Pengaruh Keahlian Berbicara Sales dalam Mendorong Tingkat Penjualan Mobil Dealer Toyota pada Bidang Industri Otomotif Masa Kini

Authors

  • Maulana Afrizki Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Irlangga Putra Jadmiko Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Azro Haviz Nugroho Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Rifqi Firman Irsyadi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Natalia Desy Anggraeni Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i4.2739

Keywords:

Industri Otomotif, Keahlian, Mobil Dealer Toyota, Sales, Komunikasi

Abstract

Penjualan mobil di industri otomotif merupakan aspek vital dalam mencapai kesuksesan bisnis, dengan keahlian berbicara sales menjadi faktor kunci dalam meningkatkan tingkat penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh keahlian berbicara sales dalam mendorong tingkat penjualan mobil dealer Toyota dalam konteks industri otomotif masa kini. Metode penelitian yang digunakan adalah kombinasi antara studi literatur dan penelitian empiris. Studi literatur dilakukan untuk mengumpulkan pemahaman mendalam tentang teori-teori dan konsep-konsep terkait keahlian berbicara sales dan strategi penjualan dalam industri otomotif. Penelitian empiris dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada salesperson dan pelanggan dealer Toyota yang tersebar di beberapa lokasi. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif dan analisis regresi untuk menguji hubungan antara keahlian berbicara sales dan tingkat penjualan mobil. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang pentingnya keahlian berbicara sales dalam meningkatkan kinerja penjualan mobil dealer Toyota, serta memberikan rekomendasi praktis bagi dealer Toyota dan pelaku industri otomotif lainnya dalam mengembangkan strategi penjualan yang efektif.

References

Adiwongso, H. (2019). Pengaruh bauran pemasaran jasa Dealer Mobil Plaza Toyota Bandung terhadap keputusan pembelian konsumen. repository.unpar.ac.id. https://repository.unpar.ac.id/handle/123456789/8759

Alfian, Y., & Indah, N. P. (2023). Pengaruh ROA, CR, ATO, dan DER terhadap Return Saham Perusahaan Sub Sektor Aneka Industri Otomotif & Komponen Selama Pandemi Covid-19. MES Management Journal. https://www.mes-bogor.com/journal/index.php/mesman/article/view/47

Anggereni, F. (2023). Penggunaan Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Kalla Toyota Sidrap (Analisis Manajemen Keuangan Syariah) [Doctoral dissertation, IAIN PAREPARE].

APRILIAN, R. R. (2023). PENERAPAN KOMUNIKASI ISLAM SALES MARKETING DALAM MEMBANTU PENJUALAN MOBIL HONDA DI PT ISTANA MOBIL RODA MAS (HONDA ISTANA JEMBER).

Damaris, A., Riyadsyah, K., & Lantang, N. D. H. (2020). Pengaruh Sales Approach, Gender Stereotype, Networking dan Purchase Intention terhadap Sales Performance di PT Intraco Penta Prima Servis. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(03), 105-114.

Hutabarat, I. R. (2020). PENGARUH SALESMANSHIP TERHADAP PENJUALAN MOBIL TOYOTA AVANZA PADA PT. ASTRA INTERNASIONAL TBK TOYOTA SALES OPERATION CABANG MEDAN KRAKATAU.

Khairi, A., Dika, R. P., & Sharma, J. N. (2023). Analisis Strategi Bersaing Perusahaan Mobil Listrik pada Industri Otomotif di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/5495

Lestari, N. (2022). IMPLEMENTASI METODE DECISION TREE PADA KLASIFIKASI PRODUK MOBIL DI DEALER PT TUNAS AUTO GRAHA TOYOTA KOTA …. Jurnal Mahasiswa Sistem Informasi.

Maulana, F., & Wijayanto, A. (2019). Keahlian Penjualan, Perilaku Penjualan dan Kinerja Penjualan Salesforce PT Nasmoco Pemuda Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 121-130.

Muhammad, A. I., & Saraswati, R. (2022). D. ANALISA KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BISNIS JASA INDUSTRI OTOMOTIF DENGAN METODE SERVQUAL DAN IPA …. Jurnal Teknik Industri Dan Kimia. http://www.ejournal-unipra.com/index.php/JTIK/article/view/194

Muttaqin, T. (2021). Hubungan Persepsi Harga Dengan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza (Studi Kasus Pada Konsumen Dealer Setiajya Mobilindo Parung). repository-feb.unpak.ac.id. https://repository-feb.unpak.ac.id/xmlui/handle/123456789/6965

Nikmah, L. C., Hermuningsih, S., & ... (2021). Pengaruh DER, NPM, ROA, Dan TATO Terhadap Return Saham (Study Pada Perusahaan Sektor Industri Otomotif dan Komponen). Jurnal Ilmiah Manajemen …. https://jurnal.ibik.ac.id/index.php/jimkes/article/view/450

Nur, M. (2022). ANALISIS IMPLEMENTASI PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF SMK NEGERI 1 BONTANG DI KOTA …. Jurnal Cakrawala Ilmiah. https://bajangjournal.com/index.php/JCI/article/view/1799

Nurlintang, R. W., & Rustandi, D. (2020). Komunikasi Interpersonal Sales dengan Konsumen di Proshop Speedo Siliwangi. Komversal, 2(1), 51-65.

Prabowo, H. W., & Wuryaningsih, D. L. (2019). Pengaruh Harga, Citra Merk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota (Studi pada Dealer Nasmoco Slamet Riyadi Surakarta). eprints.ums.ac.id. https://eprints.ums.ac.id/id/eprint/79403

Prabowo, R. (2022). … IMPLEMENTASI DARI PENGARUH LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP CSR PERUSAHAAN INDUSTRI OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI …. SINTAKSIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan.

Pramesti, G. (2023). … Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Veloz Melalui MInat Beli Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi di Dealer Tunas Toyota …. repository.stmi.ac.id. http://repository.stmi.ac.id/id/eprint/808/

Prasetyo, R. D., & Wariati, A. (2020). Analisis Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza di Kabupaten Karanganyar (Studi Kasus di Dealer Nasmoco Ring Road Solo). Kelola. https://www.e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/kelola/article/view/772

Pratama, A. Y., & Rohmah, W. (2022). Peran Brand Image dan After Sales Dalam Meningkatkan Penjualan Mobil Toyota (Studi Kasus Dealer Nasmoco Slamet Riyadi). eprints.ums.ac.id. https://eprints.ums.ac.id/id/eprint/102790

Prihatin, J., Nuryanto, U. W., & ... (2021). PERAN GAYA KOMUNIKASI TERHADAP MOTIVASI PADA INDUSTRI MANUFAKTUR OTOMOTIF DI KOTA TANGERANG. National …. https://ncabet.conferences-binabangsa.org/index.php/home/article/view/30

Rahmani, A. N. (2023). Produk Image Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mobil Toyota Agya 2019 Pada Dealer Toyota Auto 2000 Pasteur Bandung. 202.93.229.166. http://202.93.229.166/handle/123456789/1961

Rohmadany, N. V., & Astaginy, N. (2023). Pengaruh Soft Skill Dan Insentif Terhadap Kinerja Sales Handphone Pt. Ziola Kolaka. Global Leadership Organizational Research in Management, 1(4), 108-121.

Simarmata, E. S., & Saisab, J. (2023). Hubungan suku bunga, inflasi, dan return emiten industri otomotif di Indonesia. Manajemen Bisnis Dan Keuangan …. https://jurnal.ywnr.org/index.php/mbkk/article/view/34

Siregar, O. K., & Dani, R. (2019). Pengaruh Deviden Yield Dan Price Earning Ratio Terhadap Return Saham Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 Sub Sektor Industri Otomotif. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1054604

Sudjiman, L. S., & Sudjiman, P. E. (2022). … UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI …. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & …. https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/763

Sukarno, D. A. R., Latuconsina, N. A., & ... (2023). Pengaruh Workforce Diversity Terhadap Kinerja Karyawan Di Perusahaan Industri Otomotif (Studi Pada PT XYZ). Innovative: Journal Of …. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/6243

Suminar, R. (2024). SELF-PRESENTING SALES PROMOTION GIRLS (SPG) DI DEALER MOBIL PT TOYOTA MERDEKA MOTOR (TOYOTA) SOREANG KABUPATEN BANDUNG. digilib.uns.ac.id. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/112114/

Widiyastuti, T. (2022). … HUTANG JANGKA PENDEK DAN HUTANG JANGKA PANJANG TERHADAP LABA BERSIH SUB SEKTOR INDUSTRI OTOMOTIF DAN KOMPONEN YANG …. Nusantara Hasana Journal. https://www.nusantarahasanajournal.com/index.php/nhj/article/view/511

Downloads

Published

2024-06-19

How to Cite

Afrizki, M., Irlangga Putra Jadmiko, Nugroho, A. H., Rifqi Firman Irsyadi, & Anggraeni, N. D. (2024). Pengaruh Keahlian Berbicara Sales dalam Mendorong Tingkat Penjualan Mobil Dealer Toyota pada Bidang Industri Otomotif Masa Kini. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 1(4), 12. https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i4.2739

Issue

Section

Articles

Categories