Merevolusi Layanan Kependudukan di Indonesia dengan Teknologi Baru

Authors

  • Cantika Yulianing Tyas Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ilmi Usrotin Choiriyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/ijat.v1i2.2715

Keywords:

Optimalisasi, Pelayanan Publik, Administrasi Kependudukan, Klampid New Generation

Abstract

Penelitian ini menilai optimalisasi Layanan Administrasi Kependudukan melalui sistem Klampid New Generation (KNG) di Kelurahan Jemurwonosari, Kota Surabaya, mengidentifikasi kesenjangan dalam kelengkapan dan efisiensi layanan. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, studi ini menyelidiki tiga indikator utama: maksimalisasi tujuan, alternatif keputusan, dan sumber daya terbatas. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan staf pemerintah lokal yang dilatih dalam sistem KNG. Temuan menunjukkan bahwa meskipun sistem KNG memfasilitasi penyampaian layanan di pusat komunitas lokal dan meningkatkan efisiensi pemrosesan dokumen melalui platform digital, sistem ini masih kekurangan menu layanan yang komprehensif dan dana pemerintah yang cukup untuk fungsionalitas penuh. Penelitian ini menekankan perlunya pelatihan berkelanjutan dan peningkatan infrastruktur untuk sepenuhnya memanfaatkan potensi layanan administratif digital dalam meningkatkan efisiensi sektor publik.

References

Annisa, W. N., Agustina, C. W., Puspitasari, W., & ... (2021). Peran Literasi Digital untuk Mencegah Penyebaran Hoaks bagi Masyarakat Indonesia. Journal of Education …. http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/68

Fatmawati, N. (2023). Mengenal Lebih Dekat Kebutuhan Pengguna Layanan. DJKN Kemenkeu.

Gautama, B. P., Yuliawati, A. K., & ... (2020). Pengembangan desa wisata melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat. BERNAS: Jurnal …. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/414

Hamonangan, H. (2020). Analisis Penerapan Prinsip 5C Dalam Penyaluran Pembiayaan Pada Bank Muamalat KCU Padangsidempuan. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & …. http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/518

Hidayatulloh, K. S. (2023). Efektifitas Pelayanan Administrasi Kependudukan melalui Aplikasi Klampid New Generation di Kelurahan Pegirian, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Multidisiplin.

Hidayatulloh, K. S., & Basyar, M. R. (2023). Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan melalui Aplikasi KNG ( Klampid New Generation ) di Kelurahakan Pegirian , Kecamatan Semampir , Kota Surabaya. Ilmiah Multidisiplin, 2(2).

Huberman, M. (2014). Kualitatif Data Analis. UI Press.

Iskandar, J., Sakti, F. T., Azzahra, N., & ... (2021). Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa. … Dialektika: Jurnal Ilmu …. http://www.jurnaldialektika.com/index.php/piani/article/view/1 DOI: https://doi.org/10.54783/dialektika.v19i2.1

Krisna Syarif Hidayatulloh, & Basyar, R. (2023). Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan melalui Aplikasi KNG (Klampid New Generation). Jurnal Ilmiah Multidisiplin.

Kusumawati, R., Rahmadanik, D., & Hariyoko, Y. (2022). Optimization of Population Administration Services with the Use of Klampid New Generation in Pacarkembang Village Optimalisasi Layanan Administrasi Kependudukan dengan Penggunaan Klampid New Generation di Kelurahan Pacarkembang. Formosa Journal of Social Sciences (FJSS), 1(4).

Kusumawati, R., Rahmadanik, D., & Hariyoko, Y. (2022). Optimization of population administration services with the use of Klampid New Generation in Pacarkembang Village. Formosa Journal of Social Sciences (FJSS), 1(4). DOI: https://doi.org/10.55927/fjss.v1i4.2273

Manshuri, S., & Rahaju, T. (2023a). Implementasi Program Inovasi Aplikasi Klampid New Generation di Kelurahan Wonokromo Kota Surabaya. Publika, 11(4).

Manshuri, S., & Rahaju, T. (2023a). Implementasi program inovasi aplikasi Klampid New Generation di Kelurahan Wonokromo Kota Surabaya. Publika, 11(4). DOI: https://doi.org/10.26740/publika.v11n4.p2491-2504

Murdiyanto, E. (2011). Partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa wisata Karanggeneng, purwobinangun, pakem, Sleman. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan …. https://jurnal.uns.ac.id/sepa/article/view/48893

Noermawati, J., Pratiwi, A., Rozikan, R., & ... (2019). Pemberdayaan kelompok hadroh dalam peningkatan status sosial dan ekonomi masyarakat di indonesia. Seminar Nasional Hasil …. https://jurnal.poliupg.ac.id/index.php/snp2m/article/download/1462/1360

Nuralia, L., & Imadudin, I. (2017). Pengaruh Akulturasi Budaya Terhadap Dualisme Sistem Ekonomi Masyarakat Kampung Tua di Kecamatan Abung Timur, Kabupaten Lampung Utara. Patanjala. https://www.neliti.com/publications/291757/pengaruh-akulturasi-budaya-terhadap-dualisme-sistem-ekonomi-masyarakat-kampung-t DOI: https://doi.org/10.30959/patanjala.v9i1.347

Nurhandini, A., Harjanti, R. S., & Mulyadi. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada toko Emas Hidup Banjaran. Jurnal Stiekma, 1(2). DOI: https://doi.org/10.47201/jamin.v1i2.30

Pebrianti, S. A., Dedi, A., & Endah, K. (2022). Optimalisasi Pengelolaan Aset Desa oleh Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa Kawunglarang Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis. Jurnal Online Universitas Galuh, 4(3).

Putra, M. B. (2020). Mengenal Pelayanan Publik. Ombudsman RI.

Putri, A. D., & Basyar, M. R. (2023). Implementasi Klampid New Generation dalam Peningkatan Pelayanan Publik di Kelurahan Klampis Ngasem Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2).

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. UIN Antasari, 1(3).

Siringoringo, H. (2005). Riset Operasional Seri Pemrograman Linear. Pustaka Belajar.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif , dan R&D. Alfabeta.

Uin, A. R., & Banjarmasin, A. (2018). Analisis data kualitatif (Vol. 17, Issue 33). DOI: https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Wati, S. K., Pristiyono, P., & Gulo, N. (2024). Analisis Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat promosi Ditinjau Dari Instagram, Facebook, Tiktok dan WhatsApp. EKOMA: Jurnal Ekonomi …. https://journal-nusantara.com/index.php/EKOMA/article/view/3628

Wulandani, S. A., Amallia, T., & Yusra, Z. N. (2022). Optimalisasi Target dan Realisasi Pajak Pada E-Filling di Kota Bandung. Jurnal Perpajakan Dan Keuangan Publik, 1(1).

Wulandani, S. A., Amallia, T., & Yusra, Z. N. (2022). Optimalisasi target dan realisasi pajak pada e-filing di Kota Bandung. Jurnal Perpajakan dan Keuangan Publik, 1(1). DOI: https://doi.org/10.15575/jpkp.v1i1.20361

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

Tyas, C. Y., & Choiriyah, I. U. (2024). Merevolusi Layanan Kependudukan di Indonesia dengan Teknologi Baru. Indonesian Journal of Applied Technology, 1(2). https://doi.org/10.47134/ijat.v1i2.2715

Issue

Section

Articles