Token Economy dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjp.v2i4.4325Keywords:
Token Economy, Modifikasi Perilaku, Positif, Disiplin BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik token economy dalam meningkatkan disiplin belajar siswa sekolah dasar. Latar belakang dari penelitian ini adalah fenomena rendahnya disiplin belajar pada siswa tingkat sekolah dasar, yang dapat berdampak pada kualitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one group pre-test post-test. Partisipan penelitian terdiri dari 27 siswa kelas IV sekolah dasar yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner pre-test dan post-test terkait disiplin belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Intervensi dilakukan melalui penerapan token berupa nilai simbolik sebagai bentuk penguatan positif terhadap perilaku disiplin dalam beberapa sesi. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara skor pre-test dan post-test (p < 0,001), dengan nilai rata-rata meningkat dari 72,96 menjadi 82,78. Meskipun rata-rata peningkatan disiplin masih berada dalam kategori rendah (n-gain = 0,1972), temuan ini membuktikan bahwa token economy efektif dalam meningkatkan perilaku disiplin belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan agar penerapan token economy dilakukan secara berkelanjutan dengan dukungan guru dan orang tua untuk hasil yang lebih optimal.
References
Anwaroti, I., & Humaisi, S. (2020). Meningkatkan Disiplin Belajar Melalui Konsep Diri Siswa. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 1(2), 115–126. https://doi.org/10.21154/asanka.v1i2.2204 DOI: https://doi.org/10.21154/asanka.v1i2.2204
Aprilianti, Heryanto, D., & Mulyasari, E. (2017). Penerapan Teknik Modifikasi Perilaku Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, II(1), 63–75.
Aulia, D., Yuliati, N., & Dienda Saputri, S. W. (2022). Pengaruh Penerapan Teknik Token Ekonomi Terhadap Tingkat Kedisiplinan Siswa. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 104. https://doi.org/10.29210/021585jpgi0005 DOI: https://doi.org/10.29210/021585jpgi0005
Heryanto, D., & Mulyasari, E. (2017). Penerapan Teknik Modifikasi Perilaku Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, II(1), 63–75.
Kulsum, U., & Hakim, Z. A. (2023). Pengaruh Token Ekonomi Terhadap Pengurangan Perilaku Agresif Pada Siswa ADD di TK Inklusi PAS Baitul Qur’an Ponorogo. Wacana, 15(1), 41. https://doi.org/10.20961/wacana.v15i1.63655 DOI: https://doi.org/10.20961/wacana.v15i1.63655
Latipun. (2021). Psikologi Eksperimen (3rd ed.). Universitas Muhammadiyah Malang.
Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 0(0), 745–751.
Maulani, F. A. (2022). Penerapan Sikap Disiplin. CV MEDIA EDUKASI CREATIVE. https://books.google.co.id/books?id=Fc7hEAAAQBAJ
Muriyawati, M., & Rohmah, F. A. (2016). Pengaruh Pemberian Token Ekonomi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(2), 58. https://doi.org/10.26555/jpsd.v2i2.a5535 DOI: https://doi.org/10.26555/jpsd.v2i2.a5535
Noviyanti, M. W., & Wahyuningsih, M. B. R. (2024). Penerapan Token Ekonomi untuk Meningkatkan Kedisiplinan dan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 141–148. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.369 DOI: https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.369
Putra, M. (2023). Efektivitas Teori Konseling Cognitive Behavior Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Kelas X SMA N 2 Singaraja [Universitas Pendidikan Ganesha]. http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15032 DOI: https://doi.org/10.29210/1202322889
Rohmaniar, S., & Krisnani, H. (2019). Penggunaan Metode Token Economy Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Penyandang Tunanetra Demi Meraih Prestasi. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 84. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23124 DOI: https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23124
Siregar, D. M., & Syaputra, E. (2022). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 119–124. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2390 DOI: https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2390
Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel : Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2721–2731. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2657 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2657
Sundari, F., Yunitaningrum, W., Hindasari, F. P., Heatami, M., & Pranata, D. (2024). Pengaruh Senam Aerobik Mix Impact Terhadap VO2Max Pada Unit Pembinaan Prestasi Senam Aerobik di Prodi Pendidikan Jasmani. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 4(3), 167–172. DOI: https://doi.org/10.54297/seduj.v4i3.824
Ulyah, S., & Noviekayatie. (2020). Token Ekonomi Untuk Mengurangi Gejala Perilaku Pada Anak Adhd. Prosiding Seminar& LokakaryaNasional Bimbingan Dan Konseling2020, 408–415.
Zwagery, R. V., & Leza, N. M. (2020). Efektivitas Teknik Token Economy dalam Meningkatkan Perilaku Membuang Sampah pada Tempatnya di SDN Mekar Martapura Timur (The Effectiveness of Token Economy Techniques to Improve The Littering Behavior in SDN Mekar Martapura Timur). Mind Set, 11(2), 129–138. DOI: https://doi.org/10.35814/mindset.v11i02.1477
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Salsabila Putri, Qorik Dewi Nissa Indriyani, Muhammad Naufal Jamaluddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.