Semiotika dalam Lagu OMG oleh New Jeans Mendekripsi Realitas Industri Kpop
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i3.2643Keywords:
Analisis Semiotik, Industri K-Pop, Stereotip Gender, Hubungan Parasosial, Dinamika Agensi IdolaAbstract
Studi ini menggunakan pendekatan semiotik Charles Sanders Peirce untuk mengurai simbol dan tanda dalam video musik "OMG" oleh New Jeans, bertujuan untuk mengungkap realitas yang tersembunyi dalam industri K-Pop. Melalui teknik observasi dan tinjauan literatur, analisis ini mengungkap tiga tema utama: kepatuhan ketat yang diharapkan dari idola terhadap agensi dan basis penggemar mereka, stereotip gender yang merajalela, serta dampak interaksi parasosial. Temuan ini menekankan tekanan yang dihadapi oleh para idola, mencerminkan ekspektasi masyarakat luas dan dinamika komersial industri hiburan. Studi ini tidak hanya meningkatkan pemahaman tentang representasi media dalam K-Pop tetapi juga memicu dialog tentang implikasi lebih luas dari potretan ini terhadap persepsi budaya dan kesejahteraan idola.
References
Dina, O. dkk. (2020). Analisis Semiotik Video Klip Bts “ Blood , Sweat and Tears ” Sebagai Representasi Masa Muda. Jurnal Estetika, 2(1), 1–25.
Fatmawati, S., Salzabila, R., & ... (2019). … Berita Hoaks di Korpus Sosial Media Guna Mengembangkan Model" KAPAK HOAKS"(Kemandirian Pembaca Menganalisis Konten Hoaks) Studi Analisis Wacana …. LITE: Jurnal Bahasa …. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/lite/article/view/2525 DOI: https://doi.org/10.33633/lite.v15i2.2525
Febryningrum, G. W., & Hariyanto, D. (2022). John Fiske’s Semiotic Analysis in Susi Susanti’s Film -- Love All. KnE Social Sciences, 2022, 46–51. https://doi.org/10.18502/kss.v7i12.11502 DOI: https://doi.org/10.18502/kss.v7i12.11502
Hakim, L., & Rukmanasari, F. (2023). Representasi Pesan Motivasi Dalam Lirik Lagu K-Pop “Beautiful” By NCT:(Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure). Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 19–38.
Herman, T. (2019). Lim Kim Is Ready to Take On the World With Empowering ‘Generasian’ After Leaving the K-Pop Box. Billboard.Com. https://www.billboard.com/music/pop/lim-kim-generasian-k-pop-interview-8543891/
Hidayaturrahman, M., Moerod, M., Laily, N., Wisman, Y., Goa, L., Derung, T. N., Sugiantiningsih, A. A. P., Yahya, Agusrianto, E., &
Handayani, E. (2020). Teori Sosial Empirik. In Teori Sosial dan Administrasi Publik pertemuan 14 dan 15 (Issue May).
Li, X. (2022). Reasons for the Success of KPOP (Korean Popular Music) Culture in the International Spread. Proceedings of the 2022 8th International Conference on Humanities and Social Science Research (ICHSSR 2022), 664(Ichssr), 2617–2621. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220504.475 DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.220504.475
Maharani, N. (2015). Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Iphone Di Bandung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Performa), 12(1), 59–75.
Oviani, S. F., & Anggalih, N. N. (2023). Analisis Semiotika Video Musik 7Wol 7Il “One of These Night” Oleh Grup Red Velvet. Barik, 4(3), 152–166.
Pahlevi, R. (2022). Adu Laba-Rugi Agensi K-Pop, Siapa Paling Cuan? Databoks.Katadata.Co.Id.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/22/adu-laba-rugi-agensi-k-pop-siapa-paling-cuan#:~:text=K-Pop adalah salah satu,kuartal I 2022 adalah Hybe
Parashakti, R. D. (2018). Perbedaan Gaya Kepemimpinan Dalam Perspektif Maskulin dan Feminin. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 92–101.
Putri, I. P., Liany, F. D. P., & Nuraeni, R. (2019). K-Drama dan Penyebaran Korean Wave di Indonesia. ProTVF, 3(1), 68. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.20940 DOI: https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.20940
Ramadhani, Y. (2019). Kematian Sulli eks f(x) & Racun Cyber Bullying di Medsos. Tirto.Id. https://tirto.id/kematian-sulli-eks-f-x-racun-cyber-bullying-di-medsos-ejKS
Rini, K. P., & Nurul, F. (2016). FEMINISME DALAM VIDEO KLIP Blackpink: Analisis Semiotika John Fiske Dalam Video Klip Blackpink DDU-DU DDU-DU. 5(2), 1–23.
Rosida, I. (2018). Tubuh Perempuan Dalam Budaya Konsumen: Antara Kesenangan Diri, Status Sosial, Dan Nilai Patriarki. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 20(1), 85. https://doi.org/10.25077/jantro.v20.n1.p85-101.2018 DOI: https://doi.org/10.25077/jantro.v20.n1.p85-101.2018
Rudiyanto, D., & Hariyanto, D. (2015). PARKIR BERLANGGANAN DI KABUPATEN SIDOARJO (Studi Interaksi Simbolik Parkir Berlangganan di Kabupaten Sidoarjo). Kanal, 3, 107–216. DOI: https://doi.org/10.21070/kanal.v3i2.307
Shabrina, S. N., & Setiawan, T. (2022). Analisis teks hoaks seputar informasi bank: Kajian bahasa perspektif analisis wacana kritis dan linguistik forensik. KEMBARA: Jurnal Keilmuan …. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara/article/view/21478
Sukma Ari Ragil Putri, S. Z. (2021). Representasi Perempuan Dalam Video Klip Girlband Korea (Analisis Semiotika Video Klip Dalla Dalla Dari Girlband Itzy). Mediakita, 5(2). https://doi.org/10.30762/mediakita.v5i2.3618 DOI: https://doi.org/10.30762/mediakita.v5i2.3618
Supiandi, I. (2015). Analisis Digital Assistant Versi Cortana, Siri dan Google Now. Infotech Journal, 1(2), 236618.
Tinaliga, B. (2018). “At War for Oppa and Identity”: Competitive Performativity among Korean-Pop Fandoms. Master’s Projects and Capstones, 768.
Wardani, E. P., & Kusuma, R. S. (2021). INTERAKSI PARASOSIAL PENGGEMAR K-POP DI MEDIA SOSIAL (Studi Kualitatif pada Fandom Army di Twitter). Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 7(2), 243. https://doi.org/10.30813/bricolage.v7i2.2755 DOI: https://doi.org/10.30813/bricolage.v7i2.2755
Wibowo, I. S. W. (2013). SEMIOTIKA KOMUNIKASI Aplikasi praktis bagi penelitian dan skripsi komunikasi (Kedua). Penerbit Mitra Wacana Media.