Penguatan Produk Umkm Kareh – Kareh Melalui Strategi Branding di Desa Sungai Majo Pusako
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i1.3194Keywords:
UMKM Branding, UMKM Logo Design, Product Visual IdentityAbstract
Program Pengabdian Masyarakat adalah inisiatif yang melibatkan mahasiswa Universitas Riau untuk menerapkan pengetahuan mereka dan mendapatkan pengalaman berharga dalam membangun komunitas. Program ini bertujuan untuk mendukung pengembangan UMKM di Desa Sungai Majo Pusako, Kabupaten Rokan Hilir, yang saat ini memiliki jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah yang terbatas. Salah satu upaya yang dilakukan adalah branding logo untuk UMKM Dapur Bu Iddar, seorang pengusaha lokal yang memproduksi kue kareh. Proses branding dimulai dengan survei dan wawancara untuk memahami kebutuhan Bu Iddar, diikuti dengan pembuatan logo menggunakan Canva. Logo ini dirancang untuk memberikan identitas visual yang jelas dan memperluas upaya pemasaran, dengan tujuan meningkatkan daya tarik produk dan jangkauan pasar. Hasil menunjukkan bahwa logo tersebut memiliki dampak positif, membantu dalam pemasaran dan meningkatkan kualitas bisnis. Dengan diperkenalkannya logo ini, diharapkan Dapur Bu Iddar akan berkembang dan menjangkau pasar yang lebih luas.
References
Arianto, B. 2019. Buzzer media sosial dan branding produk UMKM Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal UMKM Dewantara. 2(1): 27-46.
Artianasari, N., Nurhakki, dan Musmuliadi. 2024. Strategi komunikasi branding pariwisata halal berbasis smart tourism di Tana Toraja. Media Komunikasi dan Dakwah. 14(1): 98-123.
Daryani, Y., A. R. Agustian, dan V. Hutaoqikoh. 2024. Branding pariwisata dalam pengembangan objek wisata di Desa Rawabogo melalui metode partisipatif. In Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (Vol. 4, pp. 256-268).
Fadilah, A. M., dan E. Susanto. 2024. Branding produk label sebagai upaya pengembangan daya tarik pemasaran pada UMKM Pengepul Mangga di Desa Bolang Kecamatan Tirtajaya. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa. 3(1): 1409-1414.
Farizi, F. A. A., A. S. C. R. E. Chidtian, dan P. A. Sulistyono. 2023. Eksplorasi desain logo NJP Bakery yang efektif sebagai upaya untuk mencapai konsistensi branding. Journal of Creative Student Research. 1(6): 345-355.
Hidayat, A., S. Lesmana, dan Z. Latifah. 2022. Peran UMKM (Usaha, Mikro, Kecil, Menengah) dalam pembangunan ekonomi nasional. Jurnal Inovasi Penelitian. 3(6): 6707-6714.
Kokotiasa, W. 2021. Korelasi otonomi desa dalam proses globalisasi. Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa. 2(1): 11-23.
Mubarok, S., A. D. Cahyati, dan P. Putra. 2024. Perancangan logo dan branding untuk meningkatkan daya tarik dan nilai jual UMKM di Desa Sirnajaya. An-Nizam. 3(1): 249-256.
Mustari, N., N. Hartaman, V. A. Sahrir, N. R. Aulia, dan S. Atirah. 2021. Branding pariwisata dalam pengembangan objek wisata di Kabupaten Majene. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan. 6(2): 282-293.
Negara, M. H. P., dan D. D. Sholihah. 2023. Pemanfaatan digital branding UMKM Barongan Wisanggeni guna mendukung tercapainya SDGs desa kewirausahaan. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(2): 71-77.
Putri, M. T., K. N. Jamiati, dan D. Handok. 2023. Analisis semiotika perbandingan antara logo halal MUI dengan logo halal baru. Journal on Education. 6(1): 7825-7835.
Sahirah, N. 2022. Strategi Branding Asia Heritage Sebagai situs pariwisata di Riau. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Riau.
Trinanda, O., E. Sepdianus, dan Y. Wardi. 2023. Pengembangan mountain tourism di Nagari Koto Laweh Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan. 7(1): 102-109.
Wijaya, D. T., M. Napitupulu, E. N. Y. Irianti, E. A. L. Gaol,V. N. Gunawan, K. Gunawan, T. M. Engelbertha, A. N. Thomas, A. R. Frananda, dan V. Y. Dharomesz. 2023. Potensi branding keripik pisang di Desa Sambirejo Kapanewon Ngawen Kabupaten Gunung Kidul. Jurnal Atma Jaya. 3(6): 535-540.
Zahra, A. M., Wulandari, dan Rasmitadila. 2023. Sosialisasi dan pelatihan branding produk serta inovasi produk pada UMKM Tape di Dusun Cijulang Desa Sukakarya Kecamatan Megamendung. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 3(3): 260-268.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Elisabeth Sibagariang, Mhd. Andry Kurniawan, Ledy Pretty Nainggolan, Dimas Perwandi, Adinda Azahra, Rizky Aditya Reno, Nurul Ummi Khairo, Dimas Wahyudi, Sabrina Inaya Salsabila, Fakhrul Razif, Cinta Setiawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.