Mengoptimalkan Pembelajaran Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Quizizz
DOI:
https://doi.org/10.47134/ijat.v1i2.2916Keywords:
Petunjuk Penulis, Hasil Belajar, Problem Based Learning, QuizizzAbstract
Penelitian ini menyelidiki efektivitas model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL), yang ditingkatkan dengan media Quizizz, dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika, di mana metode konvensional belum memenuhi standar akademik. Menggunakan desain quasi-eksperimen, penelitian ini membandingkan kinerja dua kelas di sekolah menengah kejuruan—masing-masing terdiri dari 36 siswa—di mana satu bertindak sebagai kelompok eksperimen dan yang lain sebagai kontrol. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest, dengan analisis dilakukan menggunakan uji t sampel berpasangan di SPSS. Temuan menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar kelompok eksperimen, dengan nilai signifikansi 0.000 dibandingkan dengan 0.009 pada kelompok kontrol, menunjukkan bahwa pendekatan PBL secara signifikan lebih unggul dari metode pengajaran tradisional. Studi ini menekankan potensi integrasi Quizizz ke dalam kerangka PBL untuk mendorong pemahaman yang lebih baik dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.
References
Arif, J. R., Faiz, A., & Septiani, L. (2021). Penggunaan Media Quiziz Sebagai Sarana Pengembangan Berpikir Kritis Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 201–210. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1804 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1804
Arrozaq, H. A. P., & Trisnawati, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X OTKP SMK Ipiems Surabaya pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1964–1973.
As’ad, M., Sulistyarsi, A., & Sukirmawati, J. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar kognitif Siswa kelas X pada Materi Inovasi Teknologi Biologi SMA. Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 76–85. DOI: https://doi.org/10.47467/edui.v4i1.4366
Cholik, M. (2023). Peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan quizizz sebagai alat pembelajaran interaktif di smk. 8(2), 428–435. DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i2.4156
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272.
https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272 DOI: https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272
Dayanti, R. N., Herlambang, A. D., & Wijoyo, S. H. (2020). Pengaruh Kualitas Implementasi Metode Pembelajaran Ceramah Berbantuan Powerpoint dan Quizizz terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Psikomotorik Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK Negeri 12 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(4), 1189–1198.
Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019 DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019
Fauzan, I. A., & Makassar, U. N. (2022). MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMKS BUDI ASIH. 2(2), 56–64. DOI: https://doi.org/10.51574/jrip.v2i2.217
Gazali, M., Paloboran, M., & Sudirman. (2022). PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMKN 3 MERAUKE. 2(1). DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i1.29066
Hafid, A., & Mayasari, N. (2023). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dengan Menggunakan Media LKPD dan Quzizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science) e-ISSN, 3(1), 2829–3363.
Hermawan Budi Santoso, S. (2017). Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Dengan Metode Problem Basic Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas XI Di SMK Insan Cendekia Turi Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. 5(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/jtv.v5i1.1428 DOI: https://doi.org/10.30738/jtvok.v5i1.1428
Hidayat, M. I., & Muthmainnah, R. N. (2020). Pengaruh Metode Kuis Berbantuan Quizizz.
Huei, L. S., Yunus, M. M., & Hashim, H. (2021). Strategy to Improve English Vocabulary Achievement during COVID-19 Epidemic. Does Quizizz Help?. Journal of Education and E-Learning …. https://eric.ed.gov/?id=EJ1300463
Indriani, L., Haryanto, H., & Gularso, D. (2022). Dampak Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Quizizz terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 214–222. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48139 DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48139
Junior, J. B. B. (2020). Assessment for learning with mobile apps: exploring the potential of quizizz in the educational context. International Journal of Development Research. https://www.academia.edu/download/62464841/Artigo_Quizizz_IJRS20200324-89180-79riqp.pdf
Mohamad, A. M. (2020). Student as teacher-alternative revision method via Quizizz app. MALIM: Jurnal Pengajian Umum Asia …. http://journalarticle.ukm.my/15689/1/44178-141876-1-PB.pdf DOI: https://doi.org/10.17576/malim-2020-2101-12
Muji, A. P., Ambiyar, A., Aziz, I., & ... (2021). The implementation of Quizizz-based online evaluation in higher education: An exciting alternative for evaluation. … of Research in …. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2442455&val=12796&title=The%20implementation%20of%20Quizizz-based%20online%20evaluation%20in%20higher%20education%20An%20exciting%20alternative%20for%20evaluation
Mulyadi, E. (2023). Penerapan PBL dalam Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Proyek IPAS di Sekolah Menengah Kejuruan. 8(3), 653–660. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.684
Munawaroh, N. T. Al. (2021). The use of quizizz online software in the evaluation of Arabic learning. … Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya …. https://ejournal.upi.edu/index.php/alsuniyat/article/view/31258 DOI: https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v4i1.31258
Munawir, A., & Hasbi, N. P. (2021). THE EFFECT OF USING QUIZIZZ TO EFL STUDENTS’ENGAGEMENT AND LEARNING OUTCOME. English Review: Journal of English …. https://journal.uniku.ac.id/index.php/ERJEE/article/view/5412 DOI: https://doi.org/10.25134/erjee.v10i1.5412
Munuyandi, T., Husain, S., Jabar, M. A. A., & ... (2021). Effectiveness of Quizizz in interactive teaching and learning Malay grammar. Asian Journal of …. https://ir.uitm.edu.my/id/eprint/53812/ DOI: https://doi.org/10.24191/ajue.v17i3.14516
Nurhayati, S. (2022). Problem Based Learning Dengan Aplikasi Screencast-O-Matic Dan Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 3078–3084.
Nurhidayati, A., Putro, S. C., & Widiyaningtyas, T. (2018). Penerapan Model Pbl Berbantuan E-Modul Berbasis Flipbook Dibandingkan Berbantuan Bahan Ajar Cetak Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Siswa Smk. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 41(2), 130–138. https://doi.org/10.17977/um031v41i22018p130 DOI: https://doi.org/10.17977/um031v41i22018p130
Nurmansa, D. E., Djaelani, A. R., & Setiawan, T. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Kelas Xi Tkro. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, 3(2), 71–79.
Octavianis, R., & Subroto, W. T. (2022). Efektivitas Bahan Ajar E-Modul Berbasis IT dengan Model Problem Based Learning ( PBL ) pada Mata Pelajaran Kearsipan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMK Sunan Giri Menganti. 10, 211–222. DOI: https://doi.org/10.26740/jpap.v10n3.p211-222
Pahamzah, J., & Juniardi, Y. (2020). QUIZIZZ AS A STUDENTS’READING COMPREHENSION LEARNING MEDIA: A CASE STUDY AT THE ELEVENTH GRADE OF DWI PUTRA BANGSA VOCATIONAL …. International Journal of English …. https://eprints.untirta.ac.id/11367
Paradina, D., Connie, C., & Medriati, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 169–176. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.169-176 DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.169-176
Pitoyo, M. D. (2019). Gamification based assessment: A test anxiety reduction through game elements in Quizizz platform. IJER (Indonesian Journal of Educational Research …. http://ijer.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/ijer/article/view/92
Pradnyadewi, D. A. M., & Kristiani, P. E. (2021). The use of quizizz in improving students’ reading skill. The Art of Teaching …. https://jurnal.stkipahsingaraja.ac.id/index.php/tatefl/article/view/93 DOI: https://doi.org/10.36663/tatefl.v1i2.93
Pratama, R. Y. (2021). Utilization of Quizizz educational game media to increase learning interest and achievement. … Journal of Educational Research and Review. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJERR/article/view/30690 DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v4i2.30690
Purba, L. S. L. (2020). The effectiveness of the quizizz interactive quiz media as an online learning evaluation of physics chemistry 1 to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/2/022039 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/2/022039
Razali, N., Nasir, N. A., Ismail, M. E., Sari, N. M., & ... (2020). Gamification elements in Quizizz applications: Evaluating the impact on intrinsic and extrinsic student’s motivation. IOP Conference Series …. https://doi.org/10.1088/1757-899X/917/1/012024 DOI: https://doi.org/10.1088/1757-899X/917/1/012024
Setiyani, S., Fitriyani, N., & Sagita, L. (2020). Improving Student’s Mathematical Problem Solving Skills through Quizizz. Journal of Research and Advances in …. https://eric.ed.gov/?id=EJ1281063 DOI: https://doi.org/10.23917/jramathedu.v5i3.10696
Sitorus, D. S., & Santoso, T. N. B. (2022). Pemanfaatan Quizizz sebagai media pembelajaran berbasis game pada masa pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan …. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/5346 DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p81-88
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Utomo, H. (2020). Penerapan media quizizz untuk meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran tematik siswa kelas IV SD Bukit Aksara Semarang. Jurnal Kualita Pendidikan. http://journal.kualitama.com/index.php/jkp/article/view/6 DOI: https://doi.org/10.51651/jkp.v1i3.6