Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Token Ekonomi Pada Santri di Pondok Pesantren Singosari
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjp.v2i4.4330Keywords:
Motivasi belajar, Pondok Pesatren, Token EkonomiAbstract
Penelitian ini menguji efektivitas token ekonomi dalam meningkatkan motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Singosari. Menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest, sebanyak 14 santri dengan motivasi sedang dijadikan sampel. Hasil menunjukkan peningkatan skor motivasi dari 51,79 menjadi 58,21 setelah intervensi, dengan signifikansi 0,001. Temuan ini membuktikan bahwa token ekonomi efektif sebagai penguatan eksternal dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengeksplorasi dampak jangka panjang dan menggabungkan token ekonomi dengan strategi peningkatan motivasi intrinsik.
References
Ahadi, G. D., & Zain, N. N. L. E. (2023). Pemeriksaan Uji Kenormalan dengan Kolmogorov-Smirnov, Anderson-Darling dan Shapiro-Wilk. Eigen Mathematics Journal, 6(1), 11–19. https://doi.org/10.29303/emj.v6i1.131
Akbar, R., Siroj, R. A., Win Afgani, M., & Weriana. (2023). Experimental Reseacrch Dalam Metodologi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(Vol 9 No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan), 465–474. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/3165
Antoni, A. (2024). Implementasi Teori Operant Conditioning B.F. Skinner Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 5(1), 181–191. https://doi.org/10.31943/counselia.v5i1.84
Ariani, N. A. N., & Aflahani, A. P. E. (2021). Meningkatkan Disiplin Waktu AUD melalui Teknik Modifikasi Perilaku Token Economic dengan Pemberian Kupon. Jurnal Lentera Anak, 2(2), 1–20.
Devita, Y., & Mulyadi, R. (2019). Efektivitas Terapi Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Kepatuhan Mengerjakan Tugas Pada Anak Tahap Usia Sekolah. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 3(1), 51–56. https://doi.org/10.36341/jka.v3i1.603
Didi Riyadi, & Yohandi. (2023). Efektivitas Token Economy Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Menjaga Kebersihan. Maddah : Jurnal Komunikasi Dan Konseling Islam, 5(1), 53–64. https://doi.org/10.35316/maddah.v5i1.2699
Ferawati, F. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Metode Permainan Sepur Lirih Informasi pada Siswa Sekolah Dasar. JIMU: Jurnal Ilmiah Multidisipliner, 1(01), 113–117.
Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha S, I. D. K. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156–159. https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46
Hamzah, H. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya: analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=lOqoEAAAQBAJ
Indah, S. (2018). Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen Dalam Penguasaan Keterampilan Berbicara (Speaking) Bahasa Inggris. Jurnal Manajemen Tools, 9 No.1(https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/issue/view/28), 44. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/191/173
Meitasari, N., Nur, A., & Nisa, S. (2022). Pengaruh Metode Token Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas Viii Mts Nu 01 Tarub Tegal Tahun Ajaran 2021/2022. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 4(2), 159–169. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/sosiolium/article/view/57525
Munawarah, B. S., Witono, A. H., & Jiwandono, I. S. (2023). Analisis Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ppkn Kelas V Sdn 20 Cakranegara. Progres Pendidikan, 4(3), 143–153. https://doi.org/10.29303/prospek.v4i3.366
Muriyawati, M., & Rohmah, F. A. (2016). Pengaruh Pemberian Token Ekonomi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(2), 58. https://doi.org/10.26555/jpsd.v2i2.a5535
Norkhalisah, N., Mirnawati, M., & Adhim, F. (2024). Efektivitas Teknik Token Ekonomi untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak ADHD. Journal of Disability Studies in Education and Sport, 1(1), 10–18.
Noviyanti, M. W., & Wahyuningsih, M. B. R. (2024). Penerapan Token Ekonomi untuk Meningkatkan Kedisiplinan dan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 141–148. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.369
Prima, E., & Lestari, P. I. (2017). Implementasi Token Economy Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Media Edukasi, 1(2), 47–55. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jmk/article/view/301
Ramdani, L. A. (2022). Token Ekonomi: Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Motivasi Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 448–455.
Sari, Y. N., Achmad, F., Jariah, N., & Kusumawati, K. (2025). Modifikasi Perilaku Temper Tantrum Dengan Teknik Time Out Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 7(1), 76–86.
Senen, A. (2024). Penggunaan “ Metode Token Ekonomi ” untuk Meningkatkan Motivasi dan Kedisiplinan Siswa Kelas III. 8(6), 2073–2086. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6400
Sinaga, E. R. L., Sinabariba, Y. E., & Simbolon, N. T. (2022). Pembinaan Pembelajaran Matematika dan Bahasa Inggris Anak-Anak Usia SD di Sekolah SD Negeri 024868 Binjai Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(4), 153–160. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i4.834
Sinambela, J. L., & Sinaga, J. (2024). Jurnal Ilmiah Mutiara Pendidikan. Jimad: Juranla Ilmiah Mutiara Pendidikan, 2(1), 31–43.
Sinuhaji, B. C., Dharsana, I. K., & Suarni, N. K. (2023). Pengaruh Konseling Behavioral Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 4 Singaraja [Universitas Pendidikan Ganesha]. In Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia (Vol. 9, Issue 1). https://doi.org/10.29210/1202323017
Suharni, S. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198
Utami, F. T., Mulyono, H., & Wahyuningsih, S. (2019). Penanaman Tanggung Jawab Melalui Metode Token Economy Pada Anak Usia 5- 6 Tahun. Kumara Cendekia, 7(2), 151. https://doi.org/10.20961/kc.v7i2.36381
Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Naufal Nail, Muhammad Jamaluddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.