Pengaruh Celebrity Worship Terhadap Perilaku Impulsive Buying pada Penggemar Pembeli Merchandise Jaemin NCT Dream

Authors

  • Hana Nurislami Ananda Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Ghea Amalia Arpandy Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Lita Ariani Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2832

Keywords:

Celebrity Worship, Impulsive Buying, Jaemin, K-Pop, NCT Dream

Abstract

Indonesia memiliki penggemar K-Pop dengan persentase 23% yang artinya masyarakat di Indonesia merupakan salah satu penggemar K-Pop terbanyak di dunia. Jaemin merupakan Most Popular Member NCT Dream di Indonesia yang memiliki banyak basis penggemar. Perilaku impulsive buying merupakan kebiasaan pembelian tanpa perencanaan yang dilakukan oleh konsumen secara spontan. Penelitian ini dengan tujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh pada celebrity worship terhadap perilaku impulsive buying. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang menggunakan metode korelasional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 125 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis data taraf signifikansi yaitu P=0,000 (P<0,05) dengan nilai R square 0.222 dan berkorelasi sebesar 0.472 (P < 0,001). Hal ini menunjukkan bahwa celebrity worship memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap impulsive buying pada penggemar pembeli merchandise Jaemin NCT Dream, sehingga dapat diartikan bahwa semakin tinggi celebrity worship maka akan semakin tinggi juga perilaku impulsive buying dan sebaliknya semakin rendah celebrity worship maka akan semakin rendag juga perilaku impulsive buying dan sebaliknya semakin rendah celebrity worship maka akan semakin rendag juga perilaku impulsive buying.

References

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Edisi II. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar

Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi Edisi II. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar

Asrie, N. D., & Misrawati, D. (2020). Celebrity worship dan Impulsive buying pada Penggemar KPOP Idol. Journal of Psychological Perspective, 2(2), 91–100. https://doi.org/10.47679/jopp.022.12200008 DOI: https://doi.org/10.47679/jopp.022.12200008

Aurelia, A. Z., & Oktaviana, M. (2023). Celebrity Worship Dan Impulsive Buying Pada Dewasa Awal Penggemar Bts. Wacana, 15(2), 144. https://doi.org/10.20961/wacana.v15i2.73159 DOI: https://doi.org/10.20961/wacana.v15i2.73159

Azzahra Putri, T., & Mastuti, E. (2024). Hubungan Celebrity Worship dengan Impulsive Buying Pada Remaja Akhir Perempuan Penggemar K-Pop Pengguna Aplikasi X.

Chen, O., Zhao, X., Ding, D., Zhang, Y., Zhou, H., & Liu, R. (2022). Borderline Pathological Celebrity Worship and Impulsive Buying Intent: Mediating and Moderating Roles of Empathy and Gender. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.823478 DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.823478

Dzul Hilmi, L., & Pratika, Y. (2021). Paylater Feature: Impulsive Buying Driver For E-Commerce In Indonesia. Business and Accounting Research (IJEBAR) Peer Reviewed-International Journal, 5. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (2009). Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara

Fataron, Z. A. (2019). Online Impulse Buying Behaviour: Case Study On Users Of Tokopedia. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 1(1), 47–60. https://doi.org/10.21580/jdmhi.2019.1.1.4762 DOI: https://doi.org/10.21580/jdmhi.2019.1.1.4762

Gusliani, S., Widhyastuti, C., & Medal Junjunan, I. (2022). Pengaruh Celebrity Worship Terhadap Impulsive Buying Pada Remaja Akhir Penggemar K-Pop Di Kota Bandung. DOI: https://doi.org/10.37278/insearch.v21i2.560

Herlina, & Widyaningrum, D. (2022). Menakar Kecenderungan Perilaku Impulse Buying Belanja Online Generasi Millenial pada Masa Covid-19. Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR), 1(3), 481–492. https://doi.org/10.55927 DOI: https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i3.605

Kaho, T., Wijaya, R., & Benu, J. M. Y. (2023). Kontribusi Celebrity Worship Terhadap Pembelian Impulsif Pada Remaja Penggemar K-Pop. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(9), 338–343. https://doi.org/10.5281/zenodo.7952560

Lubis, R. P., & Aulia, F. (2024). Pengaruh Celebrity Worship Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Remaja K-Popers. Dalam Jurnal Riset Psikologi (Vol. 7, Nomor 1).

Maltby, J., Day, L., McCutcheon, L. E., Gillett, R., Houran, J., & Ashe, D. D. (2004). Personality and coping: A context for examining celebrity worship and mental health. Dalam British Journal of Psychology (Vol. 95, Nomor 4, hlm. 411–428). https://doi.org/10.1348/0007126042369794 DOI: https://doi.org/10.1348/0007126042369794

Maltby, J., Houran, J., Lange, R., Ashe, D., & Mccutcheon, L. E. (2002). Thou shalt worship no other gods-unless they are celebrities: the relationship between celebrity worship and religious orientation. Dalam Personality and Individual Differences (Vol. 32). www.elsevier.com/locate/paid DOI: https://doi.org/10.1016/S0191-8869(01)00059-9

Marlin Benu, J. Y., Takalapeta, T., & Nabit, Y. (2019). Perilaku Celebrity Worship pada Remaja Perempuan. Dalam Journal of Health and Behavioral Science (Vol. 1, Nomor 1). DOI: https://doi.org/10.35508/jhbs.v1i1.2078

Mccutcheon, L. E., Lange, R., & Houran, J. (2002). Conceptualization and measurement of celebrity worship. www.bps.org.uk DOI: https://doi.org/10.1348/000712602162454

Millenia, C., & Soetjiningsih, C. H. (2023). Celebrity Worship Dan Body Image Pada Remaja Usia 15-18 Tahun Yang Mengidolakan K-Pop. Journal Of Social Science Research, 3, 6670–6678.

Mukaromah, M., Zulva, T., Malida, O., & Oktafia, Y. (2021). Analisis Psikopatologi Kecenderungan Impulsive Buying pada Salah Satu Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Psychopathological Analysis of the Tendency of Impulsive Buying to One of Universitas Negeri Semarang Students). Jurnal Ilmiah Psikologi Mind Set, 12(2), 117–124.

Nafeesa, & Eryanti, N. (2021). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Perilaku Impulsive Buying Pada Remaja Penggemar K-Pop. 21(2), 79–86. https://doi.org/10.31294/jc.v19i2 DOI: https://doi.org/10.31294/jc.v21i2.10319

Paramita, R. W. D. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. www.tajmahal.blogspot.com

Rahmah, R. M., Anggriani, R., & Faerrosa, Lady. (2023). Netnography of The Linkages Between Celebrity Worship and Impulsive Buying on a Treasure Album Product. Alexandria (Journal of Economics, Business, & Entrepreneurship), 4(2), 88–92. https://doi.org/10.29303/alexandria.v4i2.463 DOI: https://doi.org/10.29303/alexandria.v4i2.463

Rook, D. W. (1987). The Buying Impulse. The Journal of Consumer Research, 14, 189–199. DOI: https://doi.org/10.1086/209105

Rook, D. W., & Fisher, R. J. (1995). Normative Influences on Impulsive Buying Behavior. Journal of Consumer Research, 22(3), 305. https://doi.org/10.1086/209452 DOI: https://doi.org/10.1086/209452

Sanjaya, R., & Rahmasari, D. (2022). Kontrol Diri Kpopers yang Mengalami Celebrity Worship Syndrome Self-Control of Kpopers Experiencing Celebrity Worship Syndrome. 10(01), 409–426.

Sari, E. A. (2014). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Spontan: Vol. XIII (Nomor 1).

Shim, D. (2006). Hybridity and the rise of Korean popular culture in Asia. Dalam Media, Culture and Society (Vol. 28, Nomor 1). https://doi.org/10.1177/0163443706059278 DOI: https://doi.org/10.1177/0163443706059278

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.

Ulya, N. A., Noviekayati, I., & Ananta, A. (2022). Perilaku Pembelian Impulsif Merchandise K-Pop Pada Remaja Wanita Komunitas Stay Ditinjau Dari Gaya Hidup. DOI: https://doi.org/10.22441/biopsikososial.v6i2.16119

Valenciana, C., & Pudjibudojo, J. K. K. (2022). Korean Wave; Fenomena Budaya Pop Korea pada Remaja Milenial di Indonesia. Jurnal Diversita, 8(2), 205–214. https://doi.org/10.31289/diversita.v8i2.6989 DOI: https://doi.org/10.31289/diversita.v8i2.6989

Veronica, M., Paramita, S., Savitri, L., & Utami, S. (2018). Eksploitasi Loyalitas Penggemar Dalam Pembelian Album K-Pop. http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp- DOI: https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3920

Verplanken, B., & Herabadi, A. (2001). Individual differences in impulse buying tendency: Feeling and no thinking. European Journal of Personality, 15(1 SUPPL.). https://doi.org/10.1002/per.423 DOI: https://doi.org/10.1002/per.423

Yenti, N., Syamsir, Mairiza, N., Anggraini, N., Febriani, E., & Fadilla, P. (2022). Dampak Budaya Korea Pop (K-Pop) Terhadap Tingkat Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 176–191. DOI: https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.4941

Zaylendra, A. D., Subagio, D. P. W., & Pudyaningsih, A. R. (2024). The Role of Brand Attractiveness on Impulse Buying with Celebrity Worship as A Mediation Variable on Purchase of Official Merch BTS in East Java. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v9i4.15105 DOI: https://doi.org/10.18502/kss.v9i4.15105

Zhang, M., & Shi, G. (2022). Consumers’ Impulsive Buying Behavior in Online Shopping Based on the Influence of Social Presence. Computational Intelligence and Neuroscience, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/6794729 DOI: https://doi.org/10.1155/2022/6794729

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Ananda, H. N., Arpandy, G. A., & Ariani, L. (2024). Pengaruh Celebrity Worship Terhadap Perilaku Impulsive Buying pada Penggemar Pembeli Merchandise Jaemin NCT Dream. Jurnal Psikologi, 1(4), 17. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2832

Issue

Section

Articles