Instagram Ganjar Pranowo Panduan Pendidikan Politik untuk Pemula

Authors

  • Faisal Aldi Rachmaniar Fahmi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ainur Rochmaniah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/jtsi.v1i3.2518

Keywords:

Teori Resepsi, Pendidikan Politik, Instagram, Interpretasi Khalayak, Analisis Kualitatif

Abstract

Studi kualitatif ini mengamati penerimaan konten pendidikan politik di akun Instagram @ganjar_pranowo menggunakan Teori Resepsi Stuart Hall. Melalui wawancara dan analisis data, berbagai makna dari audiens berhasil diungkapkan. Temuan menunjukkan bahwa latar belakang audiens memengaruhi interpretasi elemen-elemen pendidikan politik. Sementara satu informan bernegosiasi makna, mencari sumber tambahan, dua informan menunjukkan dominasi hegemoni, menganggap akun Instagram sebagai sumber utama pendidikan politik mereka. Implikasi menyiratkan perlunya pendekatan pendidikan politik yang beragam dan disesuaikan untuk melibatkan perspektif audiens yang beragam secara efektif.

References

Boulianne, S., & Larsson, A. O. (2023). Engagement with Candidate Posts on Twitter, Instagram, and Facebook During the 2019 Election. New Media and Society, 25(1), 119–140. https://doi.org/10.1177/14614448211009504 DOI: https://doi.org/10.1177/14614448211009504

Buku Pedoman Pendidikan Pemilih. (n.d.).

Detiknews. (2018). Ada 5 Juta Pemilih Pemula di Pemilu 2019. https://news.detik.com/berita/d-4215354/ada-5-juta-pemilih-pemula-di-pemilu-2019

Feroza, C. S., & Misnawati, D. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun @yhoophii_official Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan. Jurnal Inovasi, 14(1), 10. DOI: https://doi.org/10.33557/ji.v14i1.1397

Ghassani, A., & Nugroho, C. (2019). Pemaknaan Rasisme dalam Film (Analisis Resepsi Film Get Out). Jurnal Manajemen Maranatha, 18(2), 127–134. https://doi.org/10.28932/jmm.v18i2.1619 DOI: https://doi.org/10.28932/jmm.v18i2.1619

Hadi, I. P. (2010). Penelitian Khalayak dalam Perspektif Reception Analysis. Scriptura, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.9744/scriptura.3.1.1-7 DOI: https://doi.org/10.9744/scriptura.3.1.1-7

Juwandi, R., Pd, M., Nurwahid, Y., & Lestari, A. (2019). Media Sosial sebagai Sarana Pendidikan Politik untuk Mengembangkan Literasi Digital Warga Negara. 2(1).

Meliala, Y. H., & Nurdiansyah, T. (2019). Pengaruh Media Sosial Instagram Joko Widodo terhadap Elektabilitas Joko Widodo pada Pilpres 2019. 2(2).

Pahleviannur, M. R. (2019). Pemanfaatan Informasi Geospasial Melalui Interpretasi Citra Digital Penginderaan Jauh untuk Monitoring Perubahan Penggunaan Lahan. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 4(2), 18–26. DOI: https://doi.org/10.21067/jpig.v4i2.3267

Pahleviannur, M. R. (2022). Penentuan Prioritas Pilar Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Pena Persada. DOI: https://doi.org/10.31237/osf.io/6ghyz

Pahleviannur, M. R., Wulandari, D. A., Sochiba, S. L., & Santoso, R. R. (2020). Strategi Perencanaan Pengembangan Pariwisata untuk Mewujudkan Destinasi Tangguh Bencana di Wilayah Kepesisiran Drini Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 116–126. DOI: https://doi.org/10.23917/jpis.v29i2.9692

Purnamasari, N. P., & Tutiasri, R. P. (2021). Analisis Resepsi Remaja Perempuan terhadap Gaya Hidup Berbelanja Fashion Melalui Tayangan Video ‘Belanja Gak Aturan’ dalam Akun Tiktok @Handmadeshoesby. Representamen, 7(1). https://doi.org/10.30996/representamen.v7i01.5129 DOI: https://doi.org/10.30996/representamen.v7i01.5129

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950 DOI: https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950

Rahman, A., & Suharno, S. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Politik Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Meningkatkan Kesadaran Politik Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 282–290. https://doi.org/10.17977/um019v4i2p282-290 DOI: https://doi.org/10.17977/um019v4i2p282-290

Rakhmat, J. (2018). Psikologi Komunikasi. Simbiosa Rekatama Media.

Ramdhani, H., & Novian, R. M. (2020). Actualization of Political Education in Digital Learning to Prevent Radicalism. 3(2).

Rosadi, B., Darmawan, C., & Anggraeni, L. (2020). The Influence of Political Message on Social Media for Increasing the Political Literacy of Millennial Generation.

Santoso, B., & Arifan, A. D. (2018). Pembentukan Opini Publik Oleh Buzzer Pada Pengguna Media Sosial Twitter.

Setiyowati, R., Alfiandra, A., & Nurdiansyah, E. (2022). Pendidikan Politik Generasi Z di Era Disrupsi. Bhineka Tunggal Ika Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(1), 94–98. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i1.17687 DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v9i1.17687

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabet CV.

Wijayati, M. (2021). Analisis Resepsi Masyarakat Kelurahan Magersari terhadap Iklan Layanan Masyarakat ‘Ingat Pesan Ibu’ pada Lagu Padi dalam Memutus Rantai Penyebaran Covid-19.

Downloads

Published

2024-05-20

How to Cite

Fahmi, F. A. R., & Rochmaniah, A. (2024). Instagram Ganjar Pranowo Panduan Pendidikan Politik untuk Pemula. Journal of Technology and System Information, 1(3), 15. https://doi.org/10.47134/jtsi.v1i3.2518

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.