Analisis Lingkungan Bisnis dan Pengaruhnya terhadap Strategi Pengembangan Bisnis pada Perusahaan Paragon
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i4.4373Keywords:
Lingkungan Bisnis, Strategi Organisasi, Inovasi, Budaya KerjaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh analisis lingkungan bisnis terhadap strategi pengembangan organisasi dan mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan utama yang membentuk arah strategis PT Paragon Technology and Innovation. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari sumber sekunder seperti jurnal akademik, laporan perusahaan, dan artikel industri, yang dianalisis secara deskriptif dan sistematis. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa lingkungan bisnis memainkan peran penting dalam membentuk strategi pengembangan organisasi. Secara internal, budaya kerja yang kolaboratif, pengembangan sumber daya manusia yang berkelanjutan, dan struktur organisasi yang fleksibel merupakan faktor pendukung utama. Secara eksternal, pergeseran preferensi konsumen, peraturan sertifikasi halal, tren digital, dan isu keberlanjutan mendorong perusahaan untuk berinovasi dan menyesuaikan strategi bisnisnya. PT Paragon juga menerapkan kepemimpinan transformasional, adopsi teknologi, dan kolaborasi eksternal untuk meningkatkan pertumbuhan organisasi. Hasil ini menyoroti pentingnya mengintegrasikan analisis lingkungan dengan strategi internal untuk membangun organisasi yang adaptif, inovatif, dan berkelanjutan di tengah lanskap industri kosmetik yang kompetitif.
References
Appisi. (2025). Peran Corporate Communication terhadap Citra Perusahaan PT Paragon.
Asharhani, I. S., & Gupitasari, M. (2021). PERILAKU ADAPTASI DAN PERUBAHAN PENATAAN HUNIAN DI MASA PANDEMI COVID-19. MODUL, 21(2), 102–110.
Cahyono, E. (2023). STRATEGI PENGELOLA PASAR TRADISIONAL DALAM MENGHADAPI KEBERADAAN SUPER MARKET (ANALISIS ETIKA BISNIS DALAM ISLAM). SIBATIK JOURNAL | VOLUME, 2(7).
Cybertrend. (2025). Paragon tingkatkan efisiensi operasional dengan sistem berbasis data dari Cybertrend.
Farisi. (2020). Dinamika Perubahan Lingkungan Bisnis
Ferdinand, M., & Ciptono, W. S. (2022). Indonesia’s Cosmetics Industry Attractiveness, Competitiveness and Critical Success Factor Analysis. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 15(2), 209–223.
Ifrel Research. (2024). Analisis SWOT PT Paragon Technology and Innovation.
JoMAS. (2022). Operational Excellence for Innovative and Purposeful Business in Indonesia: Case of PT Paragon.
Jurnal IBIK. (2023). Influence of Creative Organizational Culture on Innovation Sustainability in PT Paragon.
Kurniati, N. (n.d.-a). ANALISA LINGKUNGAN BISNIS INTERNAL DAN EKSTERNAL PERUSAHAAN. In Pusdansi.org (Vol. 2, Issue 3).
Kusnadi, D., & Yuliana, S. (2021). Strategi Inovasi dan Pengembangan SDM di Perusahaan Kosmetik Nasional: Studi Kasus PT Paragon Technology and Innovation. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 18(2), 45–58.
Mardiyono, A. M. A. (2013). Pengaruh Faktor Lingkungan Bisnis Eksternal Dan Faktor Manajerial Terhadap Perencanaan Strategik Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Pada Industri Kecil Makanan Wingko Babat Di Kota Semarang). Serat Acitya, 1(2), 60.
Prasetyo, H. (2020). Transformasi Digital dan Budaya Organisasi di Industri Kosmetik Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Bisnis, 5(1), 110–117.
Puteri, A., Suci, F. R., Arissafia, R. A., Panjaitan, D., & Nisa, K. (2025). SWOT Analysis in The Indonesian Cosmetics Industry. Journal of Business and Behavioural Entrepreneurship, 9(1), 123–150.
Putri, A., et al. (2025). Analisis SWOT pada PT Paragon Technology and Innovation. Ifrel Research.
Republika. (2021, Agustus 15). PT Paragon terus tingkatkan inovasi produk berbasis halal dan berkelanjutan.
Rosyida, R. H. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Desain Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada PT Paragon Technology And Innovation Di Yogyakarta
Safira, N. A., Rahayu, N. F. A., Aini, N. H., Larassetya, N. T. D., & Laksana, N. A. (2024). Peran Human Relations pada Kepuasan Kerja : Analisis SWOT pada PT Paragon Technology and Innovation. Harmoni Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 2(4), 133–141.
View of Strategi Adaptasi UMKM Kuliner pada Masa Pandemi COvid-19 (Studi kasus: Rumah Makan Haji Masduki, Pekalongan). (n.d.).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Radifa Nur Azizah, Aditya Rizki Tamami, Rendy Anditya Aldy W, Ferthalia Jovita P, Adam Akbar, Elvira Rahma K, Maharani Ikaningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.