Pengaruh Neon Flex terhadap Daya Tarik Visual dan Citra Merek di Kalangan Konsumen Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.47134/dkv.v2i3.4287Keywords:
Neon Flex, Daya Tarik Visual, Citra Merek, Visual Branding, Pencahayaan EstetisAbstract
Dalam era digital yang menekankan aspek visual, estetika pencahayaan menjadi komponen penting dalam strategi branding, khususnya di lingkungan urban seperti Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan Neon Flex terhadap daya tarik visual dan citra merek. Dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei terhadap 52 responden, analisis dilakukan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Neon Flex memiliki pengaruh signifikan terhadap daya tarik visual (R² = 0,654) dan citra merek (R² = 0,744). Temuan ini menegaskan bahwa elemen pencahayaan seperti Neon Flex tidak hanya meningkatkan tampilan visual, tetapi juga berperan strategis dalam membentuk persepsi dan loyalitas konsumen terhadap merek. Neon Flex terbukti menjadi elemen visual yang efektif dalam memperkuat identitas merek, khususnya bagi pelaku UMKM dan bisnis ritel di wilayah urban.
References
Banjar, A. K., & Mandala, K. (2022). PENGARUH LAYOUT TOKO, VISUAL MERCHANDISING DAN SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CV. FENNY DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, 11(12), 2085–2109. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.V11.I12.P06
Chęć-Małyszek, A. (2022). Neon signs in urban space, yesterday and today. A case study based on Lublin. Teka Komisji Architektury, Urbanistyki i Studiów Krajobrazowych, 18(1), 34–47. https://doi.org/10.35784/TEKA.3326
Chizban, M., & Guruh Pratama Zulkarnaen, ST. , Ars. , M. A. (2023). Penerapan Visual Merchandising Guna Meningkatkan Citra Produk pada Redesain Interior Toko Service Pro Gresik.
Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan reliabilitas kuesioner pengetahuan, sikap dan perilaku pencegahan demam berdarah. Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 75.
Guoguang, D., & Tham, J. (2024). Optimize Brand Visual Symbols to Improve Customer Perception of Brand Image and Purchase Intention. Pakistan Journal of Life & Social Sciences, 22(2).
Isnaini, M., Afgani, M. W., Haqqi, A., & Azhari, I. (2025). Teknik Analisis Data Uji Normalitas. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(2), 1377–1384. https://doi.org/10.56799/JCEKI.V4I2.7007
Jo, H., & Bang, Y. (2024). Navigating the Omnichannel Landscape: Unraveling the Antecedents of Customer Loyalty. Sage Open, 14(1). https://doi.org/10.1177/21582440241233091
Liang, L., Zainal Abidin, S. B., Shaari, N. B., Yahaya, M. F. Bin, & Jing, L. (2024). Logo Impact on Consumer’s Perception, Attitude, Brand Image and Purchase Intention: A 5 Years Systematic Review. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 14(3). https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v14-i3/20084
Lin, Y.-F., & Yoon, S.-Y. (2015). Exploring the Effects of Lighting on Consumer Responses in a Retail Environment using 3D Walk-Through Animation. Archives of Design Research, 28(2), 5. https://doi.org/10.15187/adr.2015.05.28.2.5
Marwan, A., Harkim, H., & Sugiharto, B. (2024). The Impact of Visual Marketing on Purchasing Behavior in E-Commerce: A Case Study in The Fashion Industry. Golden Ratio of Data in Summary, 4(2), 1022–1031. https://doi.org/10.52970/grdis.v4i2.769
Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji validitas dan reliabilitas kuesioner perilaku prososial. FOKUS: Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 4(4), 279–284.
Ruslan, R., & Kurbani, A. (2020). Pengaruh Pengawasan Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan. Jurnal Manajemen dan Investasi (MANIVESTASI), 2(1).
Sopari, R. M., & Alawiyah, W. D. (2024). Pengaruh Visual Content Marketing Dan Copywriting Terhadap Tingkat Engagement Pengguna Instagram Di Kota Bandung. IKRAITH-EKONOMIKA, 7(3), 356–369.
Wei, N., & Yin, M. (2024). The Impact of Graphic Design on Brand Identity and Consumer Perception. Design Insights, 1(2). https://doi.org/10.70088/BJMDXV23
Yu, M., Binti, S., Abidin, Z., Shaari, N. B., He, C., Shi, L., & Liu, Q. (2024). Effects of Brand Visual Identity on Consumer Attitude: A Systematic Literature Review. https://doi.org/10.20944/PREPRINTS202405.1109.V1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ilham Habib Daniel Saputra, Septa Nugroho, Bagus Hartanto, Sonja Andraini, Indah Respati Kusumasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.