Content Planning sebagai Strategi Komunikasi Publik pada Media Sosial Balai Penerapan Modernisasi Pertanian (BRMP) Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i4.4418Keywords:
Perencanaan Konten, Media Sosial, Komunikasi Organisasi, Komunikasi PublikAbstract
Perencanaan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi internal dan pelaksanaan perencanaan konten yang dilakukan dalam tim media BRMP Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur, observasi langsung, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini merupakan anggota yang terlibat langsung dalam perencanaan dan produksi konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi dalam tim media masih bersifat informal. Proses perencanaan konten telah mencakup tahapan perencanaan dan publikasi, namun belum menyentuh aspek evaluasi secara optimal. Hambatan utama dalam pelaksanaan perencanaan konten adalah keterbatasan sumber daya manusia dan struktur tim yang belum formal, serta tidak adanya sistem pengukuran performa secara berkala. Kesimpulannya, pelaksanaan perencanaan konten di BRMP Jakarta masih perlu diperkuat, terutama pada aspek evaluasi dan dokumentasi. Penggunaan alat bantu seperti Google Sheets disarankan untuk lebih ditingkatkan lagi keteraturan dan keberlanjutan strategi konten di masa mendatang.
References
Anesti, S., & Diniati, A. (2024). Perencanaan konten media sosial Instagram @Kampunginggrisbdg dalam membangun customer engagement. Jurnal Universitas Pancasila, 15(1). https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/coverage/article/view/6232
Arham, M. (2020). Efektivitas penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran. Academia.edu. https://www.academia.edu/43660143/Efektivitas_Penggunaan_Youtube_Sebagai_Media_Pembelajaran_Mutmainnah_Arham
Balai Perakitan dan Pengujian Tanaman Industri dan Penyegar. (2024). Brainstorming & content planning: Strategi penderasan informasi melalui media sosial. Balai Perakitan dan Pengujian Tanaman Industri dan Penyegar. https://tanamanindustri.bsip.pertanian.go.id/berita/brainstorming-content-planning-strategi-penderasan-informasi-melalui-media-sosial
Christalica, B. (2022). Era digital menjadikan semua cepat dan mudah. digitalbisa. https://digitalbisa.id/artikel/era-digital-menjadikan-semua-cepat-dan-mudah-4Veui
Fithriya, D. N. L. (2020). 15 capaian unggahan konten akun Instagram Gembira Loka Zoo (Glzoo) Yogyakarta terhadap online engagement pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Studi Remaja, 15(1). http://dx.doi.org/10.14421/jsr.v15i1.1980
Kadarisman, M. I., & Helmi, A. (2021). Teknologi agromaritim inklusif dan peningkatan kapasitas pelaku usaha kecil. Direktorat Publikasi Ilmiah dan Informasi Strategi Institut Pertanian Bogor. https://www.researchgate.net/publication/383697450_Teknologi_Agromaritim_Inklusif_dan_Peningkatan_Kapasitas_Pelaku_Usaha_Kecil
Kusumastuti, & Dyanti, A. (2022). Media promosi dalam bentuk Instagram feeds @valhalla_salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana. https://repository.uksw.edu//handle/123456789/26930
Littlejohn, S. W., Foss, K. A., & Oetzel, J. G. (2021). Theories of human communication (12th ed.). Waveland Press.
Masriadi, Hasan, K., Adyna, C., & Bahri, H. (2022). Strategi media relations Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Tengah untuk mempromosikan destinasi wisata. AT-TANZIR: Jurnal Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, 13(2), 175–192. https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tanzir/article/view/1236
Milyane, M., Tita, Umiyati, H., Putri, D., Akib, S., Daud, R. F., Rosemary, R., Athalarik, F. M., et al. (2022). Pengantar ilmu komunikasi (1st ed., A. Masruroh, Ed.). Widina Bhakti Persada Bandung. www.penerbitwidina.com
Mulyana, D. (2022). Ilmu komunikasi: Suatu pengantar. Remaja Rosdakarya.
Nuzuli, A. K. (2023). Memahami penggunaan media sosial Facebook di kalangan ibu rumah tangga. Communications, 5(1), 533–570. https://doi.org/10.21009/communications.5.1.5
Pratiwi, M. (2021). Pemanfaatan content marketing @Sobatmentai dalam upaya membangun customer engagement pada produk makanan sehat (Studi kasus dalam akun Instagram @Sobatmentai). Universitas Bakrie. https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5076
Purba, B., Banjarnahor, A. R., & Handiman, U. T. (2022). Pengantar ilmu komunikasi. https://www.researchgate.net/publication/362530820
Rosline, L. O., Afamery, S., & Irawaty. (2022). Dampak penggunaan media sosial Facebook pada remaja Desa Pola Kecamatan Pasir Putih Kabupaten Muna. Selami IPS, 15(2). https://selami.uho.ac.id/index.php/PPKN_IPS/article/view/16
Sari, N. A. (2023). Perencanaan konten media sosial Instagram Wormhole Store dalam membangun customer engagement. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM), 16(1). https://doi.org/10.38041/jikom1.v16i01.334
Sari, W. P., & Sugiarto, A. (2021). Strategi komunikasi humas pemerintah daerah dalam mengimplementasikan kebijakan pembatasan sosial berskala besar. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2). https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/communicology/article/view/23515
Setiawan, I. (2021). Pemanfaatan digital di pertanian. Center of Indonesian Policy Studies (CIPS). https://www.cips-indonesia.org/post/opini-pemanfaatan-digital-di-pertanian?lang=id
Silviani, I. (2020). Komunikasi organisasi. Scopindo Media Pustaka. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=4DTeDwAAQBAJ
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Alfabeta, cv.
Suharsono, J. P., & Nurahman, D. (2024). Pemanfaatan YouTube sebagai media peningkatan pelayanan dan informasi. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 7(1). https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya
Suherman, A., Ikawati, & Hidayatullah, M. (2023). Strategi media relations humas Polres Baubau dalam menjalin hubungan dengan media lokal di Kota Baubau. Jurnal Audiens, 4(3), 496–507. https://doi.org/10.18196/jas.v4i3.114
Sujariati, S., Qalbi, N., & Wanci, R. (2023). Pemanfaatan media digital sebagai wujud pemberdayaan masyarakat Kabupaten Takalar; Penerapan literasi digital. Tongkonan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 86–94. https://doi.org/10.47178/tongkonan.v2i2.2303
Ulya, T. H. (2020). Pengaruh penggunaan Instagram terhadap psikologi remaja di MA Masalikil Huda Tahunan Jepara. Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara.
Yusuf, F., Rahman, H., Rahmi, S., Lismayani, A., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar. (2023). Pemanfaatan media sosial sebagai sarana komunikasi, informasi, dan dokumentasi: Pendidikan di Majelis Taklim Annur Sejahtera. JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1). https://journal.unm.ac.id/index.php/JHP2M
Zharfan, S. Z., Rudiana, & Centia, S. (2024). Perencanaan komunikasi pemerintahan dalam pengelolaan konten media sosial untuk meningkatkan pelayanan publik DISKOMINFO Jabar. Responsive: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Bidang Administrasi, Sosial, Humaniora dan Kebijakan Publik, 7(4). https://jurnal.unpad.ac.id/responsive/issue/view/2508
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Farrah Nadine Savanna Syarif, Maya May Syarah, Herman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.