Pengaruh Pola Komunikasi Organisasi Terhadap Persepsi Mahasiswa Tentang Efektivitas Kinerja Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i4.2764Keywords:
Himpunan Mahasiswa Jurusan, efektivitas kinerja, persepsi mahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kinerja himpunan mahasiswa jurusan di UINSU terhadap mahasiswa Ilmu Komunikasi dan untuk memahami bagaimana pola komunikasi organisasi mempengaruhi persepsi mahasiswa tentang efektivitas kinerja himpunan mahasiswa jurusan di UINSU. Data penelitian dikumpulkan melalui survei yang diberikan kepada mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner online yang diberikan kepada mahasiswa semester IV jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Islam Negeri Sumatra Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persepsi mahasiswa terhadap efektivitas kinerja HMJ termasuk dalam kategori sangat baik, dengan persentase 86% untuk kepuasan terhadap program kerja dan keterlibatan mahasiswa, 79% untuk efektivitas komunikasi, serta 75% untuk manfaat kegiatan bagi pengembangan diri.
References
Arthana, I. K. (2019). Analisis faktor-faktor terjadinya kecurangan (fraud) dalam pengelolaan dana desa pada Kecamatan Amabi Oefeto Timur. Jurnal Akuntansi: Transparansi dan Akuntabilitas, 7(1), 35–43. http://doi.org/10.35508/jak.v7i1.1302 DOI: https://doi.org/10.35508/jak.v7i1.1302
Asmah, S. N., & Setyowati, D. (2022). Analisis respon siswa terhadap pembelajaran daring pada pembelajaran matematika SD Negeri 29 Sanggau. JIKAP PGSD Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(2), 368-374.
Betaria, D. (2017). POLA KOMUNIKASI PIMPINAN DALAM MEMBANGUN BUDAYA ORGANISASI PT. DHARMAWAN WIGANDA JAKARTA (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana).
Buntaran, F. A. A. (2016). Peran budaya organisasi dalam memoderasi keterlibatan kerja dan perilaku kewargaorganisasian pada karyawan non dosen Universitas Mercu Buana Jakarta. Mediapsi, 2(1), 29–35. http://doi.org/10.21776/ub.mps.2016.002.01.4 DOI: https://doi.org/10.21776/ub.mps.2016.002.01.4
Dinata, I., & Setyawan, A. (2022). Analysis of problems in mathematics learning in elementary school post online learning. Maktab: Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 1(2), 420-425.
Hermawantie, F. C., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2020). Analisis proses pembelajaran matematika berbasis daring pada siswa kelas tinggi sekolah dasar. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 135. http://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.634 DOI: https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.634
Jundi, M., Adam, M. Z., Ali, I., Kadir, S. D., & Laubaha, S. A. (2022). Himpunan Mahasiswa Jurusan dan Matrikulasi Bahasa Arab bagi Mahasiswa Baru. Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 4(1), 1-9. DOI: https://doi.org/10.47435/naskhi.v4i1.798
Klasinki, T., & Aw, S. (2022). Pola komunikasi organisasi di PT. Marcopolo Shipyard Batam. Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(4). http://doi.org/10.21831/lektur.v4i4.18540 DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v4i4.18540
Laili, A. N., Akmalia, D. A., Silmi, E. N., Ummah, S. N., Nayyiroh, Z., & Fauzi, I. (2022). Analisis problematika pendidik dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika di sekolah menengah pertama. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 317–328. http://doi.org/10.37329/cetta.v5i3.1737 DOI: https://doi.org/10.37329/cetta.v5i3.1737
Lusiono, E. F., & Alrizwan, U. A. (2021). Analisis Potensi Kecurangan (Fraud) Terhadap Pengelolaan Keuangan Desa. Sebi: Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(2), 152-162. DOI: https://doi.org/10.37567/sebi.v3i2.928
Qotrunnada, L., Djaelani, A. K., & Mustapita, A. F. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunkasi, dan Kinerja Pengurus Terhadap Loyalitas Organisasi (Studi Pada Organisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 11(07).
Safitri, R. A., Megantara, B. A., Saadah, A. M., Widyawati, I. O., Budiarto, K. D., & Darmadi, D. (2021). Analisis problematika pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama dalam pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(2), 81–84. http://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1799 DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1799
Solihah, I. Pola Komunikasi Organisasi Di Pt. Arga Bangun Bangsa Esq Leadership Center.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. literasi media publishing.
Widyastuti, E., & Sari, D. N. (2023). Determinan terjadinya kecurangan (fraud) pada pengelolaan dana desa (Studi pada Pemerintah Desa Kab. Semarang). Kompartemen: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 21(1), 34. http://doi.org/10.30595/kompartemen.v21i1.15390 DOI: https://doi.org/10.30595/kompartemen.v21i1.15390