Membuat E-Book Interaktif Berbasis Android untuk Administrasi Sistem Jaringan di Sekolah Menengah Kejuruan

Authors

  • Firman Hadi Santoso Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Fitria Nur Hasanah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/ijat.v1i2.2947

Keywords:

Media Pembelajaran, Media Android, E-Book

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengasilkan produk bahan ajar berupa media pembelajaran buku digital atau E-Book yang digunakan pada mata pembelajaran Administrasi Sistem Jaringan kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Taman dan menguji kelayakan. Metode penelitian pengembangan yang digunakan pada penelitian media pembelajaran E-Book adalah R&D (Research and Development) dan untuk mengembangkan desain penelitian E-Book mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri atas tahap analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Data yang diperoleh selanjutnya akan di analisis menggunakan skala likert. Media yang sudah tervalidasi oleh ahli media dan validasi ahli media kemudian di uji cobakan pada kelompok dengan skala terbatas. Berdasarkan hasil validasi ahli media mendapatkan nilai persentase sebesar 88% dengan kategori Sangat baik, hasil validasi ahli materi mendapatkan nilai persentase sebesar 91% dengan kategori Sangat Baik, dan respon siswa mendapatkan nilai sebesar 90,8% dengan kategori Sangat Baik. Kemudian dapat disimpulakan bahwa media pembelajaran E-Book sangat baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Ambarita, J. (2020). Workshop Pembuatan E-book Sebagai Bahan Ajar Elektronik Interaktif Untuk Guru Indonesia Secara Online di Tengah Covid 19. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(1), 44–57. https://doi.org/10.37385/ceej.v2i1.136 DOI: https://doi.org/10.37385/ceej.v2i1.136

Athiyah, U. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Semester II Kelas X SMA Berbasis Lectora Inspire. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(1), 41–46. DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v6i1.6041

Azman, A. H., & Rahman, A. A. (2022). Pembangunan E-Modul Pembelajaran Asas Ni Multisim. Research and Innovation in …. https://penerbit.uthm.edu.my/periodicals/index.php/ritvet/article/view/9389

Badariah, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran … Pengembangan Media Pembelajaran …. AL-Ahya, 01(01), 219–232.

Chodzirin, M. (2016). Pemanfaatan Information and Communication Technology bagi Pengembangan Guru Madrasah Sub Urban. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 16(2), 309. https://doi.org/10.21580/dms.2016.162.1095 DOI: https://doi.org/10.21580/dms.2016.162.1095

Fitrianna, A. Y., Priatna, N., & Dahlan, J. A. (2021). Pengembangan Model E-Book Interaktif Berbasis Pembelajaran Induktif untuk Melatihkan Kemampuan Penalaran Aljabar Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan …, 05(02), 1562–1577.

Fuada, S. (2015). Perancangan Game Petualangan Pramuka Berbasis Android. Jurnal Penerapan Ilmu-Ilmu Komputer, 3(1), 18–35.

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2). https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827 DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827

Handayati, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Dengan Memanfaatkan Fitur Rumah Belajar Pada Pada Mata Pelajaran Ipa. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 1(4), 369–384. https://doi.org/10.47387/jira.v1i4.61 DOI: https://doi.org/10.47387/jira.v1i4.61

Harahap, R. N. P. (2021). Pengembangan E–Modul Sebagai Bahan Ajar Alternatif Siswa Pada Materi Himpunan di SMP Muhammadiyah 8 Medan. EduMatika: Jurnal MIPA. https://jurnal.larisma.or.id/index.php/EMJU/article/download/73/35

Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 2(1), 40–52. DOI: https://doi.org/10.57094/jubikon.v2i1.375

Husein Batubara, H., & Noor Ariani, D. (2019). Model Pengembangan Media Pembelajaran Adaptif DiSekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 33–46. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i1.2356

Ibrahim, F. F., Koniyo, M. H., & Suhada, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan. Inverted: Journal of Information Technology Education, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.37905/inverted.v1i1.9299 DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v1i1.9299

Martha, Z. D., Adi, E. P., & Soepriyanto, Y. (2018). E-book berbasis mobile learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 109–114.

Maydiantoro, A. (2020). Model Penelitian Pengembangan. Chemistry Education Review (CER), 3(2), 185. DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v3i2.13769

Prihantoro, C. R. (2018). Pengaruh E-readiness, E-learning dan E-book pada Implementasi Kurikulum Program Studi D3 Teknologi Mesin terhadap Prestasi Lulusan Program Diploma. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 105–119. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i2.8619 DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v20i2.8619

Sari, M., Murti, S. R., Habibi, M., & Rusliah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Berbantuan 3D Pageflip Profesional Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 789–802. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.490

Sistem, A., Di, J., Negeri, S. M. K., Nabar, R. J., Bouty, A. A., Mohammad, R., Yassin, T., Pendidikan, P., Informasi, T., & Gorontalo, U. N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Video Tutorial Pada Praktek. 3(1).

Sumiyati, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Vi Pada Pelajaran Pkn Sd Negeri 09 Kabawetan. Jurnal PGSD, 10(2), 66–72. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.66-72 DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.66-72

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113 DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Yuhana, Y., & Mutaqin, A. (2023). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan PowerPoint Dan Ispring Suite Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika …. https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/2567

Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Cakrawala Pendas Vol. 3 No.2 Edisi Juli 2017, 2(2), 257. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16408 DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592

Yunita, R. A., SMA Negeri, G., & Barat, P. (2019). Analisis Kemandirian Belajar Siswa sebagai Dasar Pengembangan Buku Elektronik (e-book) Fisika Terintegrasi Edupark. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2), 172–179.

ZINNURAIN, Z. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Interaktif Berbasis Flip Pdf Corporate Edition Pada Mata Kuliah Manajemen Diklat. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik. https://www.jurnalp4i.com/index.php/academia/article/view/546 DOI: https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.546

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Santoso, F. H., & Hasanah, F. N. (2024). Membuat E-Book Interaktif Berbasis Android untuk Administrasi Sistem Jaringan di Sekolah Menengah Kejuruan. Indonesian Journal of Applied Technology, 1(2), 14. https://doi.org/10.47134/ijat.v1i2.2947

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.