Analisis Media Monitoring terhadap Brand Fashion Muslim Lokal Lafiye melalui Tiktok dan X
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i3.2713Keywords:
Brand24, Fesyen Muslim, Lafiye, Media Monitoring, Sentimen PositifAbstract
Industri fesyen, terutama fesyen muslim di Indonesia telah mengalami pertumbuhan pesat dan menarik minat masyarakat lokal. Salah satu merek fesyen muslim lokal, Lafiye telah mencapai popularitas yang signifikan di kalangan konsumen. Dalam era digital, penting untuk melakukan media monitoring agar dapat memahami respon dan interaksi konsumen terhadap merek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen positif, jumlah penyebutan dan jangkauan, pemberitaan, dan respon konsumen terhadap merek Lafiye. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan paradigma positivisme, dan menggunakan bantuan alat pemantau media Brand24 dengan rentang waktu satu bulan dari tanggal 14 Februari sampai 15 Maret 2024. Dari analisis data, sentimen positif terhadap Lafiye cenderung meningkat selama periode penelitian. Lafiye mendapatkan jumlah penyebutan sebanyak 231 dengan total jangkauan media sosial 2.2 juta. Pemberitaan mengenai Lafiye pada platform Tiktok dan X selama periode penelitian mengalami peningkatan masing-masing platform sebanyak +100%. Konsumen memberikan respon yang positif dan antusias terhadap produk-produk Lafiye di platform Tiktok dan X, mencerminkan keberhasilan merek ini dalam menciptakan produk yang diminati oleh konsumen muslim Indonesia.
References
Adminlina. Industri Fesyen Indonesia Sumbang 17 Persen Dari Nilai Ekonomi Kreatif. Pelaku Bisnis. Accessed from: https://pelakubisnis.com/2024/01/industri-fesyen-indonesia-sumbang-17-persen-dari-nilai-ekonomi-kreatif/
Apa Itu Kegiatan Media Monitoring?. Universitas Ciputra. Accessed from: https://www.ciputra.ac.id/fikom/apa-itu-kegiatan-media-monitoring/
Aurellia, F. R., Hafiar, H., & Priyatna, C. C. (2023, December 23). Analisis Media Monitoring terhadap Brand Kecantikan Hanasui pada Bulan Maret 2023. Jurnal Riset Public Relations (JRPR), 3 (2), 149-160. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.3210 DOI: https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.3210
Buka Jakarta Muslim Fashion Week 2023, Wapres Harapkan Indonesia Jadi Muslim. (2022, October 20). Wikipedia. Accessed from: https://www.wapresri.go.id/buka-jakarta-muslim-fashion-festival-2023-wapres-harapkan-indonesia-jadi-muslim-fashion-capital-dunia/
CNBC Indonesia TV, CNBC Indonesia. (2019, July 14). Gairah Industri Fashion Indonesia. CNBC Indonesia. Accessed from: https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20190712155341-35-84555/gairah-industri-fashion-indonesia
Fauzia, S., & Mardatillah, A. (2024). Pengaruh Endorse Non Selebriti Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Fashion Muslim Hikayat Collection Pekanbaru. JIABIS: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Dan …. https://journal.uir.ac.id/index.php/jiabis/article/view/17041
Finaka, A. W., & Putra, G. D. (2024, January 30). Industri Fesyen Indonesia Sumbang 17 Persen Dari Nilai Ekonomi Kreatif. Pelaku Bisnis. Accessed from: https://pelakubisnis.com/2024/01/industri-fesyen-indonesia-sumbang-17-persen-dari-nilai-ekonomi-kreatif/
Finaka, A. W., Negara, S. B., & Putra, G. D. (2020). Indonesia Menuju Pusat Fesyen Muslim Dunia | Indonesia Baik. IndonesiaBaik. Accessed from: https://indonesiabaik.id/infografis/indonesia-menuju-pusat-fesyen-muslim-dunia
Fitri, A. N., Fabriar, S. R., & Hilmi, M. (2021). Branding fashion muslim (Studi analisis brand Wearing Klamby) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang dilakukan oleh Wearing Klamby ….
Herzadini, S. (2022). PENGARUH KONTEN INSTAGRAM FASHION MUSLIM BRAND L BY LAUDYA CYNTHIA BELLA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Followers …. repository.umj.ac.id. https://repository.umj.ac.id/13571/
Humas SetKab RI. (2019, May 1). Tahun Depan, Indonesia Siap Jadi Kiblat Fesyen Muslim Dunia. Sekretariat Kabinet. Accessed from: https://setkab.go.id/tahun-depan-indonesia-siap-jadi-kiblat-fesyen-muslim-dunia/
Kompasiana. (2017, January 21). Perkembangan Trend Fashion di Indonesia Halaman 1. Kompasiana.com. Accessed from: https://www.kompasiana.com/annisamega/588321f3cc92731105931d89/perkembangan-trend-fashion-di-indonesia?page=all
Kurniawan, G. (n.d.). … DAN GREEN INNOVATION TERHADAP MARKETING PERFORMANCE MELALUI COMPETITIVE ADVANTAGE PADA KONSEP GREEN FASHION BUSANA MUSLIM. Repository.Stieyapan.Ac.Id. http://repository.stieyapan.ac.id/id/eprint/200/
LAFIYE - Cultivate Beauty in Versatility. (2024, January 30). Accessed from: https://www.lafiye.com/
LESTARI, N. A. (2023). … SOCIAL MEDIA MARKETING DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FASHION MUSLIM MELALUI BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL …. etd.umy.ac.id. https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39484/
Malik, A., & Nugroho, A. D. (2016, September 9). MENUJU PARADIGMA PENELITIAN SOSIOLOGI YANG INTEGRATIF. Jurnal Sosiologi Reflektif, 10 (2), 65-84. https://doi.org/10.14421/jsr.v10i2.515 DOI: https://doi.org/10.14421/jsr.v10i2.515
Maulina, L. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser, Fashion Brand Image, Dan Attitude Terhadap Repurchase Intention Trend Busana Muslim Pada Generasi Milenial Muslim. repository.unair.ac.id. https://repository.unair.ac.id/101019/
Paujiah, R. R. (2023). … DIGITAL CONTENT MARKETING DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DAN OMZET PADA PRODUK FASHION MUSLIM CV SUKAHIJAB KOTA …. repositori.unsil.ac.id. http://repositori.unsil.ac.id/10725/
Prameswari, N. S., Krisnawati, M., Widagdo, P. B., & Luthfia, K. H. (2023, October 28). Desain E-Katalog UMKM Fesyen “Womanpreneur Community” Surakarta dalam Transformasi Ekonomi Digital. Fashion and Fashion Education Journal, 12 (2). https://doi.org/10.15294/ffej.v12i2.74315 DOI: https://doi.org/10.15294/ffej.v12i2.74315
Puspaningtyas, L., & Nasution, D. D. (2023, February 22). Industri Fesyen jadi Andalan Ekspor Ekraf dengan Porsi 61,5 Persen | Republika Online. Ekonomi. Accessed from: https://ekonomi.republika.co.id/berita/rqhk3b502/industri-fesyen-jadi-andalan-ekspor-ekraf-dengan-porsi-615-persen
Qurniawati, R. S., Rukmi, I. S., & Nurohman, Y. A. (n.d.). BRAND ENGAGEMENT IN SELF CONCEPT PADA PEMBELIAN FASHION MUSLIM GENERASI Z DI JAWA TENGAH. Jurnal Manajemen Dayasaing. https://journals.ums.ac.id/index.php/dayasaing/article/view/23498
Raissa, C. A. R., & Ahmadi, D. (2022, December 20). Kegiatan Media Relations Dalam Mempertahankan Citra Positif. Jurnal Riset Public Relations, 2 (2), 59-66. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.1087 DOI: https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.1087
Ratnasari, E. (2021, August 21). Analisis Sentimen Kepala Daerah Terpilih Jelang dan Pasca Pelantikan Resmi Sebagai Pemimpin Daerah Terpilih Pada Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah 2020. Dialektika Komunika: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah, 9 (1). https://doi.org/10.33592/dk.v9i1.1573 DOI: https://doi.org/10.33592/dk.v9i1.1573
Setiawan, A. G., & Sesilia, O. TREND INDUSTRI FESYEN DI INDONESIA. BINUS UNIVERSITY. Accessed from: https://binus.ac.id/bandung/2019/12/trend-industri-fesyen-di-indonesia/
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyani, M., Yulianti, S., & Qotrunnada, Q. (2022, August 08). IMPACT OF CELEBRITY ENDORSER (SELEBGRAM) ON CONSUMER PURCHASE INTEREST IN THE ONLINE HIJAB FASHION INDUSTRY: Case Study on Muslim Women Who Follow Celebrities On Instagram In Social Media. International Journal of Economy, Education, and Entrepreneurship, Vol. 2 No. 2. https://doi.org/10.53067/ije3.v2i2.88 DOI: https://doi.org/10.53067/ije3.v2i2.88
What is Brand24? - FAQ. Brand24. Accessed from: https://brand24.com/what-is-brand24/
WIJAYA, A. N. (2023). PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA BRAND FASHION MUSLIM KARITA DENGAN PERSEPSI …. etd.umy.ac.id. https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42655/