Efektivitas Social Skill Training (SST) untuk Mereduksi Intensitas Perilaku Bullying pada Siswa SMP Qur’an Ar-Raudloh Singosari

Authors

  • Eryko Aditya Putra Pratama Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim image/svg+xml
  • Nadita Al Qayyum Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim image/svg+xml
  • Muhammad Jamaluddin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjp.v2i4.4332

Keywords:

Bullying, Social Skill Training, Modifikasi Perilaku

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas Social Skill Training (SST) dalam mereduksi intensitas perilaku bullying pada siswa SMP berbasis Islam. Latar belakang penelitian ini berangkat dari tingginya angka bullying di sekolah, termasuk pada lembaga pendidikan Islam yang seharusnya menjunjung nilai-nilai toleransi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen non-equivalent control group . Subjek terdiri dari empat siswa yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang mendapatkan intervensi SST dan kelompok kontrol yang hanya memperoleh psikoedukasi. Instrumen utama yang digunakan adalah Adolescent Peer Relations Instrument (APRI), didukung observasi perilaku selama fase baseline, intervensi, dan follow-up. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penurunan signifikan skor perilaku bullying pada kelompok eksperimen baik secara observasional maupun berdasarkan skor APRI, dengan nilai signifikansi sebesar 0,040 (p < 0,05). Sebaliknya, kelompok kontrol hanya mengalami penurunan yang tidak signifikan. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa SST efektif dalam menurunkan perilaku bullying. Penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan keterampilan sosial  dapat menjadi strategi yang tepat dalam membentuk perilaku sosial yang positif. Keterbatasan dalam penelitian ini mencakup jumlah sampel yang kecil dan keterbatasan waktu pelaksanaan. Oleh karena itu, disarankan penelitian lanjutan dengan partisipan yang lebih banyak dan pendekatan sistematik yang melibatkan lingkungan sosial siswa secara lebih luas.

References

Amran, S. R., & Widayat, I. W. (2020). Pengaruh Behavioral Social Skill Training Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Anak Disabilitas Intelektual Ringan. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 9(1), 74. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v9i1.3510

Ardyanti, Y., Saefurridjal, A., & Mirza, I. (2025). Integrasi Nilai Akhlak dalam Pendidikan Islam sebagai Solusi Efektif Mencegah Bullying di Kalangan Pelajar. Jurnal Educatio, 11(2), 298–303. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12721

Arseneault, L. (2018). Annual Research Review: The persistent and pervasive impact of being bullied in childhood and adolescence: implications for policy and practice. Journal of Child Psychology and Psychiatry and Allied Disciplines, 59(4), 405–421. https://doi.org/10.1111/jcpp.12841

Bjereld, Y., Augustine, L., & Thornberg, R. (2020). Children and Youth Services Review Measuring the prevalence of peer bullying victimization : Review of studies from Sweden during 1993 – 2017. Children and Youth Services Review, 119, Article 105528. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105528

Falla, D., Ortega-Ruiz, R., Runions, K., & Romera, E. M. (2022). Why do Victims become Perpetrators of Peer Bullying? Moral Disengagement in the Cycle of Violence. Youth and Society, 54(3), 397–418. https://doi.org/10.1177/0044118X20973702

Febriansyah, D. R., & Yuningsih, Y. (2024). Fenomena Perilaku Bullying Sebagai Bentuk Kenakalan Remaja DI SMK-TI PEMBANGUNAN CIMAHI. Lindayasos: Jurnal Ilmiah Perlindungan Dan Pemberdayaan Sosial, 6(1), 26–33. https://doi.org/https://doi.org/10.31595/lindayasos.v6i1.1177

Fitronella, K. D., & Dasalinda, D. (2024). Tingkat Pemahaman Siswa Terhadap Bullying pada Siswa Kelas X SMA Negeri 96 Jakarta. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 6(2), 1876–1889. https://doi.org/10.47467/as.v6i2.6734

Hamburger, M. E., Basile, K. C., & Vivolo, A. M. (2011). Measuring bullying victimization, perpetration, and bystander experiences: A compendium of assessment tools. In School Bullying and Aggression: Assessment Tools.

Hardhiyanti, R. S., Pandjaitan, L. N., & Arya, L. (2020). Efektivitas Social Skills Training ( SST ) untuk Mereduksi Intensitas Bullying pada Remaja. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 9(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v11i4.8834

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Hikmat, R., Suryani, S., Yosep, I., & Jeharsae, R. (2024). Empathy’s Crucial Role: Unraveling Impact on Students Bullying Behavior - A Scoping Review. Journal of Multidisciplinary Healthcare, 17(July), 3483–3495. https://doi.org/10.2147/JMDH.S469921

Karyanti, & Aminudin. (2019). Cyberbullying & Body Shaming (Ngalimun, Ed.; 1st ed.). Penerbit K-Media.

Kawabata, Y., Alink, L. R. A., Tseng, W. L., van Ijzendoorn, M. H., & Crick, N. R. (2011). Maternal and paternal parenting styles associated with relational aggression in children and adolescents: A conceptual analysis and meta-analytic review. Developmental Review, 31(4), 240–278. https://doi.org/10.1016/j.dr.2011.08.001

Kõiv, K. (2012). Social Skills Training as a Mean of Improving Intervention for Bullies and Victims. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 45, 239–246. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.560

Marlina, L., Sugiarti, R., & Erlangga, E. (2024). Studi Literature Review : Perilaku Bullying terhadap Teman Sebaya pada Remaja di Sekolah Universitas Semarang , Indonesia. Jurnal Sosial Dan Sains (SOSAINS), 4(12), 1320–1331.

Mubin, A. (2018). Sistem Pendidikan Yang Islami Yang Sesuai Dengan Nilai-Nilai Yang Bersifat Transendental. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 47–56. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.1.47-56

Munawir, M., Bariansyah, A. A., & Permana, A. C. (2024). Peran Pendidikan Islam Pada Siswa Sd/Mi Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Dan Kebersamaan. Jurnal Al-Qayyimah, 7(1), 15–26. https://doi.org/10.30863/aqym.v7i1.6203

Ningrum, S. D., & Soeharto, T. N. E. D. (2015). Hubungan Pola Asuh Otoriter Orang Tua Dengan Bullying Di Sekolah Pada Siswa Smp. Jurnal Indigenous, 13(1), 29–38. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/indigenous.v13i1.2318

Noya, A., & Kiriwenno, E. (2024). Sosialisasi Pencegahan Perundungan Dalam Upaya Mewujudkan Sekolah Ramah Anak. Jurnal Abdi Insani, 11(1), 294–305. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i1.1337

Nursapitri, M., & Sahrul, M. (2024). Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Berhadapan Dengan Hukum (ABH) Pada Program Vokasional Di Sentra Handayani. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 2(2), 24–38. https://doi.org/10.47861/tuturan.v2i2.915

Parada, R. H., Yeung, A. S., Craven, R. G., Finger, L. R., & Newey, K. (2011). Adolescent Peer Relations Instrument: Assessment of its Reliability and Construct Validity when used with Upper Primary Students Sieving the essential ingredients to an effective science education View project Seeding Success study View project. American Psychiatric Association, 1–9. https://www.researchgate.net/publication/314361513

Rifandi, M. M. A. (2024). Perilaku Bullying Pada Siswa Sma N 2 Kendal. MEDI KONS: Jurnal Prodi Bimbingan Dan Konseling UNISRI Surakarta, 9(2), 81–90. https://doi.org/10.33061/jm.v9i2.8158

Seftyani, S. S., Widyaningsih, O., & Ulfa, M. (2020). Hubungan Perilaku Bullying dengan Sikap Interaksi Sosial Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 271–280. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/500

Shetgiri, R. (2014). Bullying and Victimization Among Children Rashmi. NIH Public Access, 60(1), 33–51. https://doi.org/10.1016/j.yapd.2013.04.004.Bullying

Sjögren, B., Bjereld, Y., Thornberg, R., Hong, J. S., & Espelage, D. L. (2024). Prevalence Rates of Bullying: A Comparison Between a Definition-Based Scale and a Behavior-Based Scale. Journal of Interpersonal Violence, 40(7–8), 1530–1552. https://doi.org/10.1177/08862605241262216

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta Bandung (1st ed.). Alfabeta. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1

Supriatna, E., Hanurawan, F., Eva, N., Rahmawati, H., & Yusuf, H. (2024). Analyzing Factors Affecting Social Skills Development Among Students in Indonesian Schools. Islamic Guidance and Counseling Journal, 7(1). https://doi.org/10.25217/0020247447100

Thornberg, R. (2023). Longitudinal link between moral disengagement and bullying among children and adolescents : A systematic review systematic review. European Journal of Developmental Psychology, 20(6), 1099–1129. https://doi.org/10.1080/17405629.2023.2191945

Downloads

Published

2025-06-26

How to Cite

Pratama, E., Al Qayyum, N., & Jamaluddin, M. (2025). Efektivitas Social Skill Training (SST) untuk Mereduksi Intensitas Perilaku Bullying pada Siswa SMP Qur’an Ar-Raudloh Singosari. Jurnal Psikologi, 2(4), 15. https://doi.org/10.47134/pjp.v2i4.4332

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.