fisika dasar I. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 13. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.13435

Bayu, A., Seto, R., & Hasanah, F. N. (n.d.). X TKJ [ Development of Interactive Learning Media MISTAR Class X TKJ ]. 1–10.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center. CV Kaaffah Learning Center.

Febrianto, A., & Saputra, N. (2021). Pelatihan media pembelajaran inovatif dengan videoscribe bagi guru SDN Malangrejo. Community Empowerment. https://journal.unimma.ac.id/index.php/ce/article/view/3835 DOI: https://doi.org/10.31603/ce.3835

Gosho, V. D. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Sistem Peredaran Darah Manusia Pada Smp Negeri 19 Kota Bandung Berbasis Desktop. elibrary.unikom.ac.id. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/7616/

handayani Putri, P. (2019). PENERAPAN ANIMASI 2D PADA MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN LAMPU LALU LINTAS PADA PESERTA DIDIK BERBASIS DESKTOP PC. Seri Prosiding Seminar Nasional Dinamika …. http://senadi.upy.ac.id/prosiding/index.php/senadi/article/view/82

Handoyo, V. D. (2021). Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Dalam Mengikuti Mata Pelajaran Pjok Di SMP N 1 Setu Kabupaten Bekasi. Repository Universitas Negeri Jakarta.

Hasanah, F. N., & Rindiani. (2022). Pengembangan Mobile Learning “Detektif Siput” Kelas X SMK. 16(2), 190–200. DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v16i2.13183

Hasanah, F. N., Taurusta, C., Untari, R. S., Hidayah, Nurul, D., & Rindiani. (2015). Gim edukasi berbasis android sebagai optimasi pembelajaran daring di masa pandemi Covid 19. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 55–67. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.15176

Ikhwan, W. K. (2015). Implementasi Standar Isi, Standar Proses, Standar Lulusan Sebagai Standar Mutu pendidikan MTs Negeri Di kabupaten Tulungagung. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 16–22. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.68

Jabar, A. A., & Anas, A. S. (2019). Aplikasi Belajar Interaktif Algoritma Sorting Berbasis Desktop. JTIM: Jurnal Teknologi Informasi Dan …. https://www.journal.sekawan-org.id/index.php/jtim/article/view/10 DOI: https://doi.org/10.35746/jtim.v1i1.10

Marlini, C., & Rismawati. (2019). Praktikalitas Penggunaan Media Pembelajaran Membaca Permulaan Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Tunas Bangsa., Vol. 6, No(August), 277–289.

Munti, N. Y. S., & Syaifuddin, D. A. (2020). Analisa Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1799–1805.

Musmawati, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Proses Produksi Desain di Kelas XI DKV SMKN 1 Kinali. repo.upgrisba.ac.id. https://repo.upgrisba.ac.id/id/eprint/17497/

Natalia, S., & Setiawan, I. K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Nawala Visual. https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/nawalavisual/article/view/56 DOI: https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v2i1.56

Nazar, M., Zulfadli, Z., Oktarina, A., & ... (2020). Pengembangan aplikasi pembelajaran interaktif berbasis android untuk membantu mahasiswa dalam mempelajari materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Jurnal Pendidikan Sains …. https://jurnal.usk.ac.id/JPSI/article/view/16047 DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16047

Ningrum, M. T. A., Purnomo, A., & Idris. (2020). Pengembangan media pembelajaran IPS berbasis android materi kerajaan dan peninggalan Hindu-Buddha. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7, 19. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14344

Nurhasanah, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sejarah Perkembangan Islam Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2, 148–153. DOI: https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.69

Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 527–540.

Priyanto, K., & Nurjaman, A. (2023). Pengembangan media pembelajaran desktop menggunakan aplikasi Netbeans pada materi persamaan garis lurus. JPMI (Jurnal Pembelajaran …. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/18177

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Saadah, F. N. L., & Hasanah, F. N. (2023). Development of Science Learning Media Klanimal Android-Based for Elementary School Students. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(3), 1222–1240. https://doi.org/10.51276/edu.v4i3.534 DOI: https://doi.org/10.51276/edu.v4i3.534

Santana, D., Pratami, G., & ... (2019). Perancangan Animasi Interaktif Untuk Bahan Ajar Mata Kuliah Biologi Sel Berbasis Desktop Menggunakan Adobe Flash Cs6 (Studi Kasus Prodi Pendidikan Biologi …. Prosiding Sains …. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/PROSIDING_SNST_FT/article/view/2893

Saputra, D. A., & Widiyanti, S. (2023). Perancangan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif Pengenalan Tata Surya Berbasis Desktop untuk SMP Kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Amikom …. https://ojs.amikomsolo.ac.id/index.php/semnasa/article/view/154

Saputra, R., Thalia, S., & Gustiningsi, T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Adobe Flash Pro Cs6 Pada Materi Luas Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 67–80. DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.14.1.6794.67-80

Sari, D. M. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Desktop Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Materi Statistika Kelas VIII Di MTs NU Mojosari. etheses.iainkediri.ac.id. https://etheses.iainkediri.ac.id/8276/

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta. CV.Alfabeta.

Suryanti, A., Putra, I., & Nurrahman, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Energi Alternatif Berbasis Multimedia Interaktif. … Teknologi Pembelajaran …. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_tp/article/view/651 DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.651

Susanti, E., Nurhamidah, D., & Faznur, L. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Smart Apps Creator Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia. repository.uinjkt.ac.id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/66909

Tasril, V., Wijaya, R. F., & Widya, R. (2019). Aplikasi Pintar Belajar Bimbingan Dan Konseling Untuk Siswa Sma Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Informasi Komputer Logika. http://ojs.logika.ac.id/index.php/jikl/article/download/45/53

Ulfa, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Power Point Dengan Ispring Suite 9 Berbasis Android/Desktop Pada Materi Struktur Dan Fungsi Sistem Ekskresi …. repository.ar-raniry.ac.id. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31585/

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Hermawan, D. M., & Hasanah, F. N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Desktop Pada Mata Pelajaran Jaringan Berbasis Luas di SMK. Indonesian Journal of Applied Technology, 1(2), 1–16. https://doi.org/10.47134/ijat.v1i2.2948

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.