Analisis SWOT dalam Pengembangan Usaha Kuliner Mie Koclok di Cirebon

Authors

  • Matthew Afrianto Universitas Pradita
  • Budi Setiawan Pradita University

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjpp.v2i1.3302

Keywords:

Strategi pengembangan, Mie Koclok, Analisis SWOT

Abstract

Mie koclok merupakan masakan tradisional khas Cirebon yang memiliki sejarah panjang dan nilai budaya yang tinggi. Namun seiring berkembangnya tren kuliner modern, popularitas mie koclok mulai menurun. Urgensi didasari karena popularitas mie koclok di Cirebon menurun di tengah tren kuliner modern, meskipun hidangan ini merupakan salah satu warisan budaya Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi pengembangan usaha kuliner mie koclok di Cirebon dengan menggunakan metode SWOT dan melibatkan peran pentahelix yaitu lima elemen akademis, bisnis, masyarakat, dan media dalam pengembangan strategi mie koclok di Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara untuk menganalisis faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman), penelitian ini mengidentifikasi strategi yang tepat untuk mengembangkan dan memasarkan mie koclok secara efektif. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa untuk mempertahankan dan mengembangkan mie koclok sebagai ikon kuliner Cirebon, diperlukan strategi yang fokus pada penguatan pemasaran digital, peningkatan inovasi produk, dan kolaborasi dengan influencer atau event kuliner untuk meningkatkan brand awareness. penelitian ini memberikan rekomendasi strategis bagi pelaku usaha mie koclok dalam menghadapi persaingan di industri kuliner dan mempertahankan warisan budaya Cirebon. penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi para pelaku usaha kuliner tradisional, khususnya mie koclok, dalam menghadapi tantangan pasar yang dinamis dan meningkatkan daya saing di industri kuliner.

References

Afshar, F., Abbaspour, M., & Lahijanian, A. (2019). Providing a practical Model of the Waste Management Master Plan with Emphasis on Public Participation “Using the SWOT method and the QSPM matrix and the FAHP method.” Advances in Environmental Technology,5(2), 77–96.

Aulia, Y. N. (2022). Strategi Meningkatkan Kualitas Produk Dalam Menghadapi Persaingan Industri Kayu Menggunakan Metode Swot Pada Ud Langgeng Jaya Di Desa Tawangsari Jombang. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(8), 1973-1988.

Basiran, B., Maulidia, N. Z., Aprian, N. P. I., Muhrimah, A., Krisdayanti, N., & puji Lestari, S. (2023). Sejarah dan Pelestarian Kuliner Tradisional Tahu Gejrot, Nasi Jamblang, Empal Gentong Khas Cirebon. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1496-1501.

Choirunnisa, I. C., & Karmilah, M. (2022). Strategi pengembangan pariwisata budaya. Jurnal Kajian Ruang, 2(1), 89-109.

Deanova, S., Yunita, T., Moses, H., & Ramadan, R. (2023). Strategi pengembangan usaha (ukm) untuk meningkatkan citra kota malang di wisata kuliner dan tempat pariwisata. Cross-border, 6(1), 664-678.

Herdiansyah, H. (2019). Metodologi penelitian kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial: Perspektif konvensional dan kontemporer.

Irawati, S., & Rahayu, D. (2021). Strategi Promosi Warisan Budaya untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Lokal di Era Digital. Jurnal Penelitian dan Pengembangan, 8(2), 76-85. https://doi.org/10.1234/jpp.v8i2.456

Isamuddin, I., Faisal, F., Maisah, M., Hakim, L., & Us, K. A. (2021). Implementasi analisis swot pada manajemen strategik dalam perencanaan peningkatan mutu pendidikan di madrasah tsanawiyah nurul islam muara bungo. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 1034-1050.

Karlina, A. (2019). Strategi Pengembangan Potensi Wisata Alam Di Kabupaten Aceh Jaya. Skripsi, 1–66. Retrieved from https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10165/

Keller, E., & Fay, B. (2020). The Role of Influencers in the Success of Marketing Campaigns. Journal of Marketing Research, 57(1), 14-30. https://doi.org/10.1177/0022243719882117

Khalim, A., & Fitriyana, D. (2023). Analisa Potensi Wisata Kampung Arab Panjunan Dalam Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Di Kota Cirebon. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(1), 169-178.

Mayasari, I., & Pasaribu, A. S. (2021). Analisis Potensi Wisata Kuliner Dalam Pengembangan Pariwisata Di Kota Pontianak Kalimantan Barat. Jurnal Pendidikan dan Perhotelan (JPP), 1(1), 1-15.

Muliani, L. (2019). Potensi Bubur Ase Sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner Jakarta. Destinesia: Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata, 1(1), 50-56. DOI: https://doi.org/10.31334/jd.v1i1.553

Nasution, A. F. (2023). Metode penelitian kualitatif.

Putra, E. K. (2022). Pendekatan Observasi dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 26(1), 78-89.

Rahayu, S., Diatmika, I. P. G., & Haryadi, W. (2023). Analisis Potensi Wisata Kuliner Dalam Mendukung Perekonomian UMKM Pesisir Saliper Ate di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Riset Kajian Teknologi Dan Lingkungan, 5(1), 01–08. https://doi.org/10.58406/jrktl.v5i1.954

Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran (studi kasus di kantor pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 58-70.

Rosmita, R., Surianti, L., Herman, H., & Adera, A. T. (2024). Strategi Pengembangan Usaha UMKM Kuliner Di Kota Pekanbaru. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(3), 4254-4264.

Sarwono, B. (2019). Menelisik Dorongan Agresi Para Pelajar Pelaku “Klithih” di Yogyakarta. Solution: Journal of Counselling and Personal Development, 1(1), 58-70.

Setiawan, B. T. (2021). Pengembangan Strategi Usaha Kue Pada Cana Cake Kota Cirebon (Doctoral dissertation, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Suriono, Z. (2021). Analisis SWOT dalam identifikasi mutu pendidikan. ALACRITY: Journal of Education, 94-103.

Susanto, E., & Ardianto, T. (2021). Penguatan Nilai Tradisional dalam Pemasaran Produk Lokal untuk Meningkatkan Daya Saing di Pasar Global. Jurnal Ekonomi Kreatif dan Bisnis, 9(1), 45-60. https://doi.org/10.5678/jekb.v9i1.256

SyahR., FasaM., & SuhartoS. (2021). Analisis SWOT dalam Strategi Pemasaran Produk Perbankan Syariah di Indonesia. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(3), 396-416. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i1.364

Taufik, M. N. B., & Tsuroyya, T. (2022). Strategi Komunikasi Pemberdayaan Desa Wisata Kemiren Dalam Upaya Mendukung Sustainable Development Goals. The Commercium, 6(1), 21-34.

Wahyuni, S., & Nugroho, A. P. (2019). Digital Marketing Strategy for Culinary Businesses in the Era of Industry 4.0. Journal of Culinary Business, 3(1), 25-35.

Wardhani, L., & Prasetyo, B. (2020). Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Studi Kasus Kota Cirebon. Universitas Negeri Jakarta

Wilkie, D.C.H., Dolan, R., Harrigan, P., & Gray, H. (2022). Influencer marketing effectiveness: the mechanisms that matter. European Journal of Marketing, Vol. 56 No. 12, pp. 3485-3515.

Yudaninggar, K. S., Fitri, D. R., & Damastuti, R. (2023). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Kunjungan Museum Kotagede Intro Living Museum. Brand Communication: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(3), 288-298.

Yulietta, A. L., & Sianturi, A. A. G. (2023). Strategi Pengembangan UMKM Home Industry Melalui Pendekatan Analisis SWOT di Kelurahan Nginden Jangkungan. Journal of Community Service (JCOS), 1(3), 176-186.

Downloads

Published

2024-11-04

How to Cite

Afrianto, M., & Setiawan, B. (2024). Analisis SWOT dalam Pengembangan Usaha Kuliner Mie Koclok di Cirebon. Jurnal Pariwisata Dan Perhotelan, 2(1). https://doi.org/10.47134/pjpp.v2i1.3302

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.