Efektivitas Modifikasi Perilaku Dengan Teknik Token Ekonomi Dalam Mengurangi Penggunaan Handphone Berlebih Pada Anak
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjp.v2i4.4228Keywords:
Token Ekonomi, Modifikasi Perilaku, HandphoneAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif metode ekonomi token dalam mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan anak-anak usia sekolah dasar untuk menggunakan ponsel. Metode yang digunakan adalah desain eksperimen kasus tunggal (single-case experimental design), yang menggunakan model A–B. Eksperimen ini mencakup fase baseline selama tujuh hari dan fase intervensi selama dua minggu. Pada tahap intervensi, subjek diberi token sebagai penguatan positif setiap kali berhasil mengurangi penggunaan ponsel dan menggantinya dengan aktivitas yang lebih sesuai, seperti membaca, menggambar, atau membantu orang tua. Data yang dikumpulkan menunjukkan bahwa sebelum intervensi, penggunaan handphone rata-rata adalah 6 jam 52 menit per hari. Setelah intervensi diterapkan, ini turun menjadi 5 jam 38 menit per hari, dengan penurunan total 8 jam 41 menit per minggu. Selain penurunan ini, ada peningkatan keterlibatan dalam aktivitas non-digital dan perubahan dalam refleksi emosi. Seiring dengan pemberian token yang konsisten, subjek juga menunjukkan peningkatan kontrol diri terhadap penggunaan gawai. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa teknik token economy efektif dalam membentuk perilaku baru yang lebih sehat secara digital. Intervensi ini dapat menjadi strategi praktis bagi guru, konselor, dan orang tua dalam menangani kecanduan gawai pada anak dengan pendekatan yang terstruktur dan mudah diterapkan di lingkungan pendidikan maupun rumah.
References
Adi, H. P. (2024). Efektivitas Pembayaran Digital untuk Program Anak [Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/54034/19423183.pdf?sequence=1
Agustina, P., & Mukarromah, T. T. (2021). Efektifitas Teknik Modifikasi Perilaku Token Ekonomi Terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. JURNAL CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaftif), 4(3), 2714–4107.
Atika, A., Hastiani, M. P., & Hendrik, M. P. (2023). Modifikasi Perilaku dalam Membentuk Pribadi Ideal Anak. Google Books. https://books.google.com/books?id=7RfkEAAAQBAJ
Buulolo, A. H. (2024). Dampak Gadget pada Anak Usia Dini di Desa Eho Hilisimaetano. Counseling for All. https://mail.jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Counseling/article/download/1560/1100
Girsang, L. R. (2020). Pusaran komunikasi di tengah badai covid-19. In Covid 19 (Vol. 19, Issue February 2023).
Gultom, A. A. (2024). Psikologi Teknologi: Gadget dan Kesehatan Anak. Circle Archive. http://www.circle-archive.com/index.php/carc/article/download/162/161
Humairoh, R. (2016). Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Tahap Perkembangan Anak Usia Sekolah Dengan Masalah Gangguan Proses Keluarga Di Wilayah Pekuncen. 1–23.
Idris, F., Sinring, A., & Pandang, A. (2022). Penanganan Perilaku Kecanduan Penggunaan Aplikasi Tiktok (Studi Kasus Pada Satu Mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar). Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2, 1–11.
Juniantoro, S. (2021). Literasi Digital dalam Pendidikan Abad 21: Gadget & Anak Sekolah. Google Books. https://books.google.com/books?id=lO1VEAAAQBAJ
Kartikaningrum, D. M., Handayani, A., & Rakhmawati, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Siswa Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6722–6731. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/9024
Khairunisa, H. (n.d.). Mekanisme Pembentukan Kebiasaan Baik dalam Perspektif Psikologi Behavioral. 1–10.
Latuheru, G., & Meiyutariningsih, T. (2020). Application of Token Economy to Reduce Gadget Addiction in Children. ICECRS UMSIDA. https://icecrs.umsida.ac.id/index.php/icecrs/article/view/458
Lestari, D. (2022). Token Economy Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Santri di TPQ Al-Hikmah Ngombakan. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Mardotillah, I. (2019). Teknik Aversi dalam Menangani Remaja Pecandu Game Online. UIN Banten.
Mareta, A. M. (2020). Penerapan Teknik Modifikasi Perilaku Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak Selama “Stay At Home.” Alfuad: Jurnal Sosial Keagamaan, 4(1), 56. https://doi.org/10.31958/jsk.v4i1.2159
Mayanti, D. (2019). Pengaruh Teknik Extinction Terhadap Penggunaan Online Game Berlebihan [Universitas Raden Intan]. https://repository.radenintan.ac.id/8517/1/SKRIPSI DESI MAYANTI.pdf
Musalmah, I., Pabela, T., Kurniawan, A., Elvika, R. R., & Taslim, F. (2024). My Kid Spends Much Time On Tiktok : Efektivitas Modifikasi Perilaku Dengan Token Ekonomi Dalam. 17(2), 402–414.
Nikma, N. H., Bahri, S., & Siswanto, S. (2023). Dampak Era Disruptif dan Gadget pada Siswa SMP [IAIN Curup]. http://e-theses.iaincurup.ac.id/3870/1/UPAYA KEPALA SEKOLAH MENGHADAPI DAMPAK NEGATIF ERA DISRUPTIF.pdf
Nofalia, I., Saswati, N., & Wibowo, S. A. (2023). Terapi Keperawatan Jiwa dengan Token Economy. ITSKES Indragiri. https://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/6662/3/Similarity.pdf
Pranoto, Y. K. S. (2022). Dinamika Emosi Anak Usia Dini: Kajian Pembelajaran Jarak Jauh. Google Books. https://books.google.com/books?id=-aB1EAAAQBAJ
Putri, R. A., & Sanyata, S. (2023). Group Counseling untuk Mengurangi Nomophobia. IJHESS. https://www.ijhess.com/index.php/ijhess/article/download/434/411
Rahmat, P. (2020). Efektivitas Behavior Contract dan Token Economy dalam Menurunkan Penggunaan Smartphone [Universitas Raden Intan]. http://repository.radenintan.ac.id/11809/1/SKRIPSI RAHMAT RAMDANI BAB 2 DAPUS.pdf
Rojanah, Sayekti, S., & Redjeki, S. (2024). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Token Economy Dalam Menurunkan Kecanduan Game Online Siswa Kelas VIII A SMP Kesatrian 2 Semarang. Emphaty Cons: Journal of Guidance and Counseling, 6(1), 14–21. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp
Shofiyah, S., Lahi, B., & Tahir, M. Z. (2020). Perilaku Membaca Siswa Sma Negeri 1 Takalar. Jurnal Ilmiah Pranata Edu, 1(2), 96–104. https://doi.org/10.36090/jipe.v1i2.604
Syifa, A. (2020). Intensitas Penggunaan Smartphone dan Perilaku Phubbing Mahasiswa. Counsellia. https://core.ac.uk/download/pdf/327261620.pdf
Windasari, M. F. M. (2022). Efektivitas PBL dan Time Token terhadap Kemandirian Belajar Siswa [Universitas PGRI Semarang]. https://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2760/1/Margaretha Fiorentina Mega Windasari 16320060.pdf
Wuryaningsih, E., & Windarwati, H. D. (2020). Keperawatan Kesehatan Jiwa I: Adiksi Gadget dan Remaja. Universitas Jember. https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/96946/F. Kep_Buku_Emi Wuri W_KEPERAWATAN KESEHATAN Jiwa 1.pdf
Zalsabilla, F. (2023). Konseling Individual Dengan Teknik Self Management Pada Mahasiswa Di Komunitas Uinrms E-Sports Yang Kecanduan Game Valorant. 1–23.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Auralif Ristianta Dewa, Hanif Ridho Roshidin, Muhammad Jamaluddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.