Augmented Reality Mengubah Pendidikan Dasar: Era Baru Pembelajaran Interaktif
DOI:
https://doi.org/10.47134/ijat.v1i3.3069Keywords:
Augmented Reality, Piranti Masukan dan Keluaran, Objek 3 DimensiAbstract
Augmented reality (AR) adalah tampilan real-time langsung atau tidak langsung dari sebuah objek fisik nyata yang ditambahkan ke dunia maya, yang menghasilkan informasi tambahan tentang objek yang ada saat ini. teknologi AR memungkinkan integrasi objek virtual ke dalam dunia fisik, menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan mendalam bagi siswa. Aplikasi bernama AR I/O Hub merupakan teknologi AR sebagai media pembelajaran interaktif di Sekolah Dasar Sidoarjo. Tujuannya adalah dapat membantu siswa memahami konsep-konsep abstrak dengan cara yang lebih konkret dan visual serta meningkatkan minat siswa dalam proses pembelajaran. Pengembangan AR I/O Hub dilakukan dengan menerapkan salah satu tahapan dari MDLC (System Development Life Cycle) dan menggunakan perangkat lunak Unity 3D sebagai platform untuk pembuatan aplikasi. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah C#. Dalam proses konfigurasi, AR I/O Hub memanfaatkan Vuforia sebagai sumber daya untuk menciptakan, menyimpan, dan mengelola data yang diperlukan dalam pengembangan aplikasi Augmented Reality.
References
Abidah, A., Aklima, A., & Razak, A. (2022). Tantangan guru sekolah dasar dalam menghadapi era society 5.0. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/498 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.498
Adlina, N. (2022). Inovasi pembelajaran di masa pandemi covid-19 dengan pendekatan steam di era society 5.0. … : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan. https://www.jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/134 DOI: https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i6.134
Anwar, S., & Marlina, M. (2019). Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Islam Di Indonesia (Zaman Orde Baru Dan Reformasi). Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam. http://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/643 DOI: https://doi.org/10.30599/jpia.v6i2.643
Arifin, B., Handayani, E. S., Yunaspi, D., Erda, R., & ... (2023). Transformasi Bahan Ajar Pendidikan Dasar Ke Arah Digital: Optimalisasi Pembelajaran Pendidikan Sekolah Dasar Di Era Teknologi Cybernetics. Innovative: Journal Of …. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/4746
Hafizhah, Z. (2021). Inovasi Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. osf.io. https://osf.io/preprints/ag4ph/ DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/ag4ph
Hakim, L. (2018). (Dengeng, 2001) menyatakan bahwa pembelajaran merupakan suatu upaya dalam membelajarkan pelajar (peserta didik). Pengertian lain tentang pembelajaran adalah upaya yang dilakukan oleh tenaga pengajar (guru, instruktur) yang bertujuan untuk membantu. Lentera Pendidik, pp. 59-72.
Harahap, A., Sucipto, A., & Jupriyadi, J. (2020). Pemanfaatan Augmented Reality (Ar) Pada Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Elektronika Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi, 1(1), 20-25. https://doi.org/10.33365/jiiti.v1i1.266 DOI: https://doi.org/10.33365/jiiti.v1i1.266
Haryati, L. F., Anar, A. P., & Ghufron, A. (2022). Menjawab tantangan era society 5.0 melalui inovasi Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. … Pendidikan …. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7441
Husein, W. M. (2022). Disrupsi Pendidikan Di Era New Normal Jenjang Pendidikan Dasar. … Pendidikan Dan Konseling (JPDK). http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5449
Ibda, H. (2022). Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Era Digital. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=JaZeEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=mengubah+pendidikan+dasar+era+baru&ots=vgg5-rOk_B&sig=EkFJtP804wYcjsiFVIqElsC5V3A
Isron, H., Masrura, A. F., Aditya P. A., Dermawan, D. A., & Nerisafitra, P. (2020). Cubid Ec : Aplikasi Edukasi Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality. Explor. IT! Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknologi Informasi, 12(1), 29-36. https://doi.org/10.35891/explorit.v12i1.2051 DOI: https://doi.org/10.35891/explorit.v12i1.2051
Liliana, D. Y., Nalawati, R. E., Marcheta, N., Agustin, M., & Huzaifa, M. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Augmented Reality dan Teknologi Mobile sebagai Media Edukasi untuk Sekolah Dasar di Kelurahan Kebon Pedes Bogor. Bhakti Persada, 9(1), 1-9. https://doi.org/10.31940/bp.v9i1.1-9 DOI: https://doi.org/10.31940/bp.v9i1.1-9
Mongilala, M. M., Tulenan, V., & Sugiarso, B. A. (2019). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Satwa Sulawesi Utara Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Teknologi Informasi, 14(4), 465-474.
Mustaqim, M., Dafitri, H., & Dharmawati, D. (2021). Edukasi Digital Pengenalan Bahaya Narkoba Bagi Anak Usia Dini Berbasis 3D Dan Augmented Reality. Djtechno Jurnal Teknologi Informasi, 2(2), 170-176. https://doi.org/10.46576/djtechno.v2i2.1623 DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v2i2.1623
Nauko, Y. S., & Amali, L. N. (2021). Pengenalan Anatomi Tubuh Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Jambura Jurnal Informatics, 3(2), 66-76. https://doi.org/10.37905/jji.v3i2.11720 DOI: https://doi.org/10.37905/jji.v3i2.11720
Nida, A., Ferli, R., & Irwansyah, S. (2021). Pembelajaran di Era Pandemi : Studi Observatif di Desa Jatisari Augmented Reality Sebagai Sarana Alternatif dalam Augmented Reality as an Alternative Tool in Learning in the Era of the Pandemic : Observative Studies in Jatisari Village, Desember.
Pattiasina, P. J., Aswita, D., & ... (2022). Paradigma Baru Pendidikan Karakter Era Inovasi Disrptif dan Implementasi Praktisnya di Era Society 5.0. … Pendidikan …. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6984
Purwanto Hadi, I., & Kurniawan Dwi, S. (2023). Implementasi Augmented Reality sebagai Media Pendukung Pembelajaran menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Smart Comp Jurnalnya Orang Pintar Komputer, 12(1). https://doi.org/10.30591/smartcomp.v12i1.4340 DOI: https://doi.org/10.30591/smartcomp.v12i1.4340
Putra, A. D., Susanto, M. R. D., & Fernando, Y. (2023). Penerapan MDLC Pada Pembelajaran Aksara Lampung Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Chain Jurnal Komputer dan Teknologi, 1(2), 32-43.
Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi pendidikan menyongsong masa depan indonesia di era society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi/article/view/1395
Resistance, R., Applications, C., & Augmented, U. (2023). Aplikasi perhitungan resistansi resistor menggunakan augmented reality. Journal Name, 5(2), 130-142.
Sungkono, S., Apiati, V., & Santika, S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality. Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 459-470. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.1534 DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.1534
Tirtoni, F. (2020). Internalisasi Model Pendidikan Karakter Melalui Leadership Sosial Preneur Pada Pendidikan Dasar Untuk Menuju Revolusi Industri 4.0 Indonesia Berkemajuan. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/7789 DOI: https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p73-85
Titiana, E. S., Yolandini, B., Wiriyanti, K., & Azizah, N. (2019). Guru transformers: pembaharu media pembelajaran di sekolah dasar era revolusi industri 4.0. … Seminar Nasional Pendidikan FKIP.
Togatorop, F., Banjarnahor, D. N., & ... (2022). … Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi di Sekolah Dasar (SD) Swasta HKI 3 Pematangsiantar: Socialization of the Effect of Technology in Education in the Era …. Jurnal …. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jpmi/article/view/232
Triyono, A., & Satria, M. N. D. (2021). Aplikasi Pembelajaran Biologi Tentang Tanaman Berbasis Augmented Reality Untuk Kelas XI. Jurnal Informasi dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(1), 39-53. Retrieved from http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v2i4.1607
Widiyanto, B., Andryana, S., & Sholihati, I. D. (2021). Pengenalan Tujuh Keajaiban Dunia Melalui Augmented Reality Sebagai Edukasi Anak Usia Dini Berbasis Mobile. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, 6(2), 196-204. https://doi.org/10.29100/jipi.v6i2.1959 DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v6i2.1959
Wijaya, T. T., Purnama, A., & Tanuwijaya, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berdasarkan Konsep Tpack pada Materi Garis dan Sudut Menggunakan Hawgent Dynamic Mathematics Software. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3), 205-214. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.205-214
Yang, L., Susanti, W., Hajjah, A., Marlim, Y. N., & Tendra, G. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Edukasi Jurnal Pendidikan, 20(1), 122-136. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3830 DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3830
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tara Januar Abwina Tassa, Hindarto Hindarto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.