Penguatan Produk Umkm Kareh – Kareh Melalui Strategi Branding di Desa Sungai Majo Pusako

Authors

  • Mhd. Andry Kurniawan Universitas Riau
  • Elisabeth Sibagariang Universitas Riau
  • Ledy Pretty Nainggolan Universitas Riau
  • Dimas Perwandi Universitas Riau
  • Adinda Azahra Universitas Riau
  • Rizky Aditya Reno Universitas Riau
  • Nurul Ummi Khairo Universitas Riau
  • Dimas Wahyudi Universitas Riau
  • Sabrina Inaya Salsabila Universitas Riau
  • Fakhrul Razif Universitas Riau
  • Cinta Setiawati Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i1.3194

Keywords:

UMKM Branding, UMKM Logo Design, Product Visual Identity

Abstract

Program Pengabdian Masyarakat adalah inisiatif yang melibatkan mahasiswa Universitas Riau untuk menerapkan pengetahuan mereka dan mendapatkan pengalaman berharga dalam membangun komunitas. Program ini bertujuan untuk mendukung pengembangan UMKM di Desa Sungai Majo Pusako, Kabupaten Rokan Hilir, yang saat ini memiliki jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah yang terbatas. Salah satu upaya yang dilakukan adalah branding logo untuk UMKM Dapur Bu Iddar, seorang pengusaha lokal yang memproduksi kue kareh. Proses branding dimulai dengan survei dan wawancara untuk memahami kebutuhan Bu Iddar, diikuti dengan pembuatan logo menggunakan Canva. Logo ini dirancang untuk memberikan identitas visual yang jelas dan memperluas upaya pemasaran, dengan tujuan meningkatkan daya tarik produk dan jangkauan pasar. Hasil menunjukkan bahwa logo tersebut memiliki dampak positif, membantu dalam pemasaran dan meningkatkan kualitas bisnis. Dengan diperkenalkannya logo ini, diharapkan Dapur Bu Iddar akan berkembang dan menjangkau pasar yang lebih luas.

References

Arianto, B. 2019. Buzzer media sosial dan branding produk UMKM Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal UMKM Dewantara. 2(1): 27-46.

Artianasari, N., Nurhakki, dan Musmuliadi. 2024. Strategi komunikasi branding pariwisata halal berbasis smart tourism di Tana Toraja. Media Komunikasi dan Dakwah. 14(1): 98-123.

Daryani, Y., A. R. Agustian, dan V. Hutaoqikoh. 2024. Branding pariwisata dalam pengembangan objek wisata di Desa Rawabogo melalui metode partisipatif. In Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (Vol. 4, pp. 256-268).

Fadilah, A. M., dan E. Susanto. 2024. Branding produk label sebagai upaya pengembangan daya tarik pemasaran pada UMKM Pengepul Mangga di Desa Bolang Kecamatan Tirtajaya. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa. 3(1): 1409-1414.

Farizi, F. A. A., A. S. C. R. E. Chidtian, dan P. A. Sulistyono. 2023. Eksplorasi desain logo NJP Bakery yang efektif sebagai upaya untuk mencapai konsistensi branding. Journal of Creative Student Research. 1(6): 345-355.

Hidayat, A., S. Lesmana, dan Z. Latifah. 2022. Peran UMKM (Usaha, Mikro, Kecil, Menengah) dalam pembangunan ekonomi nasional. Jurnal Inovasi Penelitian. 3(6): 6707-6714.

Kokotiasa, W. 2021. Korelasi otonomi desa dalam proses globalisasi. Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa. 2(1): 11-23.

Mubarok, S., A. D. Cahyati, dan P. Putra. 2024. Perancangan logo dan branding untuk meningkatkan daya tarik dan nilai jual UMKM di Desa Sirnajaya. An-Nizam. 3(1): 249-256.

Mustari, N., N. Hartaman, V. A. Sahrir, N. R. Aulia, dan S. Atirah. 2021. Branding pariwisata dalam pengembangan objek wisata di Kabupaten Majene. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan. 6(2): 282-293.

Negara, M. H. P., dan D. D. Sholihah. 2023. Pemanfaatan digital branding UMKM Barongan Wisanggeni guna mendukung tercapainya SDGs desa kewirausahaan. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(2): 71-77.

Putri, M. T., K. N. Jamiati, dan D. Handok. 2023. Analisis semiotika perbandingan antara logo halal MUI dengan logo halal baru. Journal on Education. 6(1): 7825-7835.

Sahirah, N. 2022. Strategi Branding Asia Heritage Sebagai situs pariwisata di Riau. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Riau.

Trinanda, O., E. Sepdianus, dan Y. Wardi. 2023. Pengembangan mountain tourism di Nagari Koto Laweh Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan. 7(1): 102-109.

Wijaya, D. T., M. Napitupulu, E. N. Y. Irianti, E. A. L. Gaol,V. N. Gunawan, K. Gunawan, T. M. Engelbertha, A. N. Thomas, A. R. Frananda, dan V. Y. Dharomesz. 2023. Potensi branding keripik pisang di Desa Sambirejo Kapanewon Ngawen Kabupaten Gunung Kidul. Jurnal Atma Jaya. 3(6): 535-540.

Zahra, A. M., Wulandari, dan Rasmitadila. 2023. Sosialisasi dan pelatihan branding produk serta inovasi produk pada UMKM Tape di Dusun Cijulang Desa Sukakarya Kecamatan Megamendung. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 3(3): 260-268.

Downloads

Published

2024-10-01

How to Cite

Mhd. Andry Kurniawan, Sibagariang, E., Ledy Pretty Nainggolan, Dimas Perwandi, Adinda Azahra, Rizky Aditya Reno, … Cinta Setiawati. (2024). Penguatan Produk Umkm Kareh – Kareh Melalui Strategi Branding di Desa Sungai Majo Pusako. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 2(1). https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i1.3194

Issue

Section

Articles

Categories

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.