Peran Bahasa Indonesia Dalam Pengembangan Keterampilan Komunikasi Dan Membaca Di Jurusan Biologi

Authors

  • Angely Agriani Siahaan Universitas Negeri Medan
  • Husniatunnisa Husniatunnisa Universitas Negeri Medan
  • Maya Febrina Sinaga Universitas Negeri Medan
  • Wahyu Hadiyansyah Nasution Universitas Negeri Medan
  • Ika Febriana Universitas Negeri Medan

Keywords:

Bahasa Indonesia, Keterampilan Komunikasi Dan Membaca, Jurusan Biologi

Abstract

Peran Bahasa Indonesia dalam pengembangan keterampilan komunikasi dan membaca di jurusan Biologi .Dalam studi Biologi, terdapat banyak terminologi dan kosakata khusus yang harus dikuasai oleh mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian kualitatif untuk meneliti peran Bahasa Indonesia dalam pengembangan keterampilan komunikasi dan membaca di jurusan Biologi Berdasarkan Penelitian Dalam jurusan Biologi, Bahasa Indonesia memiliki peran yang penting dalam pengembangan keterampilan komunikasi dan membaca.  Bahasa Indonesia digunakan sebagai medium dalam kegiatan presentasi di jurusan Biologi. Mahasiswa perlu memfasilitasi keterampilan presentasi dalam Bahasa Indonesia agar dapat menyampaikan informasi dengan jelas, menggunakan bahasa yang layak dan efektif, serta mampu membangun koneksi dengan pendengar.

References

Tendrita, M., & Sari, A. P. P. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) dipadu RQA berbasis lesson study untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan komunikasi mahasiswa pendidikan biologi universitas negeri malang. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 1-13.

Hamia, H. (2021). Keterampilan komunikasi peserta didik: studi kasus pada pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Sidrap (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Hasnunidah, N. (2013). Pembelajaran biologi dengan strategi argument-driven inquiry dan keterampilan argumentasi peserta didik. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang, 5(1), 1-29.

Permana, F. H. (2015, March). Pengembangan buku ajar biologi berbasis blended learning sebagai bekal hidup di abad 21 untuk mahasiswa S1 Kimia FMIPA UM. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (Vol. 58, pp. 50-61).

Jamilah, S., Antika, L. T., & Haikal, M. (2023). Effect Size Tinggi: Inkuiri Terbimbing dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Komunikasi Lisan. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 73-81.

Hidayat, Y. (2018). Teori Perolehan Dan Perkembangan Bahasa Untuk Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(01), 24-40.

Taher, T. (2023). Analisis keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa introvert dengan pendekatan culturally responsive teaching. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 21-27.

Ibda, H. (2019). Pembelajaran bahasa indonesia berwawasan literasi baru di perguruan tinggi dalam menjawab tantangan era revolusi industri 4.0. Jalabahasa, 15(1), 48-64.

Hasanah, F. (2021). Analisis keterampilan komunikasi ilmiah siswa pada pembelajaran biologi SMA di masa pandemik covid-19 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Khairunnisa, K., Ita, I., & Istiqamah, I. (2020). Keterampilan proses sains (KPS) mahasiswa Tadris Biologi pada mata kuliah biologi umum. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 58-65.

Zubaidah, S. (2018, October). Mengenal 4C: Learning and innovation skills untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. In 2nd Science Education National Conference (Vol. 13, No. 2, pp. 1-18).

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Siahaan, A. A., Husniatunnisa, H., Sinaga, M. F., Nasution, W. H., & Febriana, I. (2023). Peran Bahasa Indonesia Dalam Pengembangan Keterampilan Komunikasi Dan Membaca Di Jurusan Biologi. Jurnal Biologi, 1(3), 1–9. Retrieved from https://journal.pubmedia.id/index.php/biology/article/view/2590

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 

You may also start an advanced similarity search for this article.