Content Planning sebagai Strategi Komunikasi Publik pada Media Sosial Balai Penerapan Modernisasi Pertanian (BRMP) Jakarta

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i4.4418

Keywords:

Perencanaan Konten, Media Sosial, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Publik

Abstract

Perencanaan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi internal dan pelaksanaan perencanaan konten yang dilakukan dalam tim media BRMP Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur, observasi langsung, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini merupakan anggota yang terlibat langsung dalam perencanaan dan produksi konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi dalam tim media masih bersifat informal. Proses perencanaan konten telah mencakup tahapan perencanaan dan publikasi, namun belum menyentuh aspek evaluasi secara optimal. Hambatan utama dalam pelaksanaan perencanaan konten adalah keterbatasan sumber daya manusia dan struktur tim yang belum formal, serta tidak adanya sistem pengukuran performa secara berkala. Kesimpulannya, pelaksanaan perencanaan konten di BRMP Jakarta masih perlu diperkuat, terutama pada aspek evaluasi dan dokumentasi. Penggunaan alat bantu seperti Google Sheets disarankan untuk lebih ditingkatkan lagi keteraturan dan keberlanjutan strategi konten di masa mendatang.

References

Anesti, S., & Diniati, A. (2024). Perencanaan konten media sosial Instagram @Kampunginggrisbdg dalam membangun customer engagement. Jurnal Universitas Pancasila, 15(1). https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/coverage/article/view/6232

Arham, M. (2020). Efektivitas penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran. Academia.edu. https://www.academia.edu/43660143/Efektivitas_Penggunaan_Youtube_Sebagai_Media_Pembelajaran_Mutmainnah_Arham

Balai Perakitan dan Pengujian Tanaman Industri dan Penyegar. (2024). Brainstorming & content planning: Strategi penderasan informasi melalui media sosial. Balai Perakitan dan Pengujian Tanaman Industri dan Penyegar. https://tanamanindustri.bsip.pertanian.go.id/berita/brainstorming-content-planning-strategi-penderasan-informasi-melalui-media-sosial

Christalica, B. (2022). Era digital menjadikan semua cepat dan mudah. digitalbisa. https://digitalbisa.id/artikel/era-digital-menjadikan-semua-cepat-dan-mudah-4Veui

Fithriya, D. N. L. (2020). 15 capaian unggahan konten akun Instagram Gembira Loka Zoo (Glzoo) Yogyakarta terhadap online engagement pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Studi Remaja, 15(1). http://dx.doi.org/10.14421/jsr.v15i1.1980

Kadarisman, M. I., & Helmi, A. (2021). Teknologi agromaritim inklusif dan peningkatan kapasitas pelaku usaha kecil. Direktorat Publikasi Ilmiah dan Informasi Strategi Institut Pertanian Bogor. https://www.researchgate.net/publication/383697450_Teknologi_Agromaritim_Inklusif_dan_Peningkatan_Kapasitas_Pelaku_Usaha_Kecil

Kusumastuti, & Dyanti, A. (2022). Media promosi dalam bentuk Instagram feeds @valhalla_salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana. https://repository.uksw.edu//handle/123456789/26930

Littlejohn, S. W., Foss, K. A., & Oetzel, J. G. (2021). Theories of human communication (12th ed.). Waveland Press.

Masriadi, Hasan, K., Adyna, C., & Bahri, H. (2022). Strategi media relations Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Tengah untuk mempromosikan destinasi wisata. AT-TANZIR: Jurnal Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, 13(2), 175–192. https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tanzir/article/view/1236

Milyane, M., Tita, Umiyati, H., Putri, D., Akib, S., Daud, R. F., Rosemary, R., Athalarik, F. M., et al. (2022). Pengantar ilmu komunikasi (1st ed., A. Masruroh, Ed.). Widina Bhakti Persada Bandung. www.penerbitwidina.com

Mulyana, D. (2022). Ilmu komunikasi: Suatu pengantar. Remaja Rosdakarya.

Nuzuli, A. K. (2023). Memahami penggunaan media sosial Facebook di kalangan ibu rumah tangga. Communications, 5(1), 533–570. https://doi.org/10.21009/communications.5.1.5

Pratiwi, M. (2021). Pemanfaatan content marketing @Sobatmentai dalam upaya membangun customer engagement pada produk makanan sehat (Studi kasus dalam akun Instagram @Sobatmentai). Universitas Bakrie. https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5076

Purba, B., Banjarnahor, A. R., & Handiman, U. T. (2022). Pengantar ilmu komunikasi. https://www.researchgate.net/publication/362530820

Rosline, L. O., Afamery, S., & Irawaty. (2022). Dampak penggunaan media sosial Facebook pada remaja Desa Pola Kecamatan Pasir Putih Kabupaten Muna. Selami IPS, 15(2). https://selami.uho.ac.id/index.php/PPKN_IPS/article/view/16

Sari, N. A. (2023). Perencanaan konten media sosial Instagram Wormhole Store dalam membangun customer engagement. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM), 16(1). https://doi.org/10.38041/jikom1.v16i01.334

Sari, W. P., & Sugiarto, A. (2021). Strategi komunikasi humas pemerintah daerah dalam mengimplementasikan kebijakan pembatasan sosial berskala besar. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2). https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/communicology/article/view/23515

Setiawan, I. (2021). Pemanfaatan digital di pertanian. Center of Indonesian Policy Studies (CIPS). https://www.cips-indonesia.org/post/opini-pemanfaatan-digital-di-pertanian?lang=id

Silviani, I. (2020). Komunikasi organisasi. Scopindo Media Pustaka. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=4DTeDwAAQBAJ

Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Alfabeta, cv.

Suharsono, J. P., & Nurahman, D. (2024). Pemanfaatan YouTube sebagai media peningkatan pelayanan dan informasi. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 7(1). https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya

Suherman, A., Ikawati, & Hidayatullah, M. (2023). Strategi media relations humas Polres Baubau dalam menjalin hubungan dengan media lokal di Kota Baubau. Jurnal Audiens, 4(3), 496–507. https://doi.org/10.18196/jas.v4i3.114

Sujariati, S., Qalbi, N., & Wanci, R. (2023). Pemanfaatan media digital sebagai wujud pemberdayaan masyarakat Kabupaten Takalar; Penerapan literasi digital. Tongkonan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 86–94. https://doi.org/10.47178/tongkonan.v2i2.2303

Ulya, T. H. (2020). Pengaruh penggunaan Instagram terhadap psikologi remaja di MA Masalikil Huda Tahunan Jepara. Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara.

Yusuf, F., Rahman, H., Rahmi, S., Lismayani, A., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar. (2023). Pemanfaatan media sosial sebagai sarana komunikasi, informasi, dan dokumentasi: Pendidikan di Majelis Taklim Annur Sejahtera. JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1). https://journal.unm.ac.id/index.php/JHP2M

Zharfan, S. Z., Rudiana, & Centia, S. (2024). Perencanaan komunikasi pemerintahan dalam pengelolaan konten media sosial untuk meningkatkan pelayanan publik DISKOMINFO Jabar. Responsive: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Bidang Administrasi, Sosial, Humaniora dan Kebijakan Publik, 7(4). https://jurnal.unpad.ac.id/responsive/issue/view/2508

Downloads

Published

2025-07-04

How to Cite

Syarif, F., Syarah, M., & Herman. (2025). Content Planning sebagai Strategi Komunikasi Publik pada Media Sosial Balai Penerapan Modernisasi Pertanian (BRMP) Jakarta. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 2(4), 18. https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i4.4418

Issue

Section

Articles

Categories

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.