Gambaran Self-efficacy Mahasiswa Baru Program Studi Pendidikan Dokter di Sulawesi Utara
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjp.v2i2.3608Keywords:
Self-efficacy, Mahasiswa Baru, Pendidikan DokterAbstract
Mahasiswa tahun pertama pada masa perkuliahan akan menghadapi kondisi yang membutuhkan adaptasi, yang membuat individu tersebut kurang yakin dengan dirinya, karena belum sepenuhnya menguasai keadaan tersebut. Seseorang memiliki keyakinan dalam kemampuan diri untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi diri dan tindakan yang diperlukan untuk berhasil melaksanakan tugas tertentu. Kemampuan tersebut adalah salah satu upaya untuk mengatasi kegagalan dalam melaksanakan tugas kuliah yang disebut dengan self-efficacy. Self-efficacy atau efikasi diri merupakan keyakinan seseorang bahwa dia mampu menjalankan suatu tugas pada suatu tingkat tertentu, yang mempengaruhi tingkat pencapaian tugasnya. Konsep ini merupakan inti dari teori kognitif sosial Albert Bandura, yang menyatakan bahwa keyakinan seseorang tentang kemampuannya memengaruhi perilaku dan motivasinya. Beberapa penelitian menyatakan bahwa mahasiswa tahun pertama sangat erat kaitannya dengan self-efficacy. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran self-efficacy pada mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Dokter di Sulawesi Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara cross sectional. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Academic Self-efficacy Scale (TASES) untuk menilai self-efficacy mahasiswa baru yang berjumlah 236 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat self-efficacy mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Dokter cenderung tinggi. Sebanyak 223 orang (94,5%) dari total 236 orang memiliki self-efficacy yang tinggi. Sementara itu, sisanya 13 orang (5,5%) memiliki self-efficacy rendah. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu sebagian besar mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Dokter di Sulawesi Utara memiliki self-efficacy yang tinggi.
References
Artino, A.R. (2012). Academic self-efficacy: from educational theory to instructional practice. Perspect Med Educ, 1(2),76-85. DOI: https://doi.org/10.1007/s40037-012-0012-5.
Ayuningrum, P.D. (2022). Gambaran efikasi diri pada mahasiswa baru fakultas keperawatan unri di masa pandemi covid-19. JIK, 10(1),73-83.
Bandura, A. (1997). Self Efficacy: The exercise of control. New York: W.H. Freeman and Company.
Chemers, M.M., Hu, L.T., Garcia, B.F. (2001). Academic self-efficacy and first-year college student performance and adjustment. Journal of Educational Psychology, 93(1), 55-64.
Darmayanti, K.K.H., Anggraini, E., Winata, E.Y., Mardianto, M.F.F. (2021). Confirmatory factor analysis of the academic self-efficacy scale: an indonesian version. Jurnal
Fitriyah, L.A. et al. (2019). Menanamkan efikasi diri dan kestabilan emosi. Jombang: LPPM UNHASY Tebuireng Jombang.
Gunawan, F.A., Opod, H., David, L.E.V. (2024). Hubungan kegiatan ekstrakurikuler dengan psychological well-being mahasiswa program studi pendidikan dokter fakultas kedokteran universitas sam ratulangi. MSJ, 6(2),190-6. DOI: https://doi.org/10.35790/msj.v6i2.53197
Laily, N., Wahyuni, D.U. (2018). Efikasi diri dan perilaku inovasi. Ed 1. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.
Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia, 10(2), 118-132. DOI: http://dx.doi.org/10.15408/jp3i.v10i2.19777
Saba, R.D. (2018). Hubungan self efficacy terhadap tingkat kecemasan mahasiswa tingkat pertama fakultas kedokteran universitas lampung. [Skripsi]. Fakultas Kedokteran. Universitas Lampung.
Sagone, E., Caroli, M.E.D. (2014). Locus of control and academic self-efficacy in university students: The effects of self-concepts. Procedia-social and behavioral sciences. Elsevier. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.689
Simangunsong, N.G.M., Wariki, W.M.V., Rombot, D.V. (2023). Korelasi antara self-efficacy dengan tingkat kesiapsiagaan mahasiswa program studi pendidikan dokter fakultas kedokteran universitas sam ratulangi dalam menghadapi bencana alam. J Kedokt Kom Tropik, 11(2), 471-6. Available from: https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JKKT/article/view/53263
Susanto, G., Armyanti, I., Tejoyuwono, A.A.T. (2024). Relationship between self-efficacy and academic resilience in first-year medical students. JPKI, 13(3), 213-221. DOI: https://doi.org/10.22146/jpki.91895
Waddington, J. (2023). Self-efficacy. ELT Journal, 77(2), 237-240. DOI: https://doi.org/10.1093/elt/ccac046
Wulandari, D., Valentine, F., Regilsa, M., Andini, R.C. (2022). Pengaruh self-efficacy dalam budaya pada mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9875-9879. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3984
Wuniarto, S., Manossoh, H., Mawikere, L.M. (2018). Pengaruh konsep diri dan self-efficacy mahasiswa jurusan akuntansi terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan akuntansi (studi pada universitas sam ratulangi). Jurnal Riset Going Concern, 13(4), 38-45. DOI: https://doi.org/10.32400/gc.13.04.20899.2018
Yana, S. (2023). Perbedaan efikasi diri ditinjau berdasarkan jenis kelamin pada mahasiswa yang menyelesaikan skripsi di universitas islam negeri ar-raniry banda aceh. Fakultas Psikologi: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Zimmerman, B.J., Schunk, D.H. (2011). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: Theoretical Perspectives. Routledge.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Farina Theresia Ondang, Hendri Opod, Jehosua Samratson Victor Sinolungan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.