Pengaruh Neon Flex terhadap Daya Tarik Visual dan Citra Merek di Kalangan Konsumen Surabaya

Authors

  • Ilham Habib Daniel Saputra Administrasi Bisnis, UPN Veteran Jawa Timur
  • Septa Nugroho Administrasi Bisnis, UPN Veteran Jawa Timur
  • Bagus Hartanto Administrasi Bisnis, UPN Veteran Jawa Timur
  • Sonja Andraini Administrasi Bisnis, UPN Veteran Jawa Timur
  • Indah Respati Kusumasari Administrasi Bisnis, UPN Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.47134/dkv.v2i3.4287

Keywords:

Neon Flex, Daya Tarik Visual, Citra Merek, Visual Branding, Pencahayaan Estetis

Abstract

Dalam era digital yang menekankan aspek visual, estetika pencahayaan menjadi komponen penting dalam strategi branding, khususnya di lingkungan urban seperti Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan Neon Flex terhadap daya tarik visual dan citra merek. Dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei terhadap 52 responden, analisis dilakukan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Neon Flex memiliki pengaruh signifikan terhadap daya tarik visual (R² = 0,654) dan citra merek (R² = 0,744). Temuan ini menegaskan bahwa elemen pencahayaan seperti Neon Flex tidak hanya meningkatkan tampilan visual, tetapi juga berperan strategis dalam membentuk persepsi dan loyalitas konsumen terhadap merek. Neon Flex terbukti menjadi elemen visual yang efektif dalam memperkuat identitas merek, khususnya bagi pelaku UMKM dan bisnis ritel di wilayah urban.

References

Banjar, A. K., & Mandala, K. (2022). PENGARUH LAYOUT TOKO, VISUAL MERCHANDISING DAN SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CV. FENNY DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, 11(12), 2085–2109. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.V11.I12.P06

Chęć-Małyszek, A. (2022). Neon signs in urban space, yesterday and today. A case study based on Lublin. Teka Komisji Architektury, Urbanistyki i Studiów Krajobrazowych, 18(1), 34–47. https://doi.org/10.35784/TEKA.3326

Chizban, M., & Guruh Pratama Zulkarnaen, ST. , Ars. , M. A. (2023). Penerapan Visual Merchandising Guna Meningkatkan Citra Produk pada Redesain Interior Toko Service Pro Gresik.

Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan reliabilitas kuesioner pengetahuan, sikap dan perilaku pencegahan demam berdarah. Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 75.

Guoguang, D., & Tham, J. (2024). Optimize Brand Visual Symbols to Improve Customer Perception of Brand Image and Purchase Intention. Pakistan Journal of Life & Social Sciences, 22(2).

Isnaini, M., Afgani, M. W., Haqqi, A., & Azhari, I. (2025). Teknik Analisis Data Uji Normalitas. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(2), 1377–1384. https://doi.org/10.56799/JCEKI.V4I2.7007

Jo, H., & Bang, Y. (2024). Navigating the Omnichannel Landscape: Unraveling the Antecedents of Customer Loyalty. Sage Open, 14(1). https://doi.org/10.1177/21582440241233091

Liang, L., Zainal Abidin, S. B., Shaari, N. B., Yahaya, M. F. Bin, & Jing, L. (2024). Logo Impact on Consumer’s Perception, Attitude, Brand Image and Purchase Intention: A 5 Years Systematic Review. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 14(3). https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v14-i3/20084

Lin, Y.-F., & Yoon, S.-Y. (2015). Exploring the Effects of Lighting on Consumer Responses in a Retail Environment using 3D Walk-Through Animation. Archives of Design Research, 28(2), 5. https://doi.org/10.15187/adr.2015.05.28.2.5

Marwan, A., Harkim, H., & Sugiharto, B. (2024). The Impact of Visual Marketing on Purchasing Behavior in E-Commerce: A Case Study in The Fashion Industry. Golden Ratio of Data in Summary, 4(2), 1022–1031. https://doi.org/10.52970/grdis.v4i2.769

Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji validitas dan reliabilitas kuesioner perilaku prososial. FOKUS: Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 4(4), 279–284.

Ruslan, R., & Kurbani, A. (2020). Pengaruh Pengawasan Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan. Jurnal Manajemen dan Investasi (MANIVESTASI), 2(1).

Sopari, R. M., & Alawiyah, W. D. (2024). Pengaruh Visual Content Marketing Dan Copywriting Terhadap Tingkat Engagement Pengguna Instagram Di Kota Bandung. IKRAITH-EKONOMIKA, 7(3), 356–369.

Wei, N., & Yin, M. (2024). The Impact of Graphic Design on Brand Identity and Consumer Perception. Design Insights, 1(2). https://doi.org/10.70088/BJMDXV23

Yu, M., Binti, S., Abidin, Z., Shaari, N. B., He, C., Shi, L., & Liu, Q. (2024). Effects of Brand Visual Identity on Consumer Attitude: A Systematic Literature Review. https://doi.org/10.20944/PREPRINTS202405.1109.V1

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Saputra, I. H. D., Nugroho, S., Hartanto, B., Andraini, S., & Kusumasari, I. R. (2025). Pengaruh Neon Flex terhadap Daya Tarik Visual dan Citra Merek di Kalangan Konsumen Surabaya. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(3), 11. https://doi.org/10.47134/dkv.v2i3.4287

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.