Persepsi Orang Tua tentang Pengaruh Media Sosial Tiktok terhadap Tingkah Laku Anak Sekolah Dasar

Authors

  • Ridho Ramadhani Dikdayanto Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Didik Hariyanto Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/jtsi.v1i2.2494

Keywords:

Orang Tua, Tik-Tok, Anak Sekolah Dasar

Abstract

Karena kontennya yang beragam dan kemudahan penggunaannya, Tik-Tok telah menjadi salah satu platform media sosial yang populer. Namun, karena banyaknya konten, ada kekhawatiran bahwa anak-anak mungkin mengakses konten negatif, yang dapat memengaruhi perilaku mereka. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Data yang dikumpulkan berasal dari orang tua anak di Desa Tawangsari, Taman, Sidoarjo. Untuk mengumpulkan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan kuesioner. Studi ini berfokus pada penggunaan media sosial TikTok dan dampak yang dimilikinya terhadap upaya orang tua untuk mendidik perilaku anak mereka. Pengaruh bermain TikTok terhadap perilaku anak adalah mereka menjadi kurang peduli terhadap lingkungan sekitar. Salah satu upaya yang dilakukan oleh orang tua adalah memberikan nasihat dan contoh yang baik, serta memberikan hukuman dan hadiah untuk perilaku buruk anak.

References

Alatorre, S. (2023). Exploring Social Media Preferences for Healthy Weight Management Interventions Among Adolescents of Color: Mixed Methods Study. JMIR Pediatrics and Parenting, 6. https://doi.org/10.2196/43961 DOI: https://doi.org/10.2196/43961

Annur, C. M. (2023). Pengguna TikTok di Indonesia Terbanyak Kedua di Dunia per April 2023, Nyaris Salip AS? In Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/24/pengguna-tiktok-di-indonesia-terbanyak-kedua-di-dunia-per-april-2023-nyaris-salip-as

Biduri, M., & Akhir, M. (2023). DAMPAK MEDIA SOSIAL (TIKTOK) TERHADAP KARAKTER SOPAN SANTUN SISWA KELAS VI SD NEGERI BONTORANNU II KECAMATAN MARISO KOTA MAKASSAR. JKP: Jurnal Pendidikan Khasanah, 2(1). DOI: https://doi.org/10.58738/jkp.v2i1.205

Bozzola, E. (2022). The Use of Social Media in Children and Adolescents: Scoping Review on the Potential Risks. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(16). https://doi.org/10.3390/ijerph19169960 DOI: https://doi.org/10.3390/ijerph19169960

Fitriana, A. A., Azizah, E. N., & Tanto, O. D. (2021). PENGARUH MEDIA SOSIAL TIK TOK TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI. Journal of Childhood Education, 5(1), 147–158. DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.504

Foster, M. (2024). ‘I’m still su!c!dal when you’re done with the paperwork’: an inductive framework thematic analysis of #camhs on TikTok. Journal of Child Psychology and Psychiatry and Allied Disciplines. https://doi.org/10.1111/jcpp.14002 DOI: https://doi.org/10.1111/jcpp.14002

Fowler, L. R. (2022). Sex Education on TikTok: A Content Analysis of Themes. Health Promotion Practice, 23(5), 739–742. https://doi.org/10.1177/15248399211031536 DOI: https://doi.org/10.1177/15248399211031536

Gilmore, D. (2024). Building Community and Identity Online: A Content Analysis of Highly Viewed #Autism TikTok Videos. Autism in Adulthood, 6(1), 95–105. https://doi.org/10.1089/aut.2023.0019 DOI: https://doi.org/10.1089/aut.2023.0019

Haltigan, J. D. (2023). Social media as an incubator of personality and behavioral psychopathology: Symptom and disorder authenticity or psychosomatic social contagion? Comprehensive Psychiatry, 121. https://doi.org/10.1016/j.comppsych.2022.152362 DOI: https://doi.org/10.1016/j.comppsych.2022.152362

Hariyanto, D. (n.d.). PERSEPSI PENONTON TELEVISI TERHADAP TAYANGAN REKA ULANG PERISTIWA KRIMINAL.

Ilahin, N. (2022). Pengaruh Pengunaan Media Sosial Tik-Tok terhadap Karakter Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Ibtida’, 3(1), 112–119. https://doi.org/10.37850/ibtida.v3i1.300 DOI: https://doi.org/10.37850/ibtida.v3i1.300

Karini, R. (2019). Skripsi: Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di Smpn 1 Gunung Sugih Kab.

Khansa, S. D., & Putri, K. Y. S. (2022). Pengaruh Sosial Media Tiktok Terhadap Gaya Hidup Remaja. Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 133–141. https://doi.org/10.33822/jep.v5i1.3939 DOI: https://doi.org/10.33822/jep.v5i1.3939

Madhani, L. M., Sari, I. N. B., & Shaleh, M. N. I. (2021). DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PERILAKU ISLAMI MAHASISWA DI YOGYAKARTA. At-Thullab: Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 3(1), 627–647. https://doi.org/10.20885/tullab.vol3.iss1.art7 DOI: https://doi.org/10.20885/tullab.vol3.iss1.art7

Mandzufas, J. (2023). The Investigation of Health-Related Topics on TikTok: A Descriptive Study Protocol. Digital, 3(1), 97–108. https://doi.org/10.3390/digital3010007 DOI: https://doi.org/10.3390/digital3010007

Masrotun, D., & Faizin, N.-M. (2023). Perilaku Sosial pada Anak Adiksi Aplikasi TikTok.

Munasti, K., Purnama, S., Winarti, W., Mutmainnah, M., Nessa, R., Fitriani, D., bin Abd Aziz, U., Saptiani, S.,

Rosmiati, R., & Rahmi, R. (2022). Aplikasi TikTok sebagai Alternatif Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7153–7162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2981 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2981

Nurmala, M. D., Afrizal, S., Wibowo, T. U. S. H., Konseling, J. B., Pendidikan, F. K. D. I., Tirtayasa, U. S. A., Sosiologi, J. P., & Sejarah, J. P. (n.d.). Dampak Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Mahasiswa.

Pahleviannur, M. R. (2019). Pemanfaatan Informasi Geospasial Melalui Interpretasi Citra Digital Penginderaan Jauh untuk Monitoring Perubahan Penggunaan Lahan. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 4(2), 18–26. DOI: https://doi.org/10.21067/jpig.v4i2.3267

Pahleviannur, M. R. (2022). Penentuan Prioritas Pilar Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Pena Persada. DOI: https://doi.org/10.31237/osf.io/6ghyz

Pahleviannur, M. R., Wulandari, D. A., Sochiba, S. L., & Santoso, R. R. (2020). Strategi Perencanaan Pengembangan Pariwisata untuk Mewujudkan Destinasi Tangguh Bencana di Wilayah Kepesisiran Drini Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 116–126. DOI: https://doi.org/10.23917/jpis.v29i2.9692

Pedrouzo, S. B. (2023). Hyperconnected: children and adolescents on social media. The TikTok phenomenon. Archivos Argentinos de Pediatria, 121(4). https://doi.org/10.5546/aap.2022-02674.eng DOI: https://doi.org/10.5546/aap.2022-02674.eng

Purnama, E., Zakiah, N., Arifin, M. Z., Ibtidaiyah, P. M., Kotabumi, S., Guru, P., & Arab, B. (2023). Pengaruh Aplikasi Tik Tok Terhadap Prilaku Anak Usia 5 Sampai 10 Tahun di Desa Sumber Agung Kec. Sungkai Utara. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 122–128. https://doi.org/10.54259/diajar.v2i1.1484 DOI: https://doi.org/10.54259/diajar.v2i1.1484

Qin, Y. (2023). Flow Experience Is a Key Factor in the Likelihood of Adolescents’ Problematic TikTok Use: The Moderating Role of Active Parental Mediation. International Journal of Environmental Research and Public Health, 20(3). https://doi.org/10.3390/ijerph20032089 DOI: https://doi.org/10.3390/ijerph20032089

Sarman, A. (2023). The relationship of Facebook, Instagram, Twitter, TikTok and WhatsApp/Telegram with loneliness and anger of adolescents living in Turkey: A structural equality model. Journal of Pediatric Nursing, 72, 16–25. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2023.03.017 DOI: https://doi.org/10.1016/j.pedn.2023.03.017

Sood, A. (2023). Social Media and Screen Time in the Clinical Interview: What to Ask and What It Means? Teens, Screens, and Social Connection: An Evidence-Based Guide to Key Problems and Solutions, 11–30. https://doi.org/10.1007/978-3-031-24804-7_2 DOI: https://doi.org/10.1007/978-3-031-24804-7_2

Tomczak, K. K. (2024). Time is ticking for TikTok tics: A retrospective follow-up study in the post-COVID-19 isolation era. Brain and Behavior, 14(3). https://doi.org/10.1002/brb3.3451 DOI: https://doi.org/10.1002/brb3.3451

Utami, R. D., & Ikhwana, N. S. (2022). Dampak Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Kepribadian Anak Usia Dini. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3).

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Dikdayanto, R. R. ., & Hariyanto, D. (2024). Persepsi Orang Tua tentang Pengaruh Media Sosial Tiktok terhadap Tingkah Laku Anak Sekolah Dasar. Journal of Technology and System Information, 1(2), 12. https://doi.org/10.47134/jtsi.v1i2.2494

Issue

Section

Articles