Peran Komunikasi Politik dalam Kampanye Isu Lingkungan: Studi Kasus pada Kebijakan Pengelolaan Sampah di Indonesia

Authors

  • Rangga Okta Budianto Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Lathifa Prima Ghanistyana Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i1.3219

Keywords:

Indonesia, Lingkungan, Komunikasi, Politik, Sampah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran komunikasi politik dalam kampanye kebijakan pengelolaan sampah di Indonesia, mengingat pentingnya pengelolaan sampah dalam menghadapi tantangan lingkungan. Di tengah meningkatnya perhatian terhadap isu sampah dan keberlanjutan, komunikasi politik menjadi instrumen vital dalam menyebarkan informasi, mengubah sikap, serta mendorong partisipasi masyarakat dalam kebijakan pengelolaan sampah. Namun, tantangan sosial, budaya, dan infrastruktur sering kali menghambat efektivitas kampanye ini, sehingga diperlukan analisis mendalam mengenai strategi komunikasi yang telah diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Data dikumpulkan dari berbagai sumber sekunder, termasuk jurnal ilmiah, laporan pemerintah, regulasi terkait pengelolaan sampah, dan artikel media. Studi ini menganalisis berbagai strategi komunikasi politik yang digunakan oleh pemerintah dan aktor politik dalam mengampanyekan kebijakan pengelolaan sampah, serta mengevaluasi tantangan dan solusi yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi politik berperan penting dalam meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap kebijakan pengelolaan sampah. Namun, implementasinya menghadapi kendala seperti rendahnya kesadaran masyarakat, lemahnya penegakan hukum, dan kurangnya infrastruktur. Kesimpulannya, keberhasilan kampanye komunikasi politik dalam pengelolaan sampah memerlukan strategi yang inklusif, berkelanjutan, serta kolaborasi lintas sektor antara pemerintah, swasta, dan masyarakat untuk mencapai perubahan perilaku yang signifikan dan berkelanjutan.

References

De Vries, G. (2020). Public communication as a tool to implement environmental policies. Social Issues and Policy Review, 14(1), 244-272.

Dekoninck, H., & Schmuck, D. (2022). The mobilizing power of influencers for pro-environmental behavior intentions and political participation. Environmental Communication, 16(4), 458-472.

Fadli, A., & Sazali, H. (2023). Peran Media Sosial Instagram@ GREENPEACEID Sebagai Media Kampanye dalam Menjaga Lingkungan. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 8(2), 209-222.

Farkas, X., & Bene, M. (2021). Images, politicians, and social media: Patterns and effects of politicians’ image-based political communication strategies on social media. The international journal of press/politics, 26(1), 119-142.

Hapsari, M. I. (2024). Taktik Komunikasi Efektif dalam Kampanye Lingkungan: Peran Humas dalam Kesadaran dan Aksi Bersama. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 3(1), 151-157.

Nasution, M. S., & Sazali, H. (2024). Peran Komunikasi dalam Membangun Keberlanjutan dan Ketahanan Lingkungan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(9), 3984-4000.

Nuraliza, V., Rahmadi, A. N., Mubaroq, A., Kristiyono, K., Melani, A. P., & Ifana, A. (2024). Peran komunikasi politik dalam membentuk opini publik menghadapi Pemilu 2024. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 4(1), 245-261.

Papakyriakopoulos, O., Serrano, J. C. M., & Hegelich, S. (2020). Political communication on social media: A tale of hyperactive users and bias in recommender systems. Online Social Networks and Media, 15, 100058.

Parameswari, D. M., Qoni’ah Nur Wijayanti, S. I., & Ikom, M. (2024). Strategi Komunikasi Digital Partai Pan Dalam Membangun Kampanye Dengan Memanfaatkan Media Sosial. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(1).

Stier, S., Bleier, A., Lietz, H., & Strohmaier, M. (2020). Election campaigning on social media: Politicians, audiences, and the mediation of political communication on Facebook and Twitter. In Studying politics across media (pp. 50-74). Routledge.

Swarnawati, A., Yuningsih, S., Purnamasari, O., & Nurhayati, E. S. (2023). Strategi Komunikasi Lingkungan Dalam Kampanye Minim Sampah. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis, 7(1), 77-88.

Theocharis, Y., & Jungherr, A. (2021). Computational social science and the study of political communication. Political Communication, 38(1-2), 1-22.

Tyas, S. P., Azzahra, N., Ifada, B. M., & Fajarwati, N. K. (2024). Peran Komunikasi Persuasif Dalam Media Sosial. SABER: Jurnal Teknik Informatika, Sains dan Ilmu Komunikasi, 2(2), 16-22.

Wolfsfeld, G. (2022). Making sense of media and politics: Five principles in political communication. Routledge.

Wulandari, Y. F., Bastian, Y., Murtiadi, M., & Afianto, H. (2024). Strategi Komunikasi Pemkot Depok Dalam Kampanye 3R Melalui Bank Sampah Menuju Lingkungan Yang Bersih Dan Sehat. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(02), 1773-1788.

Downloads

Published

2024-09-27

How to Cite

Budianto, R. O., & Ghanistyana, L. P. (2024). Peran Komunikasi Politik dalam Kampanye Isu Lingkungan: Studi Kasus pada Kebijakan Pengelolaan Sampah di Indonesia. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 2(1), 11. https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i1.3219

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.