Membangun Merek Pribadi Sunny Dahye di Saluran YouTube-nya
DOI:
https://doi.org/10.47134/jtsi.v1i3.2520Keywords:
Personal Branding, Influencer YouTube, Sunny Dahye, Analisis Wacana, Metodologi VisualAbstract
Studi ini mengkaji efektivitas strategi personal branding yang digunakan oleh Sunny Dahye, seorang YouTuber terkemuka, melalui kanalnya "SunnydahyeIn." Menggunakan delapan hukum personal branding sebagai kerangka teori, penelitian ini berfokus pada analisis konten yang diunggah selama tahun lalu. Metodologi visual oleh Gillian Rose, khususnya analisis wacana dalam Site of Self, diterapkan, menilai modalitas teknologi, komposisi, dan sosial. Temuan menunjukkan bahwa Sunny Dahye unggul dalam area spesialisasi, perbedaan, dan kepemimpinan, dengan posisi yang jelas sebagai influencer Korea yang ceria, modis, dan berorientasi kecantikan yang menggunakan bahasa Indonesia untuk komunikasi. Studi ini menekankan peran penting branding pribadi yang disesuaikan dalam meningkatkan visibilitas dan keterlibatan influencer online.
References
Amanda, Y. P. D., & Timur, N. I. (2023). Personal Branding Sisca Kohl Di Akun TikTok @Siscakohl. 3.
Hadi, A. P., Suryani, & Wibowo, M. C. (2021). Pengaruh Desain Kemasan Terhadap Kepuasan Pelanggan UMKM Sakukata.co Salatiga. Pixel, 14(1), 95–108. https://doi.org/10.51903/pixel.v14i1.461 DOI: https://doi.org/10.51903/pixel.v14i1.461
Haroen, D. (2014). Personal Branding. PT Gramedia Pustaka Utama.
Husnayaeni, D. A., & Tunggali, A. P. P. W. (2023). Analisis Konten Visual Post Instagram @Lensamu dalam Dakwah Islam Tengahan (Wasathiyah). JAS, 3(4), 301–317. https://doi.org/10.18196/jas.v3i4.17958 DOI: https://doi.org/10.18196/jas.v3i4.17958
Indonesia Jadi Negara dengan Fans K-Pop Terbanyak di Dunia. (n.d.). https://goodstats.id/article/Indonesia-masuk-peringkat-pertama-dengan-fans-k-pop-terbanyak-di-dunia-6w71d
Kanwil Kemenag Kalsel. (n.d.). https://kalsel.kemenag.go.id/opini/643/Membangun-Generasi-Berkualitas-di-Era-Millennial
Lair, D. J., Sullivan, K., & Cheney, G. (2005). Marketization and the Recasting of the Professional Self: The Rhetoric and Ethics of Personal Branding. Management Communication Quarterly, 18(3), 307–343. https://doi.org/10.1177/0893318904270744 DOI: https://doi.org/10.1177/0893318904270744
McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa. Salemba Humanika.
Meylinda, M., Setiani, I., Syafitri, D., & Amalia, S. H. (2023). TikTok Social Media-Based Marketing Strategy to Increase MSMEs Product Sales Among Students in the Industrial Revolution Era 4.0. Finger, 2(1), 85–90. https://doi.org/10.58723/finger.v2i1.119 DOI: https://doi.org/10.58723/finger.v2i1.119
Montoya, P., & Vandehey, T. (2002). The Personal Branding Phenomenon: Realize Greater Influence, Explosive Income Growth and Rapid Career Advancement by Applying the Branding Techniques of Michael, Martha & Oprah. Peter Montoya Incorporated.
Nasrullah, R. (2017). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. PT. Remaja Rosdakarya.
Pahleviannur, M. R. (2019). Pemanfaatan Informasi Geospasial Melalui Interpretasi Citra Digital Penginderaan Jauh untuk Monitoring Perubahan Penggunaan Lahan. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 4(2), 18–26. DOI: https://doi.org/10.21067/jpig.v4i2.3267
Pahleviannur, M. R. (2022). Penentuan Prioritas Pilar Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Pena Persada. DOI: https://doi.org/10.31237/osf.io/6ghyz
Pahleviannur, M. R., Wulandari, D. A., Sochiba, S. L., & Santoso, R. R. (2020). Strategi Perencanaan Pengembangan Pariwisata untuk Mewujudkan Destinasi Tangguh Bencana di Wilayah Kepesisiran Drini Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 116–126. DOI: https://doi.org/10.23917/jpis.v29i2.9692
Pelatihan, J. (2020). Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Merancang Personal Branding. https://www.pelatihan-sdm.net/hal-yang-perlu-diperhatikan-dalam-merancang-personal-branding/
Riyanto, A. D. (2023). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2023. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-Indonesian-digital-report-2023/
Rosadi, S. F. S., Yulyana, E., & Nababan, R. (2023). Media Sosial YouTube Sebagai Sarana Personal Branding Dedi Mulyadi. DOI: https://doi.org/10.36312/jisip.v6i3.3391
Safira, C., Rahmah, H., & Watie, E. D. S. (2022). Baim Wong’s and Atta Halilintar’s Personal Branding through Religious Messages in YouTube Contents. EJOC, 7(1), 35. https://doi.org/10.21111/ejoc.v7i1.7199 DOI: https://doi.org/10.21111/ejoc.v7i1.7199
Subakti, R. A. (n.d.). Emoji untuk Meningkatkan Efektivitas Komunikasi WhatsApp.
Wicaksono, M. A., W, A. P., & Maryana, D. (2021). Pengaruh Fenomena Tren Korean Wave Dalam Perkembangan Fashion Style Di Indonesia. Jurnal Sosial Politik, 2(2), 74–85. https://doi.org/10.54144/jsp.v2i2.35 DOI: https://doi.org/10.54144/jsp.v2i2.35
Yusanda, A., Darmastuti, R., & Huwae, G. N. (2021). Strategi Personal Branding Melalui Media Sosial Instagram (Analisis Isi pada Media Sosial Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana). Scriptura, 11(1), 41–52. https://doi.org/10.9744/scriptura.11.1.41-52 DOI: https://doi.org/10.9744/scriptura.11.1.41-52
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aulivia Regita Larastri, Kukuh Sinduwiatmo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.