Pengaruh Keahlian Berbicara Sales dalam Mendorong Tingkat Penjualan Mobil Dealer Toyota pada Bidang Industri Otomotif Masa Kini
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i4.2739Keywords:
Industri Otomotif, Keahlian, Mobil Dealer Toyota, Sales, KomunikasiAbstract
Penjualan mobil di industri otomotif merupakan aspek vital dalam mencapai kesuksesan bisnis, dengan keahlian berbicara sales menjadi faktor kunci dalam meningkatkan tingkat penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh keahlian berbicara sales dalam mendorong tingkat penjualan mobil dealer Toyota dalam konteks industri otomotif masa kini. Metode penelitian yang digunakan adalah kombinasi antara studi literatur dan penelitian empiris. Studi literatur dilakukan untuk mengumpulkan pemahaman mendalam tentang teori-teori dan konsep-konsep terkait keahlian berbicara sales dan strategi penjualan dalam industri otomotif. Penelitian empiris dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada salesperson dan pelanggan dealer Toyota yang tersebar di beberapa lokasi. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif dan analisis regresi untuk menguji hubungan antara keahlian berbicara sales dan tingkat penjualan mobil. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang pentingnya keahlian berbicara sales dalam meningkatkan kinerja penjualan mobil dealer Toyota, serta memberikan rekomendasi praktis bagi dealer Toyota dan pelaku industri otomotif lainnya dalam mengembangkan strategi penjualan yang efektif.
References
Adiwongso, H. (2019). Pengaruh bauran pemasaran jasa Dealer Mobil Plaza Toyota Bandung terhadap keputusan pembelian konsumen. repository.unpar.ac.id. https://repository.unpar.ac.id/handle/123456789/8759
Alfian, Y., & Indah, N. P. (2023). Pengaruh ROA, CR, ATO, dan DER terhadap Return Saham Perusahaan Sub Sektor Aneka Industri Otomotif & Komponen Selama Pandemi Covid-19. MES Management Journal. https://www.mes-bogor.com/journal/index.php/mesman/article/view/47 DOI: https://doi.org/10.56709/mesman.v2i2.47
Anggereni, F. (2023). Penggunaan Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Kalla Toyota Sidrap (Analisis Manajemen Keuangan Syariah) [Doctoral dissertation, IAIN PAREPARE].
APRILIAN, R. R. (2023). PENERAPAN KOMUNIKASI ISLAM SALES MARKETING DALAM MEMBANTU PENJUALAN MOBIL HONDA DI PT ISTANA MOBIL RODA MAS (HONDA ISTANA JEMBER).
Damaris, A., Riyadsyah, K., & Lantang, N. D. H. (2020). Pengaruh Sales Approach, Gender Stereotype, Networking dan Purchase Intention terhadap Sales Performance di PT Intraco Penta Prima Servis. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(03), 105-114.
Hutabarat, I. R. (2020). PENGARUH SALESMANSHIP TERHADAP PENJUALAN MOBIL TOYOTA AVANZA PADA PT. ASTRA INTERNASIONAL TBK TOYOTA SALES OPERATION CABANG MEDAN KRAKATAU.
Khairi, A., Dika, R. P., & Sharma, J. N. (2023). Analisis Strategi Bersaing Perusahaan Mobil Listrik pada Industri Otomotif di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/5495
Lestari, N. (2022). IMPLEMENTASI METODE DECISION TREE PADA KLASIFIKASI PRODUK MOBIL DI DEALER PT TUNAS AUTO GRAHA TOYOTA KOTA …. Jurnal Mahasiswa Sistem Informasi.
Maulana, F., & Wijayanto, A. (2019). Keahlian Penjualan, Perilaku Penjualan dan Kinerja Penjualan Salesforce PT Nasmoco Pemuda Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 121-130. DOI: https://doi.org/10.14710/jab.v8i2.25966
Muhammad, A. I., & Saraswati, R. (2022). D. ANALISA KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BISNIS JASA INDUSTRI OTOMOTIF DENGAN METODE SERVQUAL DAN IPA …. Jurnal Teknik Industri Dan Kimia. http://www.ejournal-unipra.com/index.php/JTIK/article/view/194 DOI: https://doi.org/10.54980/jtik.v5i1.194
Muttaqin, T. (2021). Hubungan Persepsi Harga Dengan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza (Studi Kasus Pada Konsumen Dealer Setiajya Mobilindo Parung). repository-feb.unpak.ac.id. https://repository-feb.unpak.ac.id/xmlui/handle/123456789/6965
Nikmah, L. C., Hermuningsih, S., & ... (2021). Pengaruh DER, NPM, ROA, Dan TATO Terhadap Return Saham (Study Pada Perusahaan Sektor Industri Otomotif dan Komponen). Jurnal Ilmiah Manajemen …. https://jurnal.ibik.ac.id/index.php/jimkes/article/view/450 DOI: https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i2.450
Nur, M. (2022). ANALISIS IMPLEMENTASI PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF SMK NEGERI 1 BONTANG DI KOTA …. Jurnal Cakrawala Ilmiah. https://bajangjournal.com/index.php/JCI/article/view/1799 DOI: https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v1i7.1799
Nurlintang, R. W., & Rustandi, D. (2020). Komunikasi Interpersonal Sales dengan Konsumen di Proshop Speedo Siliwangi. Komversal, 2(1), 51-65. DOI: https://doi.org/10.38204/komversal.v2i1.505
Prabowo, H. W., & Wuryaningsih, D. L. (2019). Pengaruh Harga, Citra Merk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota (Studi pada Dealer Nasmoco Slamet Riyadi Surakarta). eprints.ums.ac.id. https://eprints.ums.ac.id/id/eprint/79403
Prabowo, R. (2022). … IMPLEMENTASI DARI PENGARUH LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP CSR PERUSAHAAN INDUSTRI OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI …. SINTAKSIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan.
Pramesti, G. (2023). … Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Veloz Melalui MInat Beli Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi di Dealer Tunas Toyota …. repository.stmi.ac.id. http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/808/
Prasetyo, R. D., & Wariati, A. (2020). Analisis Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza di Kabupaten Karanganyar (Studi Kasus di Dealer Nasmoco Ring Road Solo). Kelola. https://www.e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/kelola/article/view/772
Pratama, A. Y., & Rohmah, W. (2022). Peran Brand Image dan After Sales Dalam Meningkatkan Penjualan Mobil Toyota (Studi Kasus Dealer Nasmoco Slamet Riyadi). eprints.ums.ac.id. https://eprints.ums.ac.id/id/eprint/102790
Prihatin, J., Nuryanto, U. W., & ... (2021). PERAN GAYA KOMUNIKASI TERHADAP MOTIVASI PADA INDUSTRI MANUFAKTUR OTOMOTIF DI KOTA TANGERANG. National …. https://ncabet.conferences-binabangsa.org/index.php/home/article/view/30 DOI: https://doi.org/10.46306/ncabet.v1i1.30
Rahmani, A. N. (2023). Produk Image Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mobil Toyota Agya 2019 Pada Dealer Toyota Auto 2000 Pasteur Bandung. 202.93.229.166. http://202.93.229.166/handle/123456789/1961
Rohmadany, N. V., & Astaginy, N. (2023). Pengaruh Soft Skill Dan Insentif Terhadap Kinerja Sales Handphone Pt. Ziola Kolaka. Global Leadership Organizational Research in Management, 1(4), 108-121.
Simarmata, E. S., & Saisab, J. (2023). Hubungan suku bunga, inflasi, dan return emiten industri otomotif di Indonesia. Manajemen Bisnis Dan Keuangan …. https://jurnal.ywnr.org/index.php/mbkk/article/view/34 DOI: https://doi.org/10.58784/mbkk.34
Siregar, O. K., & Dani, R. (2019). Pengaruh Deviden Yield Dan Price Earning Ratio Terhadap Return Saham Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 Sub Sektor Industri Otomotif. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1054604
Sudjiman, L. S., & Sudjiman, P. E. (2022). … UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI …. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & …. https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/763
Sukarno, D. A. R., Latuconsina, N. A., & ... (2023). Pengaruh Workforce Diversity Terhadap Kinerja Karyawan Di Perusahaan Industri Otomotif (Studi Pada PT XYZ). Innovative: Journal Of …. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/6243
Suminar, R. (2024). SELF-PRESENTING SALES PROMOTION GIRLS (SPG) DI DEALER MOBIL PT TOYOTA MERDEKA MOTOR (TOYOTA) SOREANG KABUPATEN BANDUNG. digilib.uns.ac.id. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/112114/ DOI: https://doi.org/10.18502/kss.v9i6.15303
Widiyastuti, T. (2022). … HUTANG JANGKA PENDEK DAN HUTANG JANGKA PANJANG TERHADAP LABA BERSIH SUB SEKTOR INDUSTRI OTOMOTIF DAN KOMPONEN YANG …. Nusantara Hasana Journal. https://www.nusantarahasanajournal.com/index.php/nhj/article/view/511