Simulasi Cara Kerja Kapal Selam Berbasis Virtual Reality
DOI:
https://doi.org/10.47134/ijat.v1i2.3039Keywords:
Virtual Reality, Simulasi, Kapal SelamAbstract
: Simulasi adalah sesuatu proses peniruan dari sebuah objek yang nyata, yang mirip dengan keadaan sesungguhnya.Dengan perkembangan teknologi yang maju dengan sangat cepat , Virtual Reality sekarang menjadi teknologi yang sedang berkembang. VR dapat dijadikan media simulasi suatu objek agar akan membuat lebih menarik dan lebih interaktif. Tujuan dalam penelitian ini adalah membuat sebuah aplikasi simulasi kapal selam berbasis Virtual Reality yang bernama KMVR. Dalam penelitian ini objek 2 ruangan kapal selam dibuat dengan Blender3D dan objek yang dibuat ada 2 yaitu ruangan torpedo dan ruangan perwira. Metode yang digunakan dalam pengembangan simulasi cara kerja kapala selam dalam reload torpedo ada enam tahapan yakni konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan yang terakhir distribusi, metode ini dikenal dengan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Agar dapat diketahui bahwa aplikasi bisa berjalan sesuai yang diinginkan, maka dilakukanlah sebuah pengujian pada penelitian ini dengan mempergunakan sebuah metode pengujian black box, menurut hasil yang didapat aplikasi bisa dijalankan dengan normal sesuai yang diinginkan.
References
Adry, M. R., Aimon, H., Putra, H. S., Putri, D. Z., & ... (2022). PKM Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Nelayan Melalui Pelatihan Diversifikasi Produk Perikanan Laut di Kelompok Usaha Bersama Lumba-Lumba Putih …. … Bendang: Jurnal Ilmiah …. https://www.academia.edu/download/99859104/189.pdf
Akhsani, R., Komunitas, A., Putra, N., Fajar, S., & Collecting, M. (2020). Pengembangan Dino Park 3D Berbasis Virtual Reality. 47–54.
Ambarwati, P., & Darmawel, P. S. (2020). Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Media Pembelajaran Untuk Anak Tunagrahita. Majalah Ilmiah UNIKOM, 18(2), 51–58. https://doi.org/10.34010/miu.v18i2.3936
Arif Reza, W. (2019). Media Interaktif Berbasis Virtual Reality. 5(1), 99–107.
Arum, D. S., Prakoso, L. Y., & Sutanto, R. (2024). Era Pertahanan Laut Baru di Indo-Pasifik melalui Kerjasama Keamanan AUKUS Sebagai Respons terhadap Kekuatan Dominasi China. Jurnal Penelitian Inovatif. https://www.jurnal-id.com/index.php/jupin/article/view/463
Asroi, S., & Semarang, U. (2021). APLIKASI VIRTUAL TOUR PENGENALAN LINGKUNGAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SEMARANG SEBAGAI MEDIA INFORMASI ( VIRTUAL TOUR APPLICATION INTRODUCTION TO THE SEMARANG UNIVERSITY LIBRARY ENVIRONMENT AS A MEDIA OF INFORMATION ) Subkhan Asroi. September, 1–5.
Ayub, S., Ramdani, A., Verawati, N., & ... (2019). Model Pembelajaran Yang Berorientasi Pada Siswa (Pada Konsep Terapung, Tenggelam dan Melayang). J. Penelit. Pendidik …. https://www.academia.edu/download/74179406/pdf.pdf
Bahari, G. T., Heryana, N., & Ridha, A. A. (2023). PEMANFAATAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY UNTUK PEMBELAJARAN DALAM KELAS VIRTUAL DI FASILKOM UNSIKA MENGGUNAKAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE ( MDLC ). 7(2), 1378–1386.
Balok, A. Y., & Ratama, N. (2023). Implementasi Simulasi 3D Menggunakan Virtual Reality Berbasis Android Untuk Tour Universitas Pamulang. OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer Dan …, 2(3), 862–870.
Dzaky, M. K. (n.d.). ANALISIS PERJANJIAN PAKTA AUKUS (AUSTRALIA, UNITED KINGDOM, UNITED STATES) DALAM MENCIPTAKAN KEAMANAN INTERNASIONAL. Researchgate.Net. https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Kabir-Dzaky/publication/366791991_ANALISIS_PERJANJIAN_PAKTA_AUKUS_AUSTRALIA_UNITED_KINGDOM_UNITED_STATES_DALAM_MENCIPTAKAN_KEAMANAN_INTERNASIONAL/links/63b2bbb803aad5368e5a600c/ANALISIS-PERJANJIAN-PAKTA-AUKUS-AUSTRALIA-UNITED-KINGDOM-UNITED-STATES-DALAM-MENCIPTAKAN-KEAMANAN-INTERNASIONAL.pdf
Ekaningrum, Y. (2023). PENGEMBANGAN HUTAN MANGROVE WONOREJO SEBAGAI DESTINASI WISATA DI KOTA SURABAYA: Indonesia. JBT (JURNAL BISNIS Dan TEKNOLOGI). https://nscpolteksby.ac.id/ejournal/index.php/jbt/article/view/220
Fadllan, A., Hartono, H., Susilo, S., & ... (2022). Pengembangan tes kreativitas saintifik fluida statis berbasis scientific creativity structure model. Prosiding Seminar …. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/1432
FEBRINI, F. (2023). KERJA SAMA INDUSTRI PERTAHANAN INDONESIA-KOREA SELATAN DALAM PENGADAAN ALUTSISTA KAPAL SELAM UNTUK MEMENUHI …. Universitas Satya Negara Indonesia.
Feriyanti, N. (2020). Mengenal Alat Komunikasi dan Transportasi. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=iH3-DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=cara+kerja+kapal+selam&ots=inRnsamb1H&sig=PZ_c2leFlVUnUjdpLpbMAuUoERk
Hidayat, R., Widiarta, I. M., & Hamdani, F. (2019). Rancang Bangun Simulasi Edukasi Tata Cara Sholat 5 Waktu Dan Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Virtual Reality (Vr. Jurnal Informatika, Teknologi Dan Sains, 1(1), 76–86. https://doi.org/10.51401/jinteks.v1i1.377
Ifansah, A. A., & Ali, I. (2023). Implementasi Teknologi Vitrual Reality Sebagai Media Informasi Denah Kampus Unusia Berbasis Android. Jurnal Device, 13(1), 37–46.
Indriani, G. N. D. (2023). HIDRODINAMIKA KAPAL SELAM SAAT PELUNCURAN TORPEDO DI PERAIRAN INDONESIA. repository.upnvj.ac.id. https://repository.upnvj.ac.id/23286/15/AWAL.pdf
Informasi, F. T. (2016). PADA JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA ITS.
Iskandar, A. G., Shofwani, F., & Fauzi, A. H. (2021). Virtual Aqsha - Development of Al-Aqsa Mosque Simulation Application with Virtual Reality Technology. 7(6), 3378–3383.
KEBAHARIAN, E., & MARIYANAH, D. (n.d.). STRATEGI PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA MONUMEN KAPAL SELAM SEBAGAI OBYEK WISATA. SUSUNAN PENGURUS JURNAL …. http://doc.majapahit.ac.id/PDF_BUKU_JURNAL_VOL_3_NO_1-SEPT_2015_LENGKAP.pdf#page=62
Kharismajati, G., Umar, R., Studi, P., Teknik, M., Dahlan, U. A., Studi, P., Elektro, T., Dahlan, U. A., & Wisata, O. (2020). Inovasi Promosi Obyek Wisata Purbalingga Menggunakan Teknologi Virtual Reality 360 O Panorama Berbasis Android Promotion Innovations Tour Destination Purbalingga Using Virtual Reality Technology Panoramic 360 O Based on Android. 3(2), 62–68. https://doi.org/10.33387/jiko
Meylana Eka Putra, V., Adi Prasetyo, N., & Beladinna Arifa, A. (2021). Penerapan Teknologi Video 360 Derajat Pada Google Cardboard Berbasis Virtual Reality Menggunakan Metode MDLC. Journal of Informatics, Information System, Software Engineering and Applications (INISTA), 4(1), 22–030.
Purnama Citra, Y., Zaliluddin, D., Abdurahman, D., Informatika, P., & Majalengka, U. (2022). Aplikasi Virtual Reality Sebagai Media Pengenalan Kampus Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Snetik, 165–170.
Putra, Y. D., Akbar, D., & Widyarsa, M. R. (2022). Kerjasama Indonesia Dan Korea Selatan Di Bidang Pertahanan Dalam Konteks Transfer Of Technology Kapal Selam. Student Online Journal (SOJ) UMRAH-Ilmu Sosial ….
Rohman, A. (2021). Buku ajar fluida berbasis creative responsibility. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=DWNNEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=cara+kerja+kapal+selam&ots=XZYr4Y-ivw&sig=VbRmiBC7q3u8RTCMfvomeMB92Yg
Soanata, A., Prasetyo, I., & Wibowo, N. M. (n.d.). … BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PRAJURIT MELALUI KEPUASAN KERJA PRAJURIT PADA SATUAN KAPAL SELAM …. Download.Garuda.Kemdikbud.Go.Id. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2977396&val=26663&title=PENGARUH%20BUDAYA%20ORGANISASI%20DAN%20MOTIVASI%20KERJA%20TERHADAP%20KINERJA%20PRAJURIT%20MELALUI%20KEPUASAN%20KERJA%20PRAJURIT%20PADA%20SATUAN%20KAPAL%20SELAM%20KOARMADA%20II
Subekti, K. R., Andryana, S., & Komalasari, R. T. (2021). Virtual Tour Lingkungan Universitas Nasional Berbasis Android Dengan Virtual Reality. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 6(1), 38–48. https://doi.org/10.29100/jipi.v6i1.1711
Zebua, T., Nadeak, B., & Sinaga, S. B. (2020). Pengenalan Dasar Aplikasi Blender 3D dalam Pembuatan Animasi 3D. 1(1), 18–21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hepi Yoga Pratama, Ade Eviyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.