Kajian Strategi Pemasaran Digital Berbasis Sponsorship Marketing pada UMKM
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i4.4447Keywords:
UMKM, Sponsorship Marketing, Pemasaran Digital, Strategi Promosi, Brand AwarenessAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pemasaran digital berbasis sponsorship marketing pada Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM). Dengan studi kasus pada Home Art Creative sebagai pelaku UMKM yang telah menerapkan strategi ini secara aktif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi sponsorship marketing dengan kolaborasi media partner dan digital content marketing mampu memberikan peningkatan signifikan dalam hal kesadaran merek dan penjualan. Strategi sponsorship tidak hanya berfungsi sebagai alat promosi, tetapi juga sebagai sarana membangun hubungan jangka panjang antara pelaku usaha dan komunitas target. Penelitian ini merekomendasikan agar UMKM mengintegrasikan sponsorship marketing ke dalam strategi pemasaran digital mereka sebagai langkah strategis untuk memperluas jangkauan pasar dan membangun keunggulan kompetitif yang inovatif. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi praktis bagi pelaku UMKM dalam menghadapi tantangan pasar digital dan memaksimalkan peluang pertumbuhan melalui strategi sponsorship berbasis digital.
References
Achmad Fauzi, Khoiruddin Muctar, Ahmad Faud (2023). Strategi Marketing Public Relations Persib Bandung Melalui Program Sponsorship. https://doi.org/10.15575/reputation.v7i4.26431
Anggriani, Y., Rianti, A., Pratiwi, A. N., & P. W. (2020). Evaluasi Penggunaan Insulin pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Rawat Jalan di Rumah Sakit X di Jakarta Periode 2016-2017. . Jurnal Sains Farmasi & Klinis, (7(1), 52.). https://doi.org/ https://doi.org/10.250
Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. (2024). Profil Industri Mikro dan Kecil Provinsi Jawa Timur 2022. Diakses pada 18 Juni 2025, dari https://jatim.bps.go.id/id/publication/2024/02/19/8098de08747c8a15f317c838/profil-industri-mikro-dan-kecil-provinsi-jawa-timur-2022.html
Cindi, Oktiyani Pratama (2023) Strategi Public Relations Penyelenggara Festival Film Islami Lampung 2021 Dalam Menarik Sponsorship.
Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur. (2021). Satu Data Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur. Diakses pada 18 Juni 2025, dari https://data.diskopukm.jatimprov.go.id/satu_data/
DPR RI. (2024). Tantangan UMKM di Tahun 2024. Pusat Analisis Keparlemenan Badan Keahlian Setjen DPR RI. From https://berkas.dpr.go.id/pusaka/files/isu_sepekan/Isu%20Sepekan---V-PUSLIT-November-2023-246.pdf
Fauzi, A., Muctar, K., & Faud, A. (2023). Strategi Marketing Public Relations Persib Bandung Melalui Program Sponsorship. . https://doi.org/https://doi.org/10.15575/reputation.v7i4.26431
Hardoyo, T., & Parmadi, E. H. (2022). Klasifikasi usaha mikro kecil menengah menggunakan jaringan syaraf tiruan backpropagation. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi, 2(1). https://doi.org/10.24002/konstelasi.v2i1.5625
Indonesia, Pemerintah Pusat. (2008). Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
Jefkins, F. (2003). Public Relations Edisi 5. Jakarta: Erlangga.
KADIN Indonesia. (2023 , June). UMKM Indonesia. From https://kadin.id/data-dan-statistik/umkm-indonesia/
Lisudatu, R. S., Marchelin, M., & Wibisono, L. K. (2025). Klasifikasi UMKM Berdasarkan Kinerja Keuangan Menggunakan Algoritma K-Means Clustering: Studi Kasus UMKM Sektor Industri di Kecamatan Rantepao. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 5(2), 891-900. https://doi.org/10.60036/jbm.554
Rahmat Saleh, Rahmat and Ade Onny Siagian, Ade (2020) Sponsorship Dalam Menciptakan Sikap Merek. Jurnal Bisnis Terapan, 04 (1). pp. 13-21. ISSN 2580-4928.
Republik Indonesia. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
Retno Dewi Wijiastuti, Candika Ramadhona (2025). Pengaruh Event Sponsorship dan Content Marketing Terhadap Brand Awareness pada PT Gudang Garam Sorong. Jurnal Riset Ekonomi, 4 (4), 2798-6489.
Salma, A. N. (2017). Pengaruh Sponsorship Dalam Meningkatkan Brand Awareness (Studi pada Sponsorship Garuda Indonesia Terhadap Liverpool FC sebagai Global Official Airline Partner) . INJECT: Interdisciplinary Journal of Communication , 2(1).
Wijiastuti, R. D., & Ramadhona, C. (2025). Pengaruh Event Sponsorship dan Content Marketing Terhadap Brand Awareness pada PT Gudang Garam Sorong. . Jurnal Riset Ekonomi, 4(5).
Yolanda, C. (2024). Peran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam pengembangan ekonomi Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 170-186. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i3.1147
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syarifudin Putra Alwindaru, Intania Syafira Mukhofifah, Moh Ilham Zanuba Suryo Negoro, Syifa Zahra Arista Afandi, Aldo Rizky Novaris, Qolbi Etikasari, Maharani Ikaningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.