Perencanaan dan Strategi Pengembangan Bisnis Puding Strawberry Cheesecake sebagai Inovasi Dessert Kekinian untuk Target Pasar Milenial
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i4.4415Keywords:
Inovasi Produk, Dessert Kekinian, Strategi Pemasaran, Generasi Milenial, Kelayakan BisnisAbstract
Dalam era modern yang dipenuhi dengan tren makanan estetik dan sehat, generasi milenial dan Gen Z menjadi segmen pasar yang sangat potensial untuk produk dessert inovatif. Puding Strawberry cheesecake merupakan kombinasi dari tekstur lembut puding, saus strawberry homemade tanpa pengawet, dan lapisan biskuit renyah yang dikemas dalam tampilan menarik dan praktis. Penelitian ini bertujuan untuk merancang konsep bisnis, strategi pemasaran, analisis kelayakan finansial, serta identifikasi tantangan dan peluang dalam pengembangan usaha ini. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bisnis ini memiliki potensi besar untuk berkembang dengan strategi pemasaran digital yang kuat, positioning produk yang sesuai tren, serta peluang ekspansi melalui inovasi varian rasa. Proyeksi keuangan menunjukkan usaha ini layak dijalankan dengan modal terbatas namun prospek keuntungan yang menjanjikan. Tantangan seperti daya tahan produk dan fluktuasi harga bahan baku dapat diatasi dengan sistem pre-order dan manajemen pasokan yang baik.
References
Agustini, dkk. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (Teori & Panduan Praktis Analisis Data Kualitatif). Sumatera Utara: PT. Mifandi Mandiri Digital, 2023. https://shorturl.at/H7Xl0
Aisyah, Siti. dkk., (2025). Inovasi Cemilan Kekinian Berbentuk Cheesecuit sebagai Makanan Penutup. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahan. 3(1), 330-337.https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/Wawasan/article/download/2955/2688/10408
Anggraini, M. D., Muhtarom, A., & Safaatillah, N. (2019). Implementasi Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Analisis Swot Dalam Meningkatkan Penjualan Dan Pendapatan Pada Ud. Yoga Putra Bangkit Sambeng Lamongan. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 4(2), 963–974. https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpim/article/view/253
Arifin, D. O. & Nastasya, C. H. (2024). Inovasi Dan Pengembangan Produk Guna Meningkatkan Kepuasan pelanggan pada pelaksanaan Wirausaha Kuliner Glacie Dessert. Jurnal Serina Abdimas. 2(4), 1617-1623. https://journal.untar.ac.id/index.php/JSA/article/view/33334/19704
Ismunandar. (2021). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Illo Cake Pattiserie & Bistro Di Kota Bima. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan. 1(1). https://shorturl.at/IG0Lr
K, Achmad. A. Y., dkk. (2025). Pengaruh Varian Produk Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Kekinian. Jurnal Penelitian Manajemen dan Inovasi Riset. 3(4), 38-52. https://journal.arimbi.or.id/index.php/Lokawati/article/view/1850/2006
Mayang, Anissa., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). JURNAL ILMU MANAJEMEN, 17(2), 58–70. https://doi.org/10.21831/jim.v17i2.34175
Mulyana, R. A. (2023). Kritik Atas Pandangan Inovasi-Kewirausahaan J. A. Schumpeter. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 11(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/download/51774/44709/
Mulyani, S. (2022). Inovasi produk dalam usaha kuliner. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 21(3), 101-112.
Ningsih, N. K., dkk. (2024). Pengembangan Inovasi Produk, Marketing Strategy, dan Rebranding Plan UMKM Warung Moro Wareg, Kabupaten Kediri. Jurnal Bisnis & Kewirausahaan. 20(2). https://ojs2.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/download/1509/898/17584
Nur Afrillita, T. (2013). Analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran sepeda motor pada PT. Samekarindo Indah di Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 56–70.
Pinem, Hermika., dkk. (2023). Implementasi Strategi Bauran Pemasaran Marketing Mix Pada Mikari Bakery. Student Scientific Creativity Journal. 1(6), 370-378. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/sscj/article/view/2390
Purbohastuti, A. W. (2021). Efektivitas Bauran Pemasaran Pada Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret. Jurnal Sains Manajemen. 7(1). https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/SM/article/download/2707/1734/12368
Sasoko, D. M. & Imam, M. (2023). Teknik Analisis SWOT Dalam Sebuah Perencanaan Kegiatan. Jurnal Studi Interdisipliner Perspektif. 22(1). http://repo.jayabaya.ac.id/2587/1/TEKNIK%20ANALISIS%20SWOT%20DALAM%20SEBUAH%20PERENCANAAN%20KEGIATAN.pdf
Susilowati, S., dkk. (2024). Trategi Manajemen Inovasi Dan Kreatifitas Dalam Pengembangan Bisnis Kedai Kopi Imah Uing (IU). Digital Business and Entrepreneurship Journal. 2(1), 17-26. https://journal.feb.uniku.ac.id/digibe/article/download/17/9/177
Yuliastuti, R., Gitta, I. W., & Ginanjar, R. (2024). Analisis Potensi Pemasaran Minuman Coklat Kekinian Berbasis Gluten-free Sebagai Upaya Pengembangan UMKM di Kecamatan Wonocolo, Surabaya. Jurnal Ekonomi, Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JEPENDIMAS). 1(1). https://jependimas.org/index.php/go/article/download/18/4
Zain, D. A. (2025). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Dessert Cheesecake . Jurnal Sains dan Teknik. 2(1), 7-13. https://tematik.unisi.ac.id/index.php/asiatek/article/download/319/68/609
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Elia Rahmawati Sidauruk, Erika Fatrecia Silaban, Rivi Ananda Alifia, Naila Rahma Safitri, Rachmadani Masyithah Nurjannah, Rusdi Hidayat N, Maharani Ikaningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.