Aplikasi Pengenalan Teknologi Kapal Selam Pasopati Berbasis Augmented Reality
DOI:
https://doi.org/10.47134/ijat.v1i1.3091Keywords:
Kapal Selam, Augmented Reality, Tiga DimensiAbstract
Kapal selam merupakan jenis kapal yang memiliki kemampuan untuk beroperasi dibawah permukaan air. Dengan kemampuanya untuk bergerak tanpa terdeteksi dan mendekati wilayah musuh secara rahasia,kapal selam memainkan peran vital dalam menjaga kedaultan laut. Kapal selam KRI Pasopati 410 merupakan salah satu armada Angkatan laut Indonesia yang dibuat oleh Uni Soviet pada tahun 1952. Ada teknologi kapal selam pasopati yaitu teknologi Periskop Dan teknologi Sonar. Dalam menghadapi kemajuan teknologi kapal selam, penting untuk memastikan bahwa pemahaman masyarakat sejalan dengan perkembangan tersebut. Sayangnya, kenyataanya adalah pemahaman tersebut masih terbatas. oleh karena itu, diperlukan suatu solusi inovatif yang mampu mengatasi hambatan ini secara efektif dan menyampaikan pengetahuan tentang teknologi kapal selam kepada masyarakat. maka untuk mempermudah masyarakat mengetahui pengetahuan teknologi kapal selam pasopati penulis menggunakan teknologi augmented reality teknologi yang menggabungkan dunia fisik dengan elemen-elemen digital,menciptakan pengalaman pengguna yang menyatu antara dunia nyata dan virtual.
References
Abadi, A. M. (2024). Perubahan Dasar Pertahanan Malaysia terhadap China daripada Perspektif Tawar-Menawar Perkhidmatan Awam. E-BANGI Journal. http://journalarticle.ukm.my/23498/1/185_197_673342358872PB.pdf
Afifah, G., & Ayub, S. (2018). BAGAIMANA KONSEP KAPAL SELAM DI AJARKAN SECARA SEDERHANA PADA KURIKULUM 2013 Mutia. In Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (Vol. 4, Issue 2). DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.876
Afifah, G., & Ayub, S. (2018). BAGAIMANA KONSEP KAPAL SELAM DI AJARKAN SECARA SEDERHANA PADA KURIKULUM 2013 Mutia.
Akbar Irzain, R., & Hindersah, H. (Year). ANALISIS VIRTUAL GUIDE MONUMENT KAPAL SELAM SURABAYA (MONKASEL) MELALUI PENGGABUNGAN ‘GOOGLE CARDBOARD’ DAN AUGMENTED REALITY.
Aldino, M. (2024). Perancangan Logo Pada Usaha Pempek Dapur Bingen Palembang. Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa PalComTech. http://repo.palcomtech.ac.id/id/eprint/2036/1/PERANCANGAN%20LOGO%20PADA%20USAHA%20PEMPEK.pdf
Bentuk, P., Bagian, D., & Android, P. B. (2019). APLIKASI AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI MEDIA EDUKASI. Jurnal Teknologi Informasi, 3(2).
Bentuk, P., Bagian, D., & Android, P. B. (2019). APLIKASI AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI MEDIA EDUKASI. Jurnal Teknologi Informasi, 3(2). DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v3i2.1217
Cahyasari, W., & Suhermanto, D. F. (2023). Kerja Sama Australia dan Perancis dalam Proyek Pembuatan Kapal Selam. Intermestic: Journal of …. https://intermestic.unpad.ac.id/index.php/intermestic/article/download/557/149 DOI: https://doi.org/10.24198/intermestic.v8n1.8
Christiano Mantaya Wenthe, D., Pranatawijaya, V. H., Bagus AAP, P., Palangka Raya, U., Tunjung Nyaho Jalan Yos Sudarso, K., Raya, P., Tengah, K., & Universitas Palangka Raya, I. (n.d.). APLIKASI PENGENALAN OBJEK UNTUK ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY.
Dewantoro, M. (2022). PEMBUATAN BLOCK KAPAL HALUAN PADA KAPAL BANTU RUMAH SAKIT 2 dr. Radjiman Wedyodiningrat-992.
Haryani, D. S., ST, M. M., Leindarita, M. E. B., SE, M. M., & ... (2024). Riset Operasi. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=tNUNEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA26&dq=pengenalan+teknologi+kapal+selam&ots=52pd36j3qN&sig=Gul2955HlSg5brbrwprUAyPmriw
HIDAYANTO, A. D. I. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN ALAT TRANSPORTASI BERBASIS AUGMENTED REALITY. repository.ump.ac.id. https://repository.ump.ac.id/11688/1/ADI%20HIDAYANTO%20COVER.pdf
Khalida, R. (2021). METODOLOGI, TEKNOLOGI, DAN TANTANGAN AUGMENTED REALITY BERBASIS WEBSITE (Vol. 19, Issue 3).
Khalida, R. (2021). METODOLOGI, TEKNOLOGI, DAN TANTANGAN AUGMENTED REALITY BERBASIS WEBSITE. DOI: https://doi.org/10.32722/pt.v19i3.2751
Maulana, R., & Agoes, A. S. (n.d.). Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Kapal Perang Indonesia Menggunakan Augmented Reality.
Maulana, R., & Agoes, A. S. (Year). Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Kapal Perang Indonesia Menggunakan Augmented Reality.
Ndraha, L. P., Barasa, D. S., & Pane, K. P. (2023). Peran Mata Kuliah Modul Nusantara dalam Upaya Meningkatkan Jiwa Kebhinekaan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Nugroho, A. Y., Susilo, E., & ... (2022). ANALISIS PEMBELAJARAN PERTEMPURAN LAUT ANTARA INGGRIS DENGAN JERMAN DI LAUT ATLANTIK UTARA 1941 BAGI TNI AL. NUSANTARA: Jurnal Ilmu …. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/download/3771/3293
Nugroho, W. H., et al. (2018). Rancang Bangun Model Hidroelastik Kapal Selam Berpropulsi Mandiri untuk Uji Nirkabel Pemantauan Integritas Struktur. Retrieved from http://ejournal.undip.ac.id/index.php/kapal
Nugroho, W. H., Purnomo, N. J., Priohutomo, K., Teknologi Rekayasa Industri Maritim, P., Teknologi Hidrodinamika, B., Kunci, K.,
Hidroelastik, M., Selam, K., Mandiri, P., & Pemantauan Nirkabel, S. (2018). Rancang Bangun Model Hidroelastik Kapal Selam Berpropulsi Mandiri untuk Uji Nirkabel Pemantauan Integritas Struktur. In KAPAL (Vol. 15, Issue 3). http://ejournal.undip.ac.id/index.php/kapal DOI: https://doi.org/10.14710/kpl.v15i3.18535
Nurjaman, H. N. (n.d.). Industri Beton Pracetak Prategang: Industri Konstruksi 4.0 dalam mendukung Pembangunan Infrastruktur dan Perumahan 2019-2024. Repository.Upi-Yai.Ac.Id. http://repository.upi-yai.ac.id/4795/1/19.11.06%20Industri_Beton_Pracetak_dan_Prategang_Industri_Konstruksi_4_0.pdf
Othman, N., Latip, A. R. A., & Sa’at, N. H. (2019). Fasa peralihan nelayan laut dalam serta kesan ke atas ekonomi, sosiobudaya dan persekitaran. Akademika. https://www.academia.edu/download/60926420/30360-106523-1-PB20191016-62523-w1lzne.pdf
Pramono, A., Danung, F., & Wiratama, M. (2018). APLIKASI PENGENALAN RUMAH ADAT INDONESIA DENGAN KONSEP 3D-AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID (Vol. 14, Issue 1).
Pramono, A., Danung, F., & Wiratama, M. (2018). APLIKASI PENGENALAN RUMAH ADAT INDONESIA DENGAN KONSEP 3D-AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. DOI: https://doi.org/10.30996/konv.v14i1.2766
Sari, I. P., Batubara, I. H., Hazidar, A. H., & Basri, M. (2022). Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran. Hello World Jurnal Ilmu Komputer, 1(4), 209–215. https://doi.org/10.56211/helloworld.v1i4.142
Sari, I. P., Batubara, I. H., Hazidar, A. H., & Basri, M. (2022). Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran. Hello World Jurnal Ilmu Komputer, 1(4), 209–215. https://doi.org/10.56211/helloworld.v1i4.142 DOI: https://doi.org/10.56211/helloworld.v1i4.142
Syahrul, A., SYARLI, S., & SARI, C. R. (2022). PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID. Journal Peqguruang: Conference Series, 4(1). https://doi.org/10.35329/jp.v4i1.2828
Syahrul, A., SYARLI, S., & SARI, C. R. (2022). PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID. Journal Peqguruang: Conference Series, 4(1). https://doi.org/10.35329/jp.v4i1.2828 DOI: https://doi.org/10.35329/jp.v4i1.2828
Taurusta, C., Suwarta, N., & Adhi Dharma, F. (2022). 3D Virtual of Building 2 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Augmented Reality Based Virtual 3D Gedung Kampus 2 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo berbasis Augmented Reality. https://pssh.umsida.ac.id.
Taurusta, C., Suwarta, N., & Adhi Dharma, F. (2022). 3D Virtual of Building 2 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Augmented Reality Based Virtual 3D Gedung Kampus 2 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo berbasis Augmented Reality. Retrieved from https://pssh.umsida.ac.id
Wenthe, D. C. M., et al. (Year). APLIKASI PENGENALAN OBJEK UNTUK ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Moch Dimas Fahmi Rizaldy, Yulian Findawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.