Dampak Ganda Media Sosial terhadap Pola Pikir Mahasiswa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.47134/interaction.v1i2.2890Keywords:
media sosial, TikTok, Instagram,, pola pikir, gaya hidupAbstract
Penelitian ini meneliti bagaimana aplikasi-aplikasi ini mempengaruhi pola pikir dan gaya hidup mahasiswa. Di era globalisasi, kemajuan teknologi telah membuat hidup menjadi lebih praktis, dengan platform media sosial seperti TikTok dan Instagram menjadi sangat penting, terutama di kalangan remaja Indonesia. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini menganalisis video dan unggahan yang sering diakses oleh mahasiswa dan mengumpulkan data melalui snowball sampling. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa TikTok dan Instagram secara signifikan memengaruhi pola pikir dan gaya hidup mahasiswa, menyoroti dampak positif dan negatif tergantung pada penggunaannya. Penelitian ini menggarisbawahi perlunya kesadaran dan panduan dalam penggunaan media sosial untuk memanfaatkan manfaatnya dan mengurangi dampak buruknya.
Kata Kunci:
References
A. Aptika, "Pola Pikir Pengguna Jadi Kunci dari Transformasi Digital," October 28, 2021. [Online]. Available: https://aptika.kominfo.go.id/2021/10/pola-pikir-pengguna-jadi-kunci-dari-transformasi-digital/. [Accessed: Mar. 07, 2023].
A. Bambang Dwi, "Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel," Jakarta, Indonesia: Media Kita, 2022.
C. Mutia, "Data Pengguna Instagram," May 24, 2023. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/24/pengguna-tiktok-di-indonesia-terbanyak-kedua-di-dunia-per-april-2023-nyaris-salip-as. [Accessed: Jun. 23, 2023].
D. Nesia, "Media Sosial yang sering digunakan di Indonesia," 2023. [Online]. Available: https://dataindonesia.id/internet/detail/whatsapp-masih-menjadi-media-sosial-terfavorit-di-indonesia. [Accessed: Jun. 23, 2023].
F. Fauzi, "Analisis Penerapan Teknologi Jaringan LTE 4G di Indonesia," Bandung, Indonesia: Institut Manajemen Telkom, 2012.
I. Soraya, "Personal Branding Laudya Cynthia Bella Melalui Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @Bandungmakuta)," J. Komun., vol. 8, 2017. [Online]. Available: https://doi.org/10.31294/JKOM.V8I2.2654.
K. L. Kotler and P. Keller, "Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12," Jakarta, Indonesia: Erlangga, 2012.
L. K. Rossa, V., & Fikri, "Ini Alasan Konten TikTok Jadi Viral dan Diterima Banyak Orang," September 17, 2020. [Online]. Available: https://www.suara.com/lifestyle/2020/09/17/161848/ini-alasan-konten-tiktok-jadi-viral-dan-diterima-banyak-orang.
M. Ayu, "Data Pengguna Instagram," May 3, 2023. [Online]. Available: https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-instagram-di-indonesia-capai-1093-juta-per-april-2023. [Accessed: Jun. 23, 2023].
M. Laughey, "Media Sebagai Alat Komunikasi," 2003.
N. Khairuni, "Dampak Positif dan Negatif Sosial Media Terhadap Pendidikan Akhlak Anak," J. Edukasi, 2016. DOI: https://doi.org/10.22373/je.v2i1.693
N. Madjid, "Islam Agama Kemanusiaan: Membangun Tradisi dan Visi Baru Islam Indonesia," Jakarta, Indonesia: Paramadina, 2003.
O. Hafiz, "Akun Tiktok Yang Bikin Konten Edukasi untuk Tambah Wawasan," Hippwee. [Online]. Available: https://www.hipwee.com/hiburan/konten-edukasi-tiktok/, 2022.
R. A. Martin, "Humor, Laughter, and Physical Health: Methodological Issues and Research," Psychol. Bull., vol. 127, 2001. DOI: https://doi.org/10.1037//0033-2909.127.4.504
R. Bogdan, "Introduction to Qualitative Research Methods: A Phenomenological Approach to the Social Sciences," John Wiley & Sons, 1975.
R. Nasrullah, "Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi," Bandung, Indonesia: Remaja Rosdakarya, 2017.
S. Honoatubun, "Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia," EduPsyCouns Journal, vol. 2, no. 1, p. 151, 2020.
S. R. Sundari and S. Sundari, "Perkembangan Anak dan Remaja," Jakarta, Indonesia: Rineka Cipta, 2004.
S. S. and A. S. A. M., "Dasar Metodologi Penelitian," Yogyakarta, Indonesia: Literasi media Publishing, 2015.
S. Soekanto, "Sosiologi Suatu Pengantai," Jakarta, Indonesia: Rajawali Pers, 2012.
Setiadi, "Pengantar Sosiologi Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi dan Pemecahnya," Jakarta, Indonesia, 2011.
T. Damayanti, "Jurnal Communication," J. Commun., vol. 10, no. 6, 2019. [Online]. Available: https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/comm/issue/view/154.
W. Nugroho, "Aplikasi Tiktok sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia," Jawa Tengah, Indonesia: Universitas Widya Dharma Klaten, 2018.
Wikipedia, "Instagram." [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Instagram, 2024.