Aplikasi Pengenalan Teknologi Kapal Selam Pasopati Berbasis Augmented Reality

Authors

  • Moch Dimas Fahmi Rizaldy Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Yulian Findawati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/ijat.v1i1.3091

Keywords:

Kapal Selam, Augmented Reality, Tiga Dimensi

Abstract

Kapal selam merupakan jenis kapal yang memiliki kemampuan untuk beroperasi dibawah permukaan air. Dengan kemampuanya untuk bergerak tanpa terdeteksi dan mendekati wilayah musuh secara rahasia,kapal selam memainkan peran vital dalam menjaga kedaultan laut. Kapal selam KRI Pasopati 410 merupakan salah satu armada Angkatan laut Indonesia yang dibuat oleh Uni Soviet pada tahun 1952. Ada teknologi  kapal selam pasopati yaitu teknologi Periskop Dan teknologi Sonar. Dalam menghadapi kemajuan teknologi kapal selam, penting untuk memastikan bahwa pemahaman masyarakat sejalan dengan perkembangan tersebut. Sayangnya, kenyataanya adalah pemahaman tersebut masih terbatas. oleh karena itu, diperlukan suatu solusi inovatif yang mampu mengatasi hambatan ini secara efektif dan menyampaikan  pengetahuan tentang teknologi kapal selam kepada masyarakat.  maka untuk mempermudah masyarakat mengetahui pengetahuan teknologi kapal selam pasopati penulis menggunakan teknologi augmented reality teknologi yang menggabungkan dunia fisik dengan elemen-elemen digital,menciptakan pengalaman pengguna yang menyatu antara dunia nyata dan virtual.

References

Abadi, A. M. (2024). Perubahan Dasar Pertahanan Malaysia terhadap China daripada Perspektif Tawar-Menawar Perkhidmatan Awam. E-BANGI Journal. http://journalarticle.ukm.my/23498/1/185_197_673342358872PB.pdf

Afifah, G., & Ayub, S. (2018). BAGAIMANA KONSEP KAPAL SELAM DI AJARKAN SECARA SEDERHANA PADA KURIKULUM 2013 Mutia. In Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (Vol. 4, Issue 2). DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.876

Afifah, G., & Ayub, S. (2018). BAGAIMANA KONSEP KAPAL SELAM DI AJARKAN SECARA SEDERHANA PADA KURIKULUM 2013 Mutia.

Akbar Irzain, R., & Hindersah, H. (Year). ANALISIS VIRTUAL GUIDE MONUMENT KAPAL SELAM SURABAYA (MONKASEL) MELALUI PENGGABUNGAN ‘GOOGLE CARDBOARD’ DAN AUGMENTED REALITY.

Aldino, M. (2024). Perancangan Logo Pada Usaha Pempek Dapur Bingen Palembang. Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa PalComTech. http://repo.palcomtech.ac.id/id/eprint/2036/1/PERANCANGAN%20LOGO%20PADA%20USAHA%20PEMPEK.pdf

Bentuk, P., Bagian, D., & Android, P. B. (2019). APLIKASI AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI MEDIA EDUKASI. Jurnal Teknologi Informasi, 3(2).

Bentuk, P., Bagian, D., & Android, P. B. (2019). APLIKASI AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI MEDIA EDUKASI. Jurnal Teknologi Informasi, 3(2). DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v3i2.1217

Cahyasari, W., & Suhermanto, D. F. (2023). Kerja Sama Australia dan Perancis dalam Proyek Pembuatan Kapal Selam. Intermestic: Journal of …. https://intermestic.unpad.ac.id/index.php/intermestic/article/download/557/149 DOI: https://doi.org/10.24198/intermestic.v8n1.8

Christiano Mantaya Wenthe, D., Pranatawijaya, V. H., Bagus AAP, P., Palangka Raya, U., Tunjung Nyaho Jalan Yos Sudarso, K., Raya, P., Tengah, K., & Universitas Palangka Raya, I. (n.d.). APLIKASI PENGENALAN OBJEK UNTUK ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY.

Dewantoro, M. (2022). PEMBUATAN BLOCK KAPAL HALUAN PADA KAPAL BANTU RUMAH SAKIT 2 dr. Radjiman Wedyodiningrat-992.

Haryani, D. S., ST, M. M., Leindarita, M. E. B., SE, M. M., & ... (2024). Riset Operasi. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=tNUNEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA26&dq=pengenalan+teknologi+kapal+selam&ots=52pd36j3qN&sig=Gul2955HlSg5brbrwprUAyPmriw

HIDAYANTO, A. D. I. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN ALAT TRANSPORTASI BERBASIS AUGMENTED REALITY. repository.ump.ac.id. https://repository.ump.ac.id/11688/1/ADI%20HIDAYANTO%20COVER.pdf

Khalida, R. (2021). METODOLOGI, TEKNOLOGI, DAN TANTANGAN AUGMENTED REALITY BERBASIS WEBSITE (Vol. 19, Issue 3).

Khalida, R. (2021). METODOLOGI, TEKNOLOGI, DAN TANTANGAN AUGMENTED REALITY BERBASIS WEBSITE. DOI: https://doi.org/10.32722/pt.v19i3.2751

Maulana, R., & Agoes, A. S. (n.d.). Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Kapal Perang Indonesia Menggunakan Augmented Reality.

Maulana, R., & Agoes, A. S. (Year). Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Kapal Perang Indonesia Menggunakan Augmented Reality.

Ndraha, L. P., Barasa, D. S., & Pane, K. P. (2023). Peran Mata Kuliah Modul Nusantara dalam Upaya Meningkatkan Jiwa Kebhinekaan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Nugroho, A. Y., Susilo, E., & ... (2022). ANALISIS PEMBELAJARAN PERTEMPURAN LAUT ANTARA INGGRIS DENGAN JERMAN DI LAUT ATLANTIK UTARA 1941 BAGI TNI AL. NUSANTARA: Jurnal Ilmu …. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/download/3771/3293

Nugroho, W. H., et al. (2018). Rancang Bangun Model Hidroelastik Kapal Selam Berpropulsi Mandiri untuk Uji Nirkabel Pemantauan Integritas Struktur. Retrieved from http://ejournal.undip.ac.id/index.php/kapal

Nugroho, W. H., Purnomo, N. J., Priohutomo, K., Teknologi Rekayasa Industri Maritim, P., Teknologi Hidrodinamika, B., Kunci, K.,

Hidroelastik, M., Selam, K., Mandiri, P., & Pemantauan Nirkabel, S. (2018). Rancang Bangun Model Hidroelastik Kapal Selam Berpropulsi Mandiri untuk Uji Nirkabel Pemantauan Integritas Struktur. In KAPAL (Vol. 15, Issue 3). http://ejournal.undip.ac.id/index.php/kapal DOI: https://doi.org/10.14710/kpl.v15i3.18535

Nurjaman, H. N. (n.d.). Industri Beton Pracetak Prategang: Industri Konstruksi 4.0 dalam mendukung Pembangunan Infrastruktur dan Perumahan 2019-2024. Repository.Upi-Yai.Ac.Id. http://repository.upi-yai.ac.id/4795/1/19.11.06%20Industri_Beton_Pracetak_dan_Prategang_Industri_Konstruksi_4_0.pdf

Othman, N., Latip, A. R. A., & Sa’at, N. H. (2019). Fasa peralihan nelayan laut dalam serta kesan ke atas ekonomi, sosiobudaya dan persekitaran. Akademika. https://www.academia.edu/download/60926420/30360-106523-1-PB20191016-62523-w1lzne.pdf

Pramono, A., Danung, F., & Wiratama, M. (2018). APLIKASI PENGENALAN RUMAH ADAT INDONESIA DENGAN KONSEP 3D-AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID (Vol. 14, Issue 1).

Pramono, A., Danung, F., & Wiratama, M. (2018). APLIKASI PENGENALAN RUMAH ADAT INDONESIA DENGAN KONSEP 3D-AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. DOI: https://doi.org/10.30996/konv.v14i1.2766

Sari, I. P., Batubara, I. H., Hazidar, A. H., & Basri, M. (2022). Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran. Hello World Jurnal Ilmu Komputer, 1(4), 209–215. https://doi.org/10.56211/helloworld.v1i4.142

Sari, I. P., Batubara, I. H., Hazidar, A. H., & Basri, M. (2022). Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran. Hello World Jurnal Ilmu Komputer, 1(4), 209–215. https://doi.org/10.56211/helloworld.v1i4.142 DOI: https://doi.org/10.56211/helloworld.v1i4.142

Syahrul, A., SYARLI, S., & SARI, C. R. (2022). PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID. Journal Peqguruang: Conference Series, 4(1). https://doi.org/10.35329/jp.v4i1.2828

Syahrul, A., SYARLI, S., & SARI, C. R. (2022). PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID. Journal Peqguruang: Conference Series, 4(1). https://doi.org/10.35329/jp.v4i1.2828 DOI: https://doi.org/10.35329/jp.v4i1.2828

Taurusta, C., Suwarta, N., & Adhi Dharma, F. (2022). 3D Virtual of Building 2 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Augmented Reality Based Virtual 3D Gedung Kampus 2 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo berbasis Augmented Reality. https://pssh.umsida.ac.id.

Taurusta, C., Suwarta, N., & Adhi Dharma, F. (2022). 3D Virtual of Building 2 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Augmented Reality Based Virtual 3D Gedung Kampus 2 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo berbasis Augmented Reality. Retrieved from https://pssh.umsida.ac.id

Wenthe, D. C. M., et al. (Year). APLIKASI PENGENALAN OBJEK UNTUK ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Rizaldy, M. D. F. ., & Findawati, Y. (2024). Aplikasi Pengenalan Teknologi Kapal Selam Pasopati Berbasis Augmented Reality. Indonesian Journal of Applied Technology, 1(1), 15. https://doi.org/10.47134/ijat.v1i1.3091

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.