Persepsi Kegunaan, Kemudahan Pengguna, dan Penerimaan Pengguna Bot Telegram untuk Mengakses Informasi Penerbangan

Authors

  • Febriana Sinta Bela Purnoto Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjase.v1i3.2864

Keywords:

Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Pengguna, Penerimaan Pengguna , Minat Penggunaan Bot Telegram

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan pengguna dan penerimaan pengguna terhadap minat penggunaan Bot Telegram untuk mengakses informasi penerbangan. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 26 Februari 2024 sampai 17 Maret 2024, di Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta. Penelitian dilakukan pada taruna dan taruni dengan menggunakan penyebaran kuesioner. Dalam penelitian ini kuesioner dibagikan kepada taruna dan taruni STTKD Yogyakarta dengan sampel 100 responden. Teknik analisa yang digunakan yaitu uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolenieritas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) persepsi kegunaan berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan, (2) persepsi kemudahaan pengguna tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan, (3) penerimaan pengguna berpengaruh signifikan terhdap minat penggunaan, dan (4) persepsi kegunaan, persepsi kemudahan pengguna dan penerimaan pengguna secara simulta berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan.

References

Ahmad, & Pambudi, B. S. (2013). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, keamanan dan ketersediaan fitur terhadap minat ulang nasabah bank dalam menggunakan internet banking (Studi pada program layanan internet banking BRI). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Albanna, F. (2020). Pemanfaatan bot Telegram sebagai penunjang promosi online menggunakan JavaScript di STTKD Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dirgantara, 13(2), 113-118.

Arifin, M. (2002). Pemanfaatan media website sebagai sistem informasi akademik dan sarana pembelajaran mandiri dalam pengaruhnya dengan prestasi belajar mahasiswa. Jurnal STIKOM, 6(2), Sept 2002.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319-340. DOI: https://doi.org/10.2307/249008

Ernawati, N., & Noersanti, L. (2020). Pengaruh persepsi manfaat, kemudahan penggunaan dan kepercayaan terhadap minat penggunaan pada aplikasi OVO. Jurnal Manajemen STEI, 3(2), 27-37.

Fahlevi, P., Octaviani, A., & Dewi, P. (2017). Analisis aplikasi Ijateng dengan menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8.

Fakhrudin, A. (2020). Kepercayaan, kemudahan, kualitas informasi dan harga berpengaruh terhadap keputusan kuliah penerbangan di masa pandemi COVID-19. Jurnal Manajemen Dirgantara, 15(1), 110-121. DOI: https://doi.org/10.56521/manajemen-dirgantara.v15i1.577

Fatmawati, E. (2015). Technology Acceptance Model (TAM) untuk menganalisis penerimaan terhadap sistem informasi perpustakaan. Jurnal Iqra, 9(01).

Ferdinand, A. (2014). Metode penelitian manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamid, A. A., Razak, F. Z. A., Bakar, A. A., & Abdullah, W. S. W. (2016). The effects of perceived usefulness and perceived ease of use on continuance intention to use e-government. Procedia Economics and Finance, 35, 644-649. DOI: https://doi.org/10.1016/S2212-5671(16)00079-4

Idhom, M., Endah Wahanani, H., & Akhmad, F. (2018). Implementation system Telegram Bot for monitoring Linux server. In International Conference on Science and Technology (ICST 2018) (pp. 1089-1093). Atlantis Press. DOI: https://doi.org/10.2991/icst-18.2018.219

Jogiyanto, H. M. (2000). Teori portofolio dan analisis investasi (Edisi kedua). BPFE. Yogyakarta.

Jogiyanto, H. M. (2007). Sistem informasi keprilakuan (Edisi revisi). Yogyakarta: Andi Offset.

Lenardo, G. C., & Irawan, Y. (2020). Pemanfaatan bot Telegram sebagai media informasi akademik di STMIK Hang Tuah Pekanbaru. JTIM: Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, 1(4), 351-357. DOI: https://doi.org/10.35746/jtim.v1i4.59

Monisa, M. (2013). Persepsi kemudahan dan kegunaan OPAC perpustakaan UNAIR. Jurnal UNAIR, 2(1).

Mubarok, A., Purnomo, E., & Noor, C. M. (2019). Pengembangan aplikasi pembayaran sumbangan pengembangan pendidikan berbasis web. Jurnal Responsif: Riset Sains dan Informatika, 1(1), 6-15.

Mulyanto, A. D. (2020). Pemanfaatan bot Telegram untuk media informasi penelitian. MATICS: Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Journal of Computer Science and Information Technology, 12(1), 49-54. DOI: https://doi.org/10.18860/mat.v12i1.8847

Nasir, M. (2013). Evaluasi penerimaan teknologi informasi mahasiswa di Palembang menggunakan model UTAUT. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Negara, I. S. M., & Savitri, F. M. (2019). Analisis penerimaan pengguna sistem informasi akademik studi kasus STIKES Harapan Bangsa. Solusi, 17(3). DOI: https://doi.org/10.26623/slsi.v17i3.1634

Notoatmodjo, S. (2005). Promosi kesehatan: Teori dan aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Oktavianti, B. (2007). Evaluasi pengaruh penerimaan sistem teknologi informasi dengan menggunakan variabel perceived usefulness, perceived ease of use dan enjoyment: Studi kasus di PT Sanggar Sarana Baja pada Departemen Accounting dan Marketing (Skripsi). Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Peter, & Olson. (2013). Perilaku konsumen dan strategi pemasaran (Edisi kesembilan, D. T. Dwiandani, Trans.). Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Prastowo, B. N., Putro, N. A. S., & Dhewa, O. A. (2019). PLO user interface based on Telegram Bot. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 13(1), 21-30. DOI: https://doi.org/10.22146/ijccs.29089

Robbins, S. P. (2006). Perilaku organisasi (Edisi kesepuluh). Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Sastrawangsa, G. (2017). Pemanfaatan Telegram Bot untuk automatisasi layanan dan informasi mahasiswa dalam konsep Smart Campus. E-Proceedings KNS&I STIKOM Bali, 772-776.

Soeroso, H., et al. (2017). Penggunaan bot Telegram sebagai announcement system pada institusi pendidikan. Seminar Master PPNS, 2(1).

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Surachman, S. A. (2008). Dasar-dasar manajemen merek. Malang: Bayumedia Publishing.

Teo, T. (2011). Technology acceptance in education: Research and issues. Netherlands: Sense Publishers. DOI: https://doi.org/10.1007/978-94-6091-487-4_1

Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User acceptance of information technology: Toward a unified view. MIS Quarterly. DOI: https://doi.org/10.2307/30036540

Yanti, D. (2020). Pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan dan sikap karyawan terhadap minat menggunakan sistem informasi akuntasi berbasis ecommerce (Studi kasus: PT. Ritel Bersama Nasional JD.ID). Skripsi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Downloads

Published

2024-07-06

How to Cite

Purnoto, F. S. B. (2024). Persepsi Kegunaan, Kemudahan Pengguna, dan Penerimaan Pengguna Bot Telegram untuk Mengakses Informasi Penerbangan . Indonesian Journal of Aviation Science and Engineering, 1(3), 11. https://doi.org/10.47134/pjase.v1i3.2864

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.