Praktik Komodifikasi Tubuh Perempuan Sebagai Konten Pemasaran dalam Ruang Media Sosial Tiktok

Authors

  • Lestari Ni Made Putri Universitas Udayana
  • Tedi Erviantono Universitas Udayana
  • Piers Andreas Noak Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.47134/par.v2i4.4402

Keywords:

Komodifikasi, Tubuh Perempuan, Tiktok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bagaimana tubuh perempuan digunakan sebagai komoditas dalam praktik pemasaran di media sosial TikTok. Dalam konteks ini, perempuan diposisikan sebagai objek visual yang dimanfaatkan untuk menarik perhatian publik melalui strategi pemasaran yang menonjolkan sensualitas dan estetika tubuh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Data diperoleh dari berbagai literatur relevan, termasuk hasil penelitian sebelumnya, dokumen, dan berita daring yang berkaitan dengan topik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tubuh perempuan di TikTok sering kali dikonstruksi sebagai alat pemasaran visual yang dieksploitasi demi kepentingan kapitalis. Algoritma TikTok yang berorientasi pada visual turut memperkuat penggunaan tubuh perempuan sebagai strategi untuk meningkatkan keterlibatan dan nilai ekonomi suatu konten. Praktik ini memperlihatkan adanya politisasi tubuh dan relasi kuasa yang timpang, di mana perempuan menjadi objek subordinasi dalam sistem kapitalisme digital yang dikendalikan oleh norma patriarki. Selain berdampak pada representasi perempuan yang sempit, komodifikasi ini juga meningkatkan risiko pelecehan berbasis gender di ruang daring. Penelitian ini menegaskan perlunya kesadaran kritis terhadap bagaimana tubuh perempuan digunakan dan dimaknai dalam ruang digital sebagai komoditas, serta pentingnya regulasi etis dalam konten pemasaran berbasis media sosial.

References

Amelia, L. (2023). Fenomena Komodifikasi Tubuh Perempuan Sebagai Faktor Meningkatnya Pelecehan Seksual Pada Live Streaming Tiktok (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Ardiansah, I., & Maharani, A. (2021). Optimalisasi Instagram Sebagai Media Marketing: Potret Penggunaan Instagram sebagai Media Pemasaran Online pada Industri UKM. CV. Cendekia Press.

Cintami, R. T., Erviantono, T., & Noak, P. A. (2025). Eksploitasi Tubuh Perempuan Dalam Ruang Media Sosial Tiktok (Studi Kasus: Akun Tiktok Good Ponsel). Socio-Political Communication And Policy Review.

Effendy, N. (2024). Strategi Komunikasi Politik Ridwan Kamil Dalam Membentuk Personal Branding Melalui Media Sosial Instagram Untuk Menghadapi Tahun Politik Pilkada 2024= Ridwan Kamil's Political Communication Strategy In Crafting Personal Branding On Instagram Ahead Of The 2024 Regional Election (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Fatma, S. A. (2024). Analisis Wacana Sensualitas Perempuan Pada Konten Promosi Akun Tiktok@ Goodponsel (Doctoral Dissertation, Upn" Veteran" Jawa Timur).

Fikriansyah, F., Pradana, S., Hanifuddin, A., & Safitri, A. (2022). Transformasi Media Sosial: Dari Media Ekspresi Diri Hingga Media Dakwah dan Edukasi. Jurnal Ilmu Tarbiyah, 1(1), 23-36.

Gugat, T. D., & Immanuel, E. (2024). Perancangan Konten Video Pendek Brand Fashion D Amora, Pakaian Untuk Ibu Menyusui. Desain Media, 1(2), 102-112.

Haidar, S., Zahra, F. N. A., & Abiyyu, N. R. (2023, November). Dampak Objektifikasi Tubuh Bagi Perempuan Melalui Media Sosial. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (Sniis) (Vol. 2, Pp. 1328-1335).

Hidayah, N. (2024). Perempuan, Agama, Dan Kebebasan. Penerbit Kbm Indoneisa.

Kahrani, K., & Fidzi, R. (2022). Tubuh Perempuan Dalam Media Persepektif Pendidikan. Almuawanah: Journal Of Islamic Education, 2(2), 124-129.

KARINA, P. (2024). Etika Dalam Konten-Konten Fetishme Muslimah Berhijab Di Tiktok (Kasus Oklinfia) Kajian Filsafat Jawa Ajining Diri Saka Lathi, Ajining Raga Saka Busana (Doctoral dissertation, S1-FILSAFAT ISLAM).

Margareta, V. (2022). Representasi Perempuan Dalam Budaya Patriarki Pada Film Yuni (Analisis Semiotika Roland Barthes) (Doctoral dissertation, KODEUNIVERSITAS041060# UniversitasBuddhiDharma).

Maulida, H. (2021). Perempuan Dalam Kajian Sosiologi Gender: Konstruksi Peran Sosial, Ruang Publik, Dan Teori Feminis. Journal Of Politics And Democracy, 1(1), 71-79.

Musyaffa, R. A., & Effendi, S. (2022). Kekerasan Berbasis Gender Online Dalam Interaksi Di Media Sosial. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(02).

Pasaribu, A. L. (2023). Objektifikasi Dan Konstruksi Cantik Pada Tubuh Perempuan Dalam Akun Instagram@ Ugmcantik Dan@ Unpad. Geulis. Jurnal Riset Komunikasi (Jurkom), 6(2), 158-178.

Piris, H. K. (2023). Komodifikasi Tubuh Perempuan Melalui Konten Cosplay Di Aplikasi Tiktok (Doctoral Dissertation, Universitas Kristen Indonesia).

Pujiati, S., & Hayati, N. (2021). Pergeseran Peran dan Fungsi Keluarga Buruh Perempuan serta Implikasinya terhadap Ketahanan Sosial Keluarga. Sosietas: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 13(1), 57-70.

Purwanti, T. (2020). Kuasa Tubuh Dan Perlawanan: Anti Politisasi Dan Komodifikasi Tubuh Perempuan Dalam Ruang Virtual. Umbara, 5(2), 141-156.

Putri, U. N. H., Nur'aini, A. S., & Mawaadah, S. (2022). Modul kesehatan mental. CV. Azka Pustaka.

Sari, O. H., Rukmana, A. Y., Munizu, M., Novel, N. J. A., Salam, M. F., Hakim, R. M. A., ... & Purbasari, R. (2023). DIGITAL MARKETING: Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Shobirin, M. A., Rosyadi, R. N., & Sari, E. F. (2025). Tantangan Dan Problematika Masyarakat Modern. Cahya Ghani Recovery.

Suparmi, S., Siswanto, A., Siswadhi, F., Utami, S. S., Wahyudi, I., Hidayati, L., ... & Junitasari, J. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia: Prinsip-Prinsip Dan Praktik Dalam Mengelola Organisasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Syifa, S. N., & Hannah, N. (2022). Objektifikasi Tubuh Perempuan Sebagai Akar Kekerasan Seksual (Studi Pemikiran Michel Foucault). Jaqfi: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 7(2), 288-317.

Teguh, M., Herdono, I., Ardaneshwari, E. J., Faradina, R., Marzuki, A. R. A., Sasongko, J. C. S., ... & Prakoso, A. H. D. (2025). Komunikasi Dan Konteks Sosial: Perspektif Baru Dalam Era Kontemporer. Penerbit Widina.

Yudi, D. T. N., & Halwati, U. (2024). Komodifikasi Tubuh Perempuan dalam Iklan Axe: Representasi dalam Dunia Iklan. Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 1-10.

Yusuf, D. (2022). Komodifikasi Tubuh Perempuan Pada Generasi Z Di Media Sosial Tiktok (Studi Kasus Pada Mahasiswi Untirta) (Doctoral Dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).

Downloads

Published

2025-06-29

How to Cite

Ni Made Putri , L., Erviantono, T., & Noak, P. A. (2025). Praktik Komodifikasi Tubuh Perempuan Sebagai Konten Pemasaran dalam Ruang Media Sosial Tiktok. Indonesian Journal of Public Administration Review, 2(4), 10. https://doi.org/10.47134/par.v2i4.4402

Issue

Section

Articles