Membangun Citra, Meraih Suara: Persepsi Pemilih Pemula Pada Pilpres 2024

Authors

  • Azzahra Dwi Syafia Universitas Tidar Magelang, JawaTengah
  • Josephine Oktavidhani Purnomo Universitas Tidar Magelang, JawaTengah
  • Dwi Gustavina Syahbani Universitas Tidar Magelang, JawaTengah
  • Lutfi Nur Saniah Universitas Tidar Magelang, JawaTengah
  • Amalia Salwa Hanum Universitas Tidar Magelang, JawaTengah
  • Joko Tri Nugraha Universitas Tidar Magelang, JawaTengah

DOI:

https://doi.org/10.47134/par.v1i3.2684

Keywords:

Media Sosial, Pemilu 2024, Kampanye, Calon Presiden

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana mahasiswa Administrasi Negara di Magelang menggunakan media sosial untuk mencari informasi tentang calon presiden dan membuat keputusan pemilih dalam Pemilu 2024. Responden secara aktif menggunakan media sosial untuk mencari informasi tentang calon presiden. Instagram dan Tiktok adalah platform media sosial yang paling banyak digunakan. Media sosial memberikan dampak yang cukup besar terhadap keputusan responden. Berita dan informasi dari media massa mengenai calon presiden adalah elemen media sosial yang paling berpengaruh terhadap keputusan responden. Mayoritas responden merasakan bahwa media sosial memengaruhi pilihan mereka dalam memilih calon presiden. Kampanye yang dilakukan oleh para calon presiden melalui media sosial dinilai cukup efektif.

References

Akbar, M. W. (2020, Mei). Kampanye di tengah new normal era: Mampukah kita berdamai dengan pandemi? Mohamad Wieldan Akbar.

Al-Fatih, S. (2019). Akibat Hukum Regulasi Tentang Threshold Dalam Pemilihan Umum Legislatif Dan Pemilihan Presiden. Jurnal Yudisial. https://jurnal.komisiyudisial.go.id/index.php/jy/article/view/258 DOI: https://doi.org/10.29123/jy.v12i1.258

Alvionita, A. R. (2024). Peran media sosial dalam proses pengambilan keputusan politik melalui pendekatan problem tree analysis. Jurnal Sosial dan Humaniora.

Amalia, N., & Mulyadi, A. (2019). Strategi Komisi Pemilihan Umum dalam Mengurangi Angka Golput pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. JOPPAS: Journal of Public Policy and …. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOPPAS/article/view/801 DOI: https://doi.org/10.31539/joppa.v1i1.801

Anggita, N. F. (2023). Dinamika perubahan sosial dan politik di era digital: Pengaruh media sosial dan partisipasi masyarakat. Jurnal Sosial dan Humaniora.

Arif, A. S., & Majid, A. (2021). Mekanisme Impeachment Presiden: Antara Hukum Tata Negara dan Fiqh Siyasah. DIKTUM: Jurnal Syariah Dan Hukum. http://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/diktum/article/download/1916/920

Aswar, H., Zamzami, F. W., Widjayanti, A. K., & Priyansyah, A. (2022). Pertarungan Narasi Islam Dalam Pemilihan Presiden Tahun 2019. Politea. https://www.academia.edu/download/98641792/pdf.pdf DOI: https://doi.org/10.21043/politea.v5i2.17265

Ekawati, E. (2019). Peta Koalisi Partai-Partai Politik di Indonesia pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Pasca Orde Baru. JPPUMA Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial …. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1215673 DOI: https://doi.org/10.31289/jppuma.v7i2.2680

Gustiani, T., Aslinda, A., & Usman, F. (2022). Strategi ketidaksantunan dalam video debat pemilihan presiden tahun 2019. SeBaSa. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/sbs/article/view/5501 DOI: https://doi.org/10.29408/sbs.v5i1.5501

Hasiholan, T. P. R. P. (2020). Pemanfaatan media sosial TikTok sebagai media kampanye gerakan cuci tangan di Indonesia untuk mencegah COVID-19. Jurnal Ilmu Komunikasi. DOI: https://doi.org/10.36341/cmv.v5i2.1278

Hidayati, F. R. (2021). Komunikasi politik dan branding pemimpin politik melalui media sosial: A conceptual paper. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 5(2), 145-161. DOI: https://doi.org/10.51544/jlmk.v5i2.2385

Jamil, H., Hamad, I., & Sari, Y. (2023). Personal Branding Puan Maharani Pada Akun Instagram@ Puanmaharaniri Menuju Pemilihan Presiden 2024. Jurnal Pustaka Komunikasi. https://mail.journal.moestopo.ac.id/index.php/pustakom/article/view/2631 DOI: https://doi.org/10.32509/pustakom.v6i2.2631

Mahyuddin, M., Mustary, E., & ... (2019). The Power of Emak-Emak: Perempuan dalam Pusaran Kampanye Politik Pemilihan Presiden 2019. AL-MAIYYAH: Media …. http://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/almaiyyah/article/view/8578 DOI: https://doi.org/10.35905/almaiyyah.v12i2.688

Putra, D. A., Yazwardi, Y., & Fikri, M. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Facebook Terhadap Hasil Pemilihan Presiden 2019. Ampera: A Research …. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Ampera/article/view/7427 DOI: https://doi.org/10.19109/ampera.v2i1.7427

Rahmadi, A. N. (2024). Peran komunikasi politik dalam membentuk opini publik menghadapi Pemilu 2024. Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan.

Ramdhan, M. I. (2022). Jabatan Wakil Presiden Menurut Hukum Tata Negara Indonesia. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=eGFzEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=hukum+tata+negara&ots=fnbUUPUQeN&sig=ru1dOholliRhtB48M5s-e9MgLt0

Ritonga, A. D. (2020). Mencermati Populisme Prabowo Sebagai Bentuk Gaya Diskursif Saat Kampanye Politik Pada Pemilihan Presiden 2019. Politeia: Jurnal Ilmu Politik. https://talenta.usu.ac.id/politeia/article/view/3170 DOI: https://doi.org/10.32734/politeia.v12i1.3170

Sabily, A. F., Adikara, P. P., & Fauzi, M. A. (2019). Analisis sentimen pemilihan presiden 2019 pada twitter menggunakan metode maximum entropy. Jurnal Pengembangan Teknologi …. http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5161

Saefulloh, S., Abdoellah, O. S., & Mudiyati, R. (2020). Integritas Komisi Pemilihan Umum Kota Bandung Dalam Pelaksanaan Pemilihan Presiden Tahun 2019. Jurnal Civic Hukum. https://scholar.archive.org/work/cu2ylo7zafh5pbnvvyq765jtvq/access/wayback/http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jurnalcivichukum/article/download/10999/pdf DOI: https://doi.org/10.22219/jch.v5i1.10999

Setiawan, M. F., Yanto, L. Y., Nurfiani, N., Astuti, F., & Rahmatia, R. (2024). Analisis peran komunikasi politik dalam pencitraan calon pemimpin pada kontestan pemilu. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(3), 108-117.

Sihidi, I. T., Roziqin, A., & ... (2020). Pertarungan Populisme Islam dalam Pemilihan Presiden 2019. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu …. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jiip/article/view/8516 DOI: https://doi.org/10.14710/jiip.v5i2.8516

Spante, M. H. (2018). Digital competence and digital.

Storey, R. & Leonard, W. (1987). Communication campaigns. Beverly Hills: Sage Publications.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi. Alfabeta.

Sumodiningrat, A. (2021). Meninjau Ulang Ketentuan Presidential Threshold Dalam Pemilihan Presiden Dan Wakil Presiden Di Indonesia. Jurnal Kajian Pembaruan Hukum. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JKPH/article/view/23349 DOI: https://doi.org/10.19184/jkph.v1i1.23349

Tahir, R., Kusmanto, H., & Amin, M. (2020a). Propaganda Politik Hoaks dalam Pemilihan Presiden Tahun 2019. Perspektif. http://ojs.uma.ac.id/index.php/perspektif/article/view/3458

Tahir, R., Kusmanto, H., & Amin, M. (2020b). Propaganda Politik Hoaks dalam Pemilihan Presiden Tahun 2019. Perspektif. http://ojs.uma.ac.id/index.php/perspektif/article/view/3458 DOI: https://doi.org/10.31289/perspektif.v9i2.3458

Yuliandri, R. S. (2024). Peran media massa dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat. Jurnal Hukum dan Kewarganegaraan.

Downloads

Published

2024-06-09

How to Cite

Syafia, A. D., Purnomo, J. O., Syahbani, D. G., Saniah, L. N., Hanum, A. S., & Nugraha, J. T. (2024). Membangun Citra, Meraih Suara: Persepsi Pemilih Pemula Pada Pilpres 2024. Indonesian Journal of Public Administration Review, 1(3), 15. https://doi.org/10.47134/par.v1i3.2684

Issue

Section

Articles

Categories

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.