Peran Guru Dalam Menghadapi Siswa Autism Di SLB C dan C1 Yakut Purwokerto

Authors

  • Ershandy Halif Firmansyah UIN Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjp.v2i4.4470

Keywords:

Autisme, Peran Guru, Pendidikan Inklusif, Strategi Pembelajaran, SLB

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam menghadapi siswa dengan gangguan spektrum autisme (GSA) di SLB C dan C1 Yakut Purwokerto. Anak dengan autisme memerlukan pendekatan khusus karena memiliki kesulitan dalam komunikasi, interaksi sosial, serta perilaku adaptif. Dalam konteks pendidikan luar biasa, guru berperan penting dalam menciptakan suasana belajar yang inklusif dan responsif terhadap kebutuhan individu siswa autis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek para guru yang secara langsung menangani siswa autis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SLB C dan C1 Yakut tidak hanya bertindak sebagai pengajar, tetapi juga sebagai fasilitator pembelajaran, mediator sosial, dan penghubung antara sekolah, keluarga, dan tenaga profesional seperti terapis. Strategi pembelajaran yang diterapkan mencakup penggunaan metode visual, komunikasi non-verbal, penyusunan Rencana Pendidikan Individual (RPI), serta pemanfaatan teknologi bantu. Guru juga membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan sosial, kemandirian, dan perilaku positif. Salah satu guru bahkan berhasil membimbing siswa autis hingga meraih juara 3 dalam ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), menunjukkan bahwa dengan pendekatan yang tepat, anak autis dapat berprestasi di tingkat nasional. Penelitian ini menegaskan pentingnya dedikasi, empati, dan profesionalisme guru dalam mendukung perkembangan optimal siswa autis serta menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif.

References

Alim, U. N., Hamidah, N. F., & Sahabuddin, E. S. (2025). Strategi Guru Dalam Efektifitas Pembelajaran Siswa Autis (Studi Kasus Di Slb Arnadya Makassar). Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 3(1), 13-21.

Apriliyani, Y., Rahmadika, D., Wifda, S., & Hijriati, H. (2024). Peran Guru Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Autis Usia Dini di SLB TNCC Banda Aceh. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 125-132.

Azzahra, O. D. A., Wardany, O. F., & Herlina, H. (2025). Masalah Perilaku dan Strategi Guru dalam Memodifikasi Perilaku Anak Autis di SLB X Bandar Lampung. Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa, 10(1), 1-11.

Delfianti, S., Ayuni, K., Rizki, A., & Hijriati, H. (2024). Analisis Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus: Autisme Di Flexi School Banda Aceh. Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 5(2), 97-106.

Dewi, W. K. M., & Arnawa, I. P. G. B. (2023). Peranan Guru Kelas Dalam Pembelajaran Inklusif Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(4), 581-594.

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S. R. I., Honesti, L., Wahyuni, S. R. I., Mouw, E., ... & Ambarwati, K. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March). Surabaya: PT. Pustaka Pelajar. https://scholar. google. com/citations.

Halimah, L., Pandikar, E., & Azhari, N. (2021). Upaya guru dan orang tua dalam membangun karakter mandiri siswa autis di sekolah luar biasa negeri a kota Cimahi. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian, 2(3), 41-63.

Karima, N. A. (2024). Peran Guru Dalam Melatih Kemandirian Personal Hygiene Anak Autisme Usia Dini (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Kurnia, I. R., Setiawan, A. A., Wandira, P. A., & Darmawan, A. S. (2024). Strategi Guru Dalam Mendukung Anak Autisme Dengan Pendekatan Efektif Di Slb Ananda Mandiri. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 298-311.

Kurniawansyah, E., Fauzan, A., & Tamalasari, E. (2021). Pola Pembelajaran pada Anak Autis di SLB Negeri 1 Sumbawa. Civicus: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 9(1), 11-17.

Liza, L. O., Zudeta, E., Ulni, E. K., Khalida, R., & Kes, A. (2024). Dasar-Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Lppm Universitas Lancang Kuning.

Makie, J. E. (2013). Strategi Komunikasi Pendidik Anak Autis (Studi pada SLB Permata Hati Manado). Acta Diurna Komunikasi, 2(3).

Meilani, E., Susilawati, R., Nabila, A. P., & Pitriyani, R. (2025). Pelaksanaan Pembelajaran dan Tantangan di Sekolah Luar Biasa Saasih Kecamatan Cigugur Kabupaten Pangandaran. Excellent: Journal of Islamic Studies, 2(1), 182-193.

Rahmawati, R. D., Sumarni, Y., & Anggraita, R. L. (2024). Analisis Peran Guru Dalam Memfasilitasi Pembelajaran Anak Autis Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pengembangan dan Penelitian Pendidikan, 6(3).

Rasyada, A., Zulfah, R., & Hasanah, U. (2022). Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di SDLBN 1 Amuntai. Islamic Education, 1(1), 1-8.

Salsabila, E., & Syarqawi, A. (2025). Peran Guru BK Dalam Meningkatkan Kedisiplinan ABK Di SLBN Autis Sumatera Utara.

Sari, B. S. N. (2022). Strategi komunikasi guru sekolah luar biasa dalam membina anak autis di SLB Negeri 1 Mataram: tinjauan interaksionisme simbolik (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Shalehah, N., Suminar, T., & Diana, D. (2023). Strategi guru dalam meningkatkan keterampilan sosial anak autistic spectrum disorder (ASD). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5757-5766.

Sriyanti, L. (2023). Bimbingan dan konseling: terapi bagi anak berkebutuhan khusus.

Suhanjoyo, S. N., & Sondang, S. (2020). Terapi Seni bagi Anak Autis (Studi Kasus: Skill Center Yayasan Percik Insani, Bandung).

Titi, L. (2018). Strategi pembelajaran anak autis di SLB Autisma Yogasmara, Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 3(1).

Wati, N. W., & Wati, N. W. (2018). Peran Guru Pada Siswa Disabilitas di Sekolah Luar Biasa Kota Surabaya. BioKultur, 7(1), 72-87.

Yahya, R. E., Anatarsya, A. A., Gunarto, K., & Maruti, E. S. (2023). Memahami Anak Autis dan Penerapan Model Pembelajaran. In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra) (Vol. 2, No. 2, pp. 48-58).

Yuliani, R. (2020). Pola komunikasi guru pada siswa anak autis di sekolah luar biasa (SLB) Mitra Iswara Kabupaten Tasikmalaya. Metacommunication; Journal of Communication Studies, 5(2), 168-175.

Zubaidah, R. (2021). Melalui Pembelajaran Seni Budaya Dengan Menggunakan Media Playdough Dapat Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Autis. Al Habib: Jurnal Pendidikan Islam dan Keguruan, 1(1).

Downloads

Published

2025-07-05

How to Cite

Firmansyah, E. (2025). Peran Guru Dalam Menghadapi Siswa Autism Di SLB C dan C1 Yakut Purwokerto. Jurnal Psikologi, 2(4), 8. https://doi.org/10.47134/pjp.v2i4.4470

Issue

Section

Articles

Categories

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.