Augmented Reality Mengubah Pendidikan Dasar: Era Baru Pembelajaran Interaktif

Authors

  • Tara Januar Abwina Tassa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Hindarto Hindarto Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/ijat.v1i3.3069

Keywords:

Augmented Reality, Piranti Masukan dan Keluaran, Objek 3 Dimensi

Abstract

Augmented reality (AR) adalah tampilan real-time langsung atau tidak langsung dari sebuah objek fisik nyata yang ditambahkan ke dunia maya, yang menghasilkan informasi tambahan tentang objek yang ada saat ini. teknologi AR memungkinkan integrasi objek virtual ke dalam dunia fisik, menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan mendalam bagi siswa. Aplikasi bernama AR I/O Hub merupakan teknologi AR sebagai media pembelajaran interaktif di Sekolah Dasar Sidoarjo. Tujuannya adalah dapat membantu siswa memahami konsep-konsep abstrak dengan cara yang lebih konkret dan visual serta meningkatkan minat siswa dalam proses pembelajaran. Pengembangan AR I/O Hub dilakukan dengan menerapkan salah satu tahapan dari MDLC (System Development Life Cycle) dan menggunakan perangkat lunak Unity 3D sebagai platform untuk pembuatan aplikasi. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah C#. Dalam proses konfigurasi, AR I/O Hub memanfaatkan Vuforia sebagai sumber daya untuk menciptakan, menyimpan, dan mengelola data yang diperlukan dalam pengembangan aplikasi Augmented Reality.

References

Abidah, A., Aklima, A., & Razak, A. (2022). Tantangan guru sekolah dasar dalam menghadapi era society 5.0. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/498 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.498

Adlina, N. (2022). Inovasi pembelajaran di masa pandemi covid-19 dengan pendekatan steam di era society 5.0. … : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan. https://www.jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/134 DOI: https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i6.134

Anwar, S., & Marlina, M. (2019). Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Islam Di Indonesia (Zaman Orde Baru Dan Reformasi). Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam. http://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/643 DOI: https://doi.org/10.30599/jpia.v6i2.643

Arifin, B., Handayani, E. S., Yunaspi, D., Erda, R., & ... (2023). Transformasi Bahan Ajar Pendidikan Dasar Ke Arah Digital: Optimalisasi Pembelajaran Pendidikan Sekolah Dasar Di Era Teknologi Cybernetics. Innovative: Journal Of …. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/4746

Hafizhah, Z. (2021). Inovasi Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. osf.io. https://osf.io/preprints/ag4ph/ DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/ag4ph

Hakim, L. (2018). (Dengeng, 2001) menyatakan bahwa pembelajaran merupakan suatu upaya dalam membelajarkan pelajar (peserta didik). Pengertian lain tentang pembelajaran adalah upaya yang dilakukan oleh tenaga pengajar (guru, instruktur) yang bertujuan untuk membantu. Lentera Pendidik, pp. 59-72.

Harahap, A., Sucipto, A., & Jupriyadi, J. (2020). Pemanfaatan Augmented Reality (Ar) Pada Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Elektronika Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi, 1(1), 20-25. https://doi.org/10.33365/jiiti.v1i1.266 DOI: https://doi.org/10.33365/jiiti.v1i1.266

Haryati, L. F., Anar, A. P., & Ghufron, A. (2022). Menjawab tantangan era society 5.0 melalui inovasi Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. … Pendidikan …. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7441

Husein, W. M. (2022). Disrupsi Pendidikan Di Era New Normal Jenjang Pendidikan Dasar. … Pendidikan Dan Konseling (JPDK). http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5449

Ibda, H. (2022). Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Era Digital. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=JaZeEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=mengubah+pendidikan+dasar+era+baru&ots=vgg5-rOk_B&sig=EkFJtP804wYcjsiFVIqElsC5V3A

Isron, H., Masrura, A. F., Aditya P. A., Dermawan, D. A., & Nerisafitra, P. (2020). Cubid Ec : Aplikasi Edukasi Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality. Explor. IT! Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknologi Informasi, 12(1), 29-36. https://doi.org/10.35891/explorit.v12i1.2051 DOI: https://doi.org/10.35891/explorit.v12i1.2051

Liliana, D. Y., Nalawati, R. E., Marcheta, N., Agustin, M., & Huzaifa, M. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Augmented Reality dan Teknologi Mobile sebagai Media Edukasi untuk Sekolah Dasar di Kelurahan Kebon Pedes Bogor. Bhakti Persada, 9(1), 1-9. https://doi.org/10.31940/bp.v9i1.1-9 DOI: https://doi.org/10.31940/bp.v9i1.1-9

Mongilala, M. M., Tulenan, V., & Sugiarso, B. A. (2019). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Satwa Sulawesi Utara Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Teknologi Informasi, 14(4), 465-474.

Mustaqim, M., Dafitri, H., & Dharmawati, D. (2021). Edukasi Digital Pengenalan Bahaya Narkoba Bagi Anak Usia Dini Berbasis 3D Dan Augmented Reality. Djtechno Jurnal Teknologi Informasi, 2(2), 170-176. https://doi.org/10.46576/djtechno.v2i2.1623 DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v2i2.1623

Nauko, Y. S., & Amali, L. N. (2021). Pengenalan Anatomi Tubuh Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Jambura Jurnal Informatics, 3(2), 66-76. https://doi.org/10.37905/jji.v3i2.11720 DOI: https://doi.org/10.37905/jji.v3i2.11720

Nida, A., Ferli, R., & Irwansyah, S. (2021). Pembelajaran di Era Pandemi : Studi Observatif di Desa Jatisari Augmented Reality Sebagai Sarana Alternatif dalam Augmented Reality as an Alternative Tool in Learning in the Era of the Pandemic : Observative Studies in Jatisari Village, Desember.

Pattiasina, P. J., Aswita, D., & ... (2022). Paradigma Baru Pendidikan Karakter Era Inovasi Disrptif dan Implementasi Praktisnya di Era Society 5.0. … Pendidikan …. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6984

Purwanto Hadi, I., & Kurniawan Dwi, S. (2023). Implementasi Augmented Reality sebagai Media Pendukung Pembelajaran menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Smart Comp Jurnalnya Orang Pintar Komputer, 12(1). https://doi.org/10.30591/smartcomp.v12i1.4340 DOI: https://doi.org/10.30591/smartcomp.v12i1.4340

Putra, A. D., Susanto, M. R. D., & Fernando, Y. (2023). Penerapan MDLC Pada Pembelajaran Aksara Lampung Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Chain Jurnal Komputer dan Teknologi, 1(2), 32-43.

Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi pendidikan menyongsong masa depan indonesia di era society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi/article/view/1395

Resistance, R., Applications, C., & Augmented, U. (2023). Aplikasi perhitungan resistansi resistor menggunakan augmented reality. Journal Name, 5(2), 130-142.

Sungkono, S., Apiati, V., & Santika, S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality. Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 459-470. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.1534 DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.1534

Tirtoni, F. (2020). Internalisasi Model Pendidikan Karakter Melalui Leadership Sosial Preneur Pada Pendidikan Dasar Untuk Menuju Revolusi Industri 4.0 Indonesia Berkemajuan. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/7789 DOI: https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p73-85

Titiana, E. S., Yolandini, B., Wiriyanti, K., & Azizah, N. (2019). Guru transformers: pembaharu media pembelajaran di sekolah dasar era revolusi industri 4.0. … Seminar Nasional Pendidikan FKIP.

Togatorop, F., Banjarnahor, D. N., & ... (2022). … Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi di Sekolah Dasar (SD) Swasta HKI 3 Pematangsiantar: Socialization of the Effect of Technology in Education in the Era …. Jurnal …. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jpmi/article/view/232

Triyono, A., & Satria, M. N. D. (2021). Aplikasi Pembelajaran Biologi Tentang Tanaman Berbasis Augmented Reality Untuk Kelas XI. Jurnal Informasi dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(1), 39-53. Retrieved from http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v2i4.1607

Widiyanto, B., Andryana, S., & Sholihati, I. D. (2021). Pengenalan Tujuh Keajaiban Dunia Melalui Augmented Reality Sebagai Edukasi Anak Usia Dini Berbasis Mobile. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, 6(2), 196-204. https://doi.org/10.29100/jipi.v6i2.1959 DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v6i2.1959

Wijaya, T. T., Purnama, A., & Tanuwijaya, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berdasarkan Konsep Tpack pada Materi Garis dan Sudut Menggunakan Hawgent Dynamic Mathematics Software. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3), 205-214. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.205-214

Yang, L., Susanti, W., Hajjah, A., Marlim, Y. N., & Tendra, G. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Edukasi Jurnal Pendidikan, 20(1), 122-136. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3830 DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3830

Downloads

Published

2024-07-22

How to Cite

Tassa, T. J. A., & Hindarto, H. (2024). Augmented Reality Mengubah Pendidikan Dasar: Era Baru Pembelajaran Interaktif. Indonesian Journal of Applied Technology, 1(3), 17. https://doi.org/10.47134/ijat.v1i3.3069

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.