Analisis Preferensi Konsumen Produk Makanan Berbahan Dasar Keju

Authors

  • Muhammad Arvin Adli Universitas Padjadjaran
  • Nurillah Jamil Achmawati Novel Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i2.3486

Keywords:

Preferensi Konsumen, Marketing, Pengambilan Keputusan Bisnis

Abstract

Meningkatnya konsumsi keju di Indonesia memunculkan bahasan-bahasan baru untuk diteliti. Hal tersebut dipicu oleh variasi jenis yang ditawarkan oleh keju tersendiri, fleksibilitas keju dalam berbagai masakan, dan kesadaran akan manfaat kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi konsumen terhadap produk makanan yang menggunakan keju di kalangan mahasiswa dalam daerah Jatinangor dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Analisis data dilakukan dengan observasi dan wawancara beserta sumber-sumber, seperti artikel, dan jurnal dengan menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti karakteristik budaya, sosial, ekonomi, psikologis, dan pribadi berperan penting dalam menentukan preferensi konsumen. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan informasi terkini bagi para pelaku usaha, akademisi, serta pemerintah untuk mendukung pengembangan industri kuliner berbasis keju.

References

Dahuri, D. (2023). Pasar Produk Snack Berbasis Keju di Tanah Air Masih Menjanjikan.

Fadlika, A., Riandani, R., & Irfan, M. (2023). Sifat Fisik Keju Olahan Dengan Campuran Formulasi Garam Pengemulsi. Jurnal Pangan dan Gizi.

Haryanto, A. (2020). Tren Konsumsi Keju di Indonesia. Jurnal Pangan dan Gizi.

Insani, H. (2019). Analisis konsumsi pangan remaja dalam sudut pandang sosiologi. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 9(1), 566–577.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2022). Marketing Management. 15th Edition. Pearson Education.

Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nibrassani, N. Z. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Keju Natural di Plaza Agromart Kabupaten Sleman. Eprint UPN Yogyakarta.

Nugroho, A., & Suroto, K. S. (2023). Segmentasi Pasar Terhadap Peningkatan Penjualan Keju. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Nugroho, S. (2023). Kecenderungan Konsumsi Makanan di Kalangan Mahasiswa Yogyakarta. Jurnal Sosial dan Budaya. DOI: https://doi.org/10.20885/ajie.vol7.iss2.art1

Prabowo, A., & Utami, S. (2018). Pengaruh Cita Rasa dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Keju. Jurnal Manajemen Pemasaran, 10(1), 45–58.

Prasetyo, B. (2021). Analisis Preferensi Konsumen terhadap Produk Keju. Jurnal Manajemen Pemasaran.

Sari, A. R., & Hartini, S. (2020). Analisis Preferensi Makanan Berbasis Keju di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Gizi dan Pangan, 15(2), 123–130.

Sari, R. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen terhadap Produk Keju. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Setiawan, J. (2020). Pengaruh Media Sosial terhadap Pilihan Makanan Konsumen. Jurnal Komunikasi dan Media.

Silalahi, U. (2009). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sutiani, L. (2022). Data Penjualan Keju Terlaris di E-commerce: Raih Market Share 59%, Prochiz Cetak Performa Fantastis.

Wahyuni, D. (2022). Kesehatan dan Nutrisi dalam Konsumsi Keju. Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Yonatan, A. (2024). Keju Cheddar Jadi Favorit Orang Indonesia 2024.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Muhammad Arvin Adli, & Nurillah Jamil Achmawati Novel. (2024). Analisis Preferensi Konsumen Produk Makanan Berbahan Dasar Keju. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 2(2), 7. https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i2.3486

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 

You may also start an advanced similarity search for this article.