Analisis Media Monitoring terhadap Brand Suzuki Jimny dalam Rentang Waktu Peluncuran Produk Jimny 5-Door

Authors

  • Bagaskoro Prasetyo Utomo Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.47134/jtsi.v1i3.2576

Keywords:

Suzuki Jimny, Media Monitoring, Jimny 5-Door, Media Online, Pemberitaan

Abstract

Kendaraan telah menjadi alat penting sebagai penunjang aktivitas masyarakat dalam melakukan mobilisasi dari satu tempat ke tempat yang lain. Karena hal tersebut, penggunaan kendaraan di Indonesia terus mengalami peningkatan, termasuk kendaraan roda empat atau mobil. Mobil menjadi kendaraan impian masyarakat karena dinilai lebih nyaman dan aman dibandingkan kendaraan roda dua. Salah satu merek mobil favorit pilihan masyarakat adalah Suzuki, khususnya pada brand Suzuki Jimny. Brand Suzuki Jimny sendiri tengah meluncurkan produk terbarunya, yaitu Jimny 5-Door yang telah lama dinanti-nanti hingga menjadi perbincangan yang hangat di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk melakukan analisis media monitoring terhadap pemberitaan mengenai brand Suzuki Jimny di media online dalam rentang waktu 15 Februari 2024 - 16 Maret 2024 yang bertepatan dengan peluncuran produk Jimny-5Door. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang berpegang pada paradigma positivisme dengan menggunakan teknik pengumpulan data media monitoring melalui alat media monitoring Brand24. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pemberitaan di media online mengenai brand Suzuki Jimny mengandung sentimen positif dan negatif. Selain itu, peluncuran produk Suzuki Jimny 5-Door berpengaruh pada arus pemberitaan di media online dengan tingginya jumlah mentions dan reach terhadap kata kunci “Suzuki Jimny”.

References

Ahmad, W. (2023). Enhanced sentiment analysis regarding COVID-19 news from global channels. Journal of Computational Social Science, 6(1), 19–57. https://doi.org/10.1007/s42001-022-00189-1 DOI: https://doi.org/10.1007/s42001-022-00189-1

Alluhaidan, A. S. (2024). Artificial intelligence for public perception of drones as a tool for telecommunication technologies. Computational Intelligence, 40(1). https://doi.org/10.1111/coin.12507 DOI: https://doi.org/10.1111/coin.12507

Annur, C. M. (2024, January 16). 10 Merek Mobil Terlaris di Indonesia 2023, Merek Jepang Mendominasi. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/16/10-merek-mobil-terlaris-di-indonesia-2023-merek-jepang-mendominasi

Arief, N. N., & Saputra, M. A. (2019). KOMPETENSI BARU PUBLIC RELATIONS (PR) PADA ERA ARTIFICIAL INTELLIGENCE. Jurnal Sistem Cerdas, 2(1), 1-22. DOI: https://doi.org/10.37396/jsc.v2i1.19

Aurellia, F. R., Hafiar, H., & Priyatna, C. C. (2023). Analisis Media Monitoring terhadap Brand Kecantikan Hanasui pada Bulan Maret 2023. Jurnal Riset Public Relations (JRPR), 3(2), 149-160. DOI: https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.3210

Chen, Y. F. (2023). The influences of information demand and supply on stock price synchronicity. Review of Quantitative Finance and Accounting, 61(3), 1151–1176. https://doi.org/10.1007/s11156-023-01183-y DOI: https://doi.org/10.1007/s11156-023-01183-y

Cheng, C. S. A. (2024). Media coverage and debt financing choice. Journal of Accounting and Public Policy, 44. https://doi.org/10.1016/j.jaccpubpol.2024.107181 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jaccpubpol.2024.107181

Costa, J. P. (2024). Towards improved knowledge about water-related extremes based on news media information captured using artificial intelligence. International Journal of Disaster Risk Reduction, 100. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2023.104172 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2023.104172

Fielding, V. (2023). Conservative advocacy journalism: Explored with a model of journalists’ influence on democracy. Journalism, 24(8), 1817–1835. https://doi.org/10.1177/14648849211072717 DOI: https://doi.org/10.1177/14648849211072717

Fill, M., & Fill, T. (2018). Media Monitoring as an Element of Strategic Business Management. Social Communication, 69-75. DOI: https://doi.org/10.2478/sc-2018-0025

Ghosh, I. (2023). Role of proliferation COVID-19 media chatter in predicting Indian stock market: Integrated framework of nonlinear feature transformation and advanced AI. Expert Systems with Applications, 219. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2023.119695 DOI: https://doi.org/10.1016/j.eswa.2023.119695

Gunawan, A. I., & Anisa, R. (2020). KEGIATAN MEDIA MONITORING HUMAS PEMERINTAH KOTA CIMAHI. Ekspresi dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 122-131. DOI: https://doi.org/10.33822/jep.v3i2.1758

Harahap, D. P., & Chatamallah, M. (2022). Peran Public Relations PT. Pos Indonesia dalam Memantau Opini Publik. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(1), 313-318. DOI: https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i1.1155

Hossain, M. M. (2024). Friends in media: Implications of media connections for analyst forecast optimism. International Review of Financial Analysis, 93. https://doi.org/10.1016/j.irfa.2024.103182 DOI: https://doi.org/10.1016/j.irfa.2024.103182

Hutagalung, S. S., Kartika, T., & Suciska, W. (2023). Analisis Media Monitoring Citra Pemerintah dalam Pembangunan Infrastruktur di Indonesia. Jurnal Komunikasi, 15(1), 212-227. DOI: https://doi.org/10.24912/jk.v15i1.20605

Lin, H. (2024). The role of institutional investor cliques in managers’ earnings forecasts. International Review of Financial Analysis, 91. https://doi.org/10.1016/j.irfa.2023.103034 DOI: https://doi.org/10.1016/j.irfa.2023.103034

Maulida, M. R., & Wiwitan, T. (2020). Aktivitas Media Monitoring Biro Humas Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Prosiding Hubungan Masyarakat, 6(2), 164-169.

MOBIL LEGENDARIS SEMAKIN VARIATIF, SUZUKI JIMNY 5-DOOR RESMI DILUNCURKAN. (2024, February 15). Suzuki. https://www.suzuki.co.id/news/mobil-legendaris-semakin-variatif-suzuki-jimny-5-door-resmi-diluncurkan

Nur, E. (2021). PERAN MEDIA MASSA DALAM MENGHADAPI SERBUAN MEDIA ONLINE. MAJALAH SEMI ILMIAH POPULER KOMUNIKASI MASSA, 2(1), 51-64.

Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis - Tabel Statistik. (2024, February 29). Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/NTcjMg==/perkembangan-jumlah-kendaraan-bermotor-menurut-jenis--unit-.html

Prasetyo, W. B. (2023, October 22). Setelah India, Suzuki Jimny 5 Pintu Akan Dirilis di Negara Lain, Indonesia? BeritaSatu.com. https://www.beritasatu.com/ototekno/1073233/setelah-india-suzuki-jimny-5-pintu-akan-dirilis-di-negara-lain-indonesia

Sulistyawati, W., Wahyudi, & Trinuryono, S. (2022). ANALISIS (DESKRIPTIF KUANTITATIF) MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL BLENDED LEARNING DI MASA PANDEMI COVID19. Kadikma, 13(1), 68-73. DOI: https://doi.org/10.19184/kdma.v13i1.31327

Sumiyati. (n.d.). Pentingnya Media Monitoring bagi Industri Komunikasi. Jurnal Media Indonesia. https://www.jurnalmediaindonesia.com/2021/12/pentingnya-media-monitoring-bagi.html

Ozawa, J. V. S. (2024). Brazilian Capitol attack: The interaction between Bolsonaro’s supporters’ content, WhatsApp, Twitter, and news media. Harvard Kennedy School Misinformation Review, 5(2). https://doi.org/10.37016/mr-2020-137 DOI: https://doi.org/10.37016/mr-2020-137

Wang, K. T. (2024). Does News Media Affect Firm Innovation in Emerging Markets? Evidence from China. Abacus. https://doi.org/10.1111/abac.12322 DOI: https://doi.org/10.1111/abac.12322

Downloads

Published

2024-05-28

How to Cite

Utomo, B. P. (2024). Analisis Media Monitoring terhadap Brand Suzuki Jimny dalam Rentang Waktu Peluncuran Produk Jimny 5-Door. Journal of Technology and System Information, 1(3), 16. https://doi.org/10.47134/jtsi.v1i3.2576

Issue

Section

Articles