Interaksi Parasosial pada Penggemar K-Pop di Kalimantan Selatan
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2821Keywords:
Interaksi Parasosial, Penggemar K-PopAbstract
Persebaran K-Pop di Indonesia tidak lepas dari peranan media sosial yang saat ini sangat mudah diakses bagi setiap orang. Penggemar dapat dengan mudah mendapatkan informasi pribadi dan berinteraksi dengan idolanya melalui unggahan di media sosial menumbuhkan rasa mengenal idolanya dengan dekat. Rasa mengenal yang dimiliki penggemar kepada idolanya ini menimbulkan sebuah pemikiran memiliki hubungan sepihak dengan idolanya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran interaksi parasosial pada penggemar K-Pop di Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penggambilan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Subjek dalam penelitian terdiari dari dua orang dengan kriteria penggemar K-pop yang melakukan interaksi parasosial. Bentuk perilaku subjek yang ditemukan adalah task attraction, identification attraction, dan romantic attraction. Dari ketiga bentuk perilaku tersebut, romantic attraction merupakan bentuk perilaku yang paling sering muncul di kedua subjek.
References
Agitashera, D. (2021). Interaksi Parasosial Idol Group K-Pop Enhypen. 88–98.
Alisya, V., Nurhayati, S., & Boer, R. F. (2023). Study Of Parasocial Interaction Between Bangtan Boys (Bts) And Army In Indonesia : The Meaning Of One-Way Closeness Between Fans And Idols. 2(5), 401–414.
Anissela, E. (2021). Hubungan Antara Tingkat Kesepian Dengan Parasocial Relationship Pada Remaja Penggemar K-Pop Di Komunitas Army Purwokerto. Doctoral Dissertation, Iain Purwokerto, 3(1), 92–114.
Ariffani, A., Nopriyanti, I., & Wulandari, S. D. (2021). Analyzing Main And Subordinate Clauses In The Weverse Magazine. Mimesis, 2(2), 131. https://doi.org/10.12928/mms.v2i2.4257
Chung, S., & Cho, H. (2014). Parasocial Relationship Via Reality Tv And Social Media. 47–54. https://doi.org/10.1145/2602299.2602306
Darfianti, D., & Putra, B. A. (2012). Pemujaan Terhadap Idola Pop Sebagai Dasar Intimate Relationship Pada Dewasa Awal
Dewi, D. P. K. S., & Indrawati, K. R. (2019). Gambaran Celebrity Worship Pada Penggemar K-Pop Usia Dewasa Awal Di Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 6(02), 291. https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i02.p08
Esa Perdana, K. (2023). A Descriptive Analysis Of Parasocial Interactions Of Korean-Pop Fans On Indonesian Social Media. Indonesian Journal Of Contemporary Multidisciplinary Research, 2(5), 859–872. https://doi.org/10.55927/modern.v2i5.5523
Fella, S., & Sair, A. (2021). “Menjadi Korea”: Melihat Cara, Bentuk Dan Makna Budaya Pop Karea Bagi Remaja Di Surabaya. Journal Of Urban Sociology, 3(2), 7. https://doi.org/10.30742/jus.v3i2.1232
Fitrianingsih, H., Kusuma, R. S., Komunikasi, P. I., & Ilmu, F. (n.d.). No Title. 1–21.
Hartmann, T., & Goldhoorn, C. (2011). Horton And Wohl Revisited: Exploring Viewers’ Experience Of Parasocial Interaction. Journal Of Communication, 61(6), 1104–1121. https://doi.org/10.1111/j.1460-2466.2011.01595.x
Horton, D., & Richard Wohl, R. (1956). Mass Communication And Para-Social Interaction. Psychiatry, 19(3), 215–229. https://doi.org/10.1080/00332747.1956.11023049
Jannah, R. (2022). Karakter Religius Dalam Budaya Kelahiran Masyarakat Banjar Kalimantan Selatan. Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 4(1), 1. https://doi.org/10.18592/msr.v4i1.6557
Kristya, G. M., & Sarwono, R. B. (2024). Hiperrealitas Dalam Interaksi Parasosial Pada Mahasiswa Penggemar K-Pop Di Yogyakarta (Studi Fenomenologi). Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 3(2), 1–8.
Paramita, S. (n.d.). Makna Idola Dalam Pandangan Penggemar ( Studi Komparasi Interaksi Parasosial Fanboy Dan Fangirl Army Terhadap Bts ). 393–400.
Rubin, R. B., Mchugh, M. P., Rubin, R. B., & Mchugh, M. P. (2009). Development Of Parasocial Interaction Relationships Development Of Parasocial Interaction Relationships. 8151(May). https://doi.org/10.1080/08838158709386664
Sadasri, L. M. (2022). Parasocial Relationship Dengan Selebritas (Studi Kualitatif Pada Praktik Penggunaan Fandom Applications). Jurnal Studi Pemuda, 10(2), 147. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.70269
Sari, M. P., Purwanti, S., & Nurliah, N. (2022). Efek Hubungan Parasosial Penggemar Korean Pop Di Media Sosial Twitter (Studi Deskriptif Pada Fandom Exo-L Samarinda). Mediakom, 5(2), 145–164. https://doi.org/10.32528/mdk.v5i2.7876
Sitasari, N. W., Rozali, Y. A., Arumsari, A. D., & Setyawan, D. (2019). Self-Esteem And Celebrity Worship In Social Network Bollywood Mania Club Indonesia Members In Jakarta. https://doi.org/10.4108/eai.13-2-2019.2285982
Sokolova, K., & Kefi, H. (2022). Journal Of Retailing And Consumer Services Instagram And Youtube Bloggers Promote It, Why Should I Buy ? How Credibility And Parasocial Interaction Influence Purchase Intentions. Journal Of Retailing And Consumer Services, January 2019, 101742. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.01.011
Stever, G. (2013). Mediated Vs. Parasocial Relationships: An Attachment Perspective. Journal Of Media Psychology, 17(3, Winter). http://www.calstatela.edu/faculty/sfischo/steverparasocial_final2013.docx
Studi Kasus. Jurnal Psikologi Kepribadian Dan Sosial, 1(2), 53–60. Retrieved from file:///C:/Users/User/Downloads/Dita%20&%20Bagus.pdf
Wahdini, M., Ariyadi, A., & Abdillah, M. T. (2022). Pandemi Covid-19 Dan Ekspresi Beragama: Studi Pelaksanaan Majelis Taklim Di Kota Banjarmasin. The Sociology Of Islam, 5(1), 36–53. https://doi.org/10.15642/jsi.2022.5.1.36-53
Wardani, E. P., & Kusuma, R. S. (2021). Interaksi Parasosial Penggemar K-Pop Di Media Sosial (Studi Kualitatif Pada Fandom Army Di Twitter). Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 7(2), 243.
https://doi.org/10.30813/bricolage.v7i2.2755
Zhang, Y. (2022). A Study On The Para-Social Interaction Between Idols And Fans In Virtual Applications. Proceedings Of The 2021 International Conference On Social Development And Media Communication (Sdmc 2021), 631(Sdmc 2021), 1118–1124. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220105.205