Perancangan Aplikasi Chatbot Melalui Media Whatsapp pada Toko Sembako
DOI:
https://doi.org/10.47134/ijat.v1i2.3050Keywords:
Chatbot, Whatsapp, Kecerdasan BuatanAbstract
Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan, peran teknologi dalam meningkatkan aktivitas terkait pekerjaan menjadi sangat penting. Tugas-tugas manual yang tradisional kini semakin digantikan oleh sistem komputerisasi untuk meningkatkan daya saing dan keuntungan bisnis. Transisi ini didukung oleh penggunaan sistem Pesan Instan modern, seperti WhatsApp Messenger, yang memfasilitasi berbagi informasi terkait transaksi secara efisien. Manajemen inventaris yang efektif sangat krusial untuk keberlanjutan bisnis, memastikan penanganan stok yang akurat dan tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang mengelola inventaris di rak penjualan dan memberikan peringatan ketika stok menipis, sehingga memungkinkan pengisian ulang tepat waktu untuk menjaga operasi bisnis yang berkelanjutan.
References
Achmady, S. (2024). APLIKASI CHAT BOT TELEGRAM PADA RUMAH SAKIT UMUMM DAERAH PIDIE JAYA MENGGUNAKAN ALGORITMAT BOYER MOORE. Prosiding Seminar Nasional Sagita Akademia …. https://ejournal.sagita.or.id/index.php/prosidingsagita/article/view/113
Amalia, E. L., & Wibowo, D. W. (2019). Rancang Bangun Chatbot Untuk Meningkatkan Performa Bisnis. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 13(2), 137. https://doi.org/10.32815/jitika.v13i2.410 DOI: https://doi.org/10.32815/jitika.v13i2.410
Annur, C. M. (2022). Whatsapp, Aplikasi Pesan Instan Paling Banyak Digunakan di Dunia. Databoks, 2022. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/18/whatsapp-aplikasi-pesan-instan-paling-banyak-digunakan-di-dunia#:~:text=Indonesia merupakan salah satu pasar,peringkat ketiga terbesar di dunia.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020, 1–146.
Bariah, S. H., Pratiwi, W., & Imania, K. A. N. (2022). Pengembangan Virtual Assistant Chatbot Berbasis Whatsapp Pada Pusat Layanan Informasi Mahasiswa Institut Pendidikan Indonesia - Garut. 8(1), 66–79. DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v8i1.1575
Eldi, E., & Syaputra, H. (2020). Implementasi Chatbot Untuk Mendukung Sistem Informasi Pada Rumah Sakit Muhamadiyah Palembang. Jurnal Nasional Ilmu Komputer. http://journal.jis-institute.org/index.php/jnik/article/view/160 DOI: https://doi.org/10.47747/jurnalnik.v1i3.160
Fibriasari, H., Waluyo, B. D., Baharuddin, & Putri, T. T. A. (2022). Membangun Chatter Robot (Chatbot) Whatsapp dan Telegram untuk Informasi Pariwisata.
Haerudin, A. I. (2022). Implementasi Algoritma Knuth-Morris-Pratt pada Perancangan Aplikasi Chatbot Kamus Istilah Komputer Berbasis Web. OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer Dan Sains. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal/article/view/933
Hanif, Z. M. (2021). Pengembangan Aplikasi Chatbot Untuk Pelayanan Akademi di Peguruan Tinggi. 89.
Harahap, A. Y. N., & Nasution, A. B. (2022). Belajar Membangun Layanan Registrasi Online Berbasis Chatbot Wa Dengan Javascript, Php, Mysql dan WA Gateway. … Masyarakat Komputer Dan …. https://journal.binainternusa.org/index.php/maskot/article/view/77
Haryanto, I. D., & Saefurrahman, S. (2024). Implementasi Chatbot Kesehatan Kucing Melalui Dialogflow dan Telegram untuk Pemberian Informasi Penyakit dan Perawatan. JTIM: Jurnal Teknologi …. https://www.journal.sekawan-org.id/index.php/jtim/article/view/484 DOI: https://doi.org/10.35746/jtim.v5i4.484
Hertantyo, G. B., Wilonotomo, W., & ... (2021). CREATION OF A WEBSITE-BASED CHATBOT APPLICATION AT THE CLASS I IMMIGRATION OFFICE OF TPI EAST JAKARTA. TEMATICS: Technology …. https://journal.poltekim.ac.id/tematics/article/view/323 DOI: https://doi.org/10.52617/tematics.v3i2.323
Hidayat, T., & Putri, H. D. (2019). Pengujian Portal Mahasiswa pada Sistem Informasi Akademik (SINA) menggunakan Black Box Testing dengan Metode Equivalence Partitioning dan Boundary Value Analysis. Jurnal Teknologi Informasi dan Sistem, 7(1), 83–92. Retrieved from www.ccsenet.org/cis
Hidayati, N. (2019). Penggunaan Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan. Generation Journal, 3(1), 1–10. DOI: https://doi.org/10.29407/gj.v3i1.12642
Kurnia, Y. (2022). Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Interaktif Berbasis Android. repository.uir.ac.id. https://repository.uir.ac.id/17830/
Narti, S. (2018). PEMANFAATAN ‘WHATSAPP’ SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DOSEN DENGAN MAHASISWA BIMBINGAN SKRIPSI (Studi Analisis Deskriptif Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Bimbingan Skripsi Universitas Dehasen Bengkulu Tahun 2016). Profesional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 4(1). https://doi.org/10.37676/professional.v4i1.448
Narti, S. (2018). PEMANFAATAN “WHATSAPP” SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DOSEN DENGAN MAHASISWA BIMBINGAN SKRIPSI (Studi Analisis Deskriptif Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Bimbingan Skripsi Universitas Dehasen Bengkulu Tahun 2016 ). Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 4(1). https://doi.org/10.37676/professional.v4i1.448 DOI: https://doi.org/10.37676/professional.v4i1.448
Noviadhi, I. Y., Denyana, N. T., Romadhoni, A. S., & ... (2024). Penerapan Teknologi Artificial Intelligence ChatBots dalam Proses Belajar Mengajar untuk Mata Kuliah Sistem Operasi pada Program Studi Teknik Informatika …. Jurnal Mediasi. https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/mediasi/article/view/753
Prasetya, A. F., Sintia, & Putri, U. L. D. (2022). Perancangan Aplikasi Rental Mobil Menggunakan Diagram UML (Unified Modelling Language). Jurnal Ilmiah Komputer Terapan Dan Informasi, 1(1), 14–18.
Pratama, N. Y. N., & Al Irsyadi, F. Y. (n.d.). Perancangan Chatbot Islami untuk Aplikasi ChatAja. Emitra Jurnal Teknik Elektro.
Putri, T. E., & Ramadhan, G. (2024). Penerapan Chatbot sebagai Alat Pembelajaran untuk Pengembangan Pendidikan Karakter. Indonesian Journal of Computer …. http://rumah-jurnal.com/index.php/ijcse/article/view/72
Sallu, S., Qammaddin, Q., Ashari, A., & Nursamsir, N. (2023). Tinjauan Literature : Pembelajaran Digital Administrasi Publik berbasis Artificial Intelligence (AI). Remik, 7(1), 367–380. https://doi.org/10.33395/remik.v7i1.12064 DOI: https://doi.org/10.33395/remik.v7i1.12064
Sari, P., Aini, L. N., Putri, A. F., & Ghozali, R. a. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Blended Learning Dengan Aplikasi Whatsapp Group Pada Mahasiswa Insud Lamongan. MUDIR (Jurnal Manajemen Pendidikan), 2(1), 25–45.
Syarif, M., & Nugraha, W. (2020). Pemodelan Diagram UML Sistem Pembayaran Tunai Pada Transaksi E-Commerce. Jurnal Teknologi Informasi Kaputama, 4(1), 70. Retrieved from http://jurnal.kaputama.ac.id/index.php/JTIK/article/view/240 DOI: https://doi.org/10.59697/jtik.v4i1.636
Wibawa, S. (2023). Analisis Chatbot Otomatisasi Tugas Administratif dan Manajemen Dalam Lingkungan Digital Dengan Menggunakan Python. INSANtek. http://103.75.24.116/index.php/insantek/article/view/2190 DOI: https://doi.org/10.31294/insantek.v4i1.2190
Wijayanti, N. I., Yulianti, R., & ... (2019). Perancangan Chat Bot Messenger dengan Pendekatan User Centered Design (Studi Kasus: Perpustakaan Fakultas Teknik Universitas UGM). Media …. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2590392&val=24389&title=Perancangan%20Chat%20Bot%20Messenger%20Dengan%20Pendekatan%20User%20Centered%20Design%20Studi%20Kasus%20%20Perpustakaan%20Fakultas%20Teknik%20UGM
Zakirman, & Chici Rahayu. (2018). Popularitas WhatsApp sebagai media komunikasi dan berbagi informasi akademik mahasiswa. Jurnal Perpustakaan , Arsip Dan Dokumentasi, 10(1), 31. https://doi.org/10.15548/shaut.v10i1.7
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rivaldi Garindra Damara, Arif Senja Fitrani, Ade Eviyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.