Analisis Media Monitoring terhadap Brand Suzuki Jimny dalam Rentang Waktu Peluncuran Produk Jimny 5-Door
DOI:
https://doi.org/10.47134/jtsi.v1i3.2576Keywords:
Suzuki Jimny, Media Monitoring, Jimny 5-Door, Media Online, PemberitaanAbstract
Kendaraan telah menjadi alat penting sebagai penunjang aktivitas masyarakat dalam melakukan mobilisasi dari satu tempat ke tempat yang lain. Karena hal tersebut, penggunaan kendaraan di Indonesia terus mengalami peningkatan, termasuk kendaraan roda empat atau mobil. Mobil menjadi kendaraan impian masyarakat karena dinilai lebih nyaman dan aman dibandingkan kendaraan roda dua. Salah satu merek mobil favorit pilihan masyarakat adalah Suzuki, khususnya pada brand Suzuki Jimny. Brand Suzuki Jimny sendiri tengah meluncurkan produk terbarunya, yaitu Jimny 5-Door yang telah lama dinanti-nanti hingga menjadi perbincangan yang hangat di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk melakukan analisis media monitoring terhadap pemberitaan mengenai brand Suzuki Jimny di media online dalam rentang waktu 15 Februari 2024 - 16 Maret 2024 yang bertepatan dengan peluncuran produk Jimny-5Door. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang berpegang pada paradigma positivisme dengan menggunakan teknik pengumpulan data media monitoring melalui alat media monitoring Brand24. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pemberitaan di media online mengenai brand Suzuki Jimny mengandung sentimen positif dan negatif. Selain itu, peluncuran produk Suzuki Jimny 5-Door berpengaruh pada arus pemberitaan di media online dengan tingginya jumlah mentions dan reach terhadap kata kunci “Suzuki Jimny”.
References
Ahmad, W. (2023). Enhanced sentiment analysis regarding COVID-19 news from global channels. Journal of Computational Social Science, 6(1), 19–57. https://doi.org/10.1007/s42001-022-00189-1 DOI: https://doi.org/10.1007/s42001-022-00189-1
Alluhaidan, A. S. (2024). Artificial intelligence for public perception of drones as a tool for telecommunication technologies. Computational Intelligence, 40(1). https://doi.org/10.1111/coin.12507 DOI: https://doi.org/10.1111/coin.12507
Annur, C. M. (2024, January 16). 10 Merek Mobil Terlaris di Indonesia 2023, Merek Jepang Mendominasi. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/16/10-merek-mobil-terlaris-di-indonesia-2023-merek-jepang-mendominasi
Arief, N. N., & Saputra, M. A. (2019). KOMPETENSI BARU PUBLIC RELATIONS (PR) PADA ERA ARTIFICIAL INTELLIGENCE. Jurnal Sistem Cerdas, 2(1), 1-22. DOI: https://doi.org/10.37396/jsc.v2i1.19
Aurellia, F. R., Hafiar, H., & Priyatna, C. C. (2023). Analisis Media Monitoring terhadap Brand Kecantikan Hanasui pada Bulan Maret 2023. Jurnal Riset Public Relations (JRPR), 3(2), 149-160. DOI: https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.3210
Chen, Y. F. (2023). The influences of information demand and supply on stock price synchronicity. Review of Quantitative Finance and Accounting, 61(3), 1151–1176. https://doi.org/10.1007/s11156-023-01183-y DOI: https://doi.org/10.1007/s11156-023-01183-y
Cheng, C. S. A. (2024). Media coverage and debt financing choice. Journal of Accounting and Public Policy, 44. https://doi.org/10.1016/j.jaccpubpol.2024.107181 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jaccpubpol.2024.107181
Costa, J. P. (2024). Towards improved knowledge about water-related extremes based on news media information captured using artificial intelligence. International Journal of Disaster Risk Reduction, 100. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2023.104172 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2023.104172
Fielding, V. (2023). Conservative advocacy journalism: Explored with a model of journalists’ influence on democracy. Journalism, 24(8), 1817–1835. https://doi.org/10.1177/14648849211072717 DOI: https://doi.org/10.1177/14648849211072717
Fill, M., & Fill, T. (2018). Media Monitoring as an Element of Strategic Business Management. Social Communication, 69-75. DOI: https://doi.org/10.2478/sc-2018-0025
Ghosh, I. (2023). Role of proliferation COVID-19 media chatter in predicting Indian stock market: Integrated framework of nonlinear feature transformation and advanced AI. Expert Systems with Applications, 219. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2023.119695 DOI: https://doi.org/10.1016/j.eswa.2023.119695
Gunawan, A. I., & Anisa, R. (2020). KEGIATAN MEDIA MONITORING HUMAS PEMERINTAH KOTA CIMAHI. Ekspresi dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 122-131. DOI: https://doi.org/10.33822/jep.v3i2.1758
Harahap, D. P., & Chatamallah, M. (2022). Peran Public Relations PT. Pos Indonesia dalam Memantau Opini Publik. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(1), 313-318. DOI: https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i1.1155
Hossain, M. M. (2024). Friends in media: Implications of media connections for analyst forecast optimism. International Review of Financial Analysis, 93. https://doi.org/10.1016/j.irfa.2024.103182 DOI: https://doi.org/10.1016/j.irfa.2024.103182
Hutagalung, S. S., Kartika, T., & Suciska, W. (2023). Analisis Media Monitoring Citra Pemerintah dalam Pembangunan Infrastruktur di Indonesia. Jurnal Komunikasi, 15(1), 212-227. DOI: https://doi.org/10.24912/jk.v15i1.20605
Lin, H. (2024). The role of institutional investor cliques in managers’ earnings forecasts. International Review of Financial Analysis, 91. https://doi.org/10.1016/j.irfa.2023.103034 DOI: https://doi.org/10.1016/j.irfa.2023.103034
Maulida, M. R., & Wiwitan, T. (2020). Aktivitas Media Monitoring Biro Humas Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Prosiding Hubungan Masyarakat, 6(2), 164-169.
MOBIL LEGENDARIS SEMAKIN VARIATIF, SUZUKI JIMNY 5-DOOR RESMI DILUNCURKAN. (2024, February 15). Suzuki. https://www.suzuki.co.id/news/mobil-legendaris-semakin-variatif-suzuki-jimny-5-door-resmi-diluncurkan
Nur, E. (2021). PERAN MEDIA MASSA DALAM MENGHADAPI SERBUAN MEDIA ONLINE. MAJALAH SEMI ILMIAH POPULER KOMUNIKASI MASSA, 2(1), 51-64.
Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis - Tabel Statistik. (2024, February 29). Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/NTcjMg==/perkembangan-jumlah-kendaraan-bermotor-menurut-jenis--unit-.html
Prasetyo, W. B. (2023, October 22). Setelah India, Suzuki Jimny 5 Pintu Akan Dirilis di Negara Lain, Indonesia? BeritaSatu.com. https://www.beritasatu.com/ototekno/1073233/setelah-india-suzuki-jimny-5-pintu-akan-dirilis-di-negara-lain-indonesia
Sulistyawati, W., Wahyudi, & Trinuryono, S. (2022). ANALISIS (DESKRIPTIF KUANTITATIF) MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL BLENDED LEARNING DI MASA PANDEMI COVID19. Kadikma, 13(1), 68-73. DOI: https://doi.org/10.19184/kdma.v13i1.31327
Sumiyati. (n.d.). Pentingnya Media Monitoring bagi Industri Komunikasi. Jurnal Media Indonesia. https://www.jurnalmediaindonesia.com/2021/12/pentingnya-media-monitoring-bagi.html
Ozawa, J. V. S. (2024). Brazilian Capitol attack: The interaction between Bolsonaro’s supporters’ content, WhatsApp, Twitter, and news media. Harvard Kennedy School Misinformation Review, 5(2). https://doi.org/10.37016/mr-2020-137 DOI: https://doi.org/10.37016/mr-2020-137
Wang, K. T. (2024). Does News Media Affect Firm Innovation in Emerging Markets? Evidence from China. Abacus. https://doi.org/10.1111/abac.12322 DOI: https://doi.org/10.1111/abac.12322
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bagaskoro Prasetyo Utomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.