Analisis Pesan Dakwah Dalam Konten Login Season 2 Melalui Channel Youtube Deddy Corbuzier

Authors

  • Galuh Retnoningrum Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang image/svg+xml
  • Achmad Syarifudin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang image/svg+xml
  • Muhammad Randicha Hamandia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.47134/interaction.v1i4.3836

Keywords:

Pesan Dakwah, Konten Login Season 2, Youtube

Abstract

Penelitian ini berfokus pada bagaimana pesan dakwah dikemas melalui dialog dan interaksi host serta narasumber untuk menyampaikan nilai-nilai keagamaan, moral dan budaya kepada audiens yang menonton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja pesan dakwah dalam konten login season 2, bagaimana perspektif para tokoh agama mengenai konten login season 2 dan bagaimana konten ini berkontribusi dalam membentuk pemahaman keagamaan di era digital. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer yaitu data yang diperoleh dari penulis dari sumber pertama. Sumber data yang dimaksud adalah Konten Login Season 2 di channel youtube nya deddy corbuzier dan data sekunder yaitu data yang langsung dikumpulkan oleh peneliti sebagai penunjang dari sumber pertama. Dapat juga dikatakan data yang tersusun dalam bentuk dokumen- dokumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan observasi.  Sedangkan, teknik analisisnya menggunakan analisis isi atau content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pesan dakwah dalam konten Login season 2 di channel YouTube Deddy Corbuzier disampaikan melalui pendekatan yang inklusif, dialogis, dan kontekstual. Pesan-pesan keagamaan dan moral disampaikan secara santai namun tetap relevan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat, dengan melibatkan narasumber dari berbagai latar belakang. Pendekatan ini efektif dalam menarik perhatian generasi muda, meningkatkan pemahaman nilai-nilai spiritual, dan membangun toleransi antarumat beragama. Interaksi host dan narasumber menciptakan ruang diskusi yang dinamis, menjadikan dakwah lebih adaptif terhadap perubahan zaman.

References

Afriza. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (Jakarta: Rajawali Pers, 2014), hal. 178.

Deddy Corbuzier. (2024, Maret 15), Setelah Bertahun2, Vidi Akhirnya Percaya Tuhan... Gue Jadi Vidi Aldiano Yang Baru❗ - Login Eps 5. YouTube. https://youtu.be/jLi19FDP4GI?feature=shared

Andiani, N. (2023). Pesan Dakwah Habib Jafar Dalam Podcast The Leonardo’s.Artikel Ilmiah, 1.

Artikel Jurnal "Analisis Pesan Dakwah Pada Media Sosial Podcast Log In Habib Ja‟far dan Onad" oleh Muhammad Hilmi Sya‟bani,

Abdur Razzaq dan Muhammad Randicha Hamandia, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, 2024

Artikel Jurnal "Analisis Pesan Dakwah Pada Media Sosial Podcast Log In Habib Ja‟far dan Onad" oleh Muhammad Hilmi Sya‟bani,

Abdur Razzaq dan Muhammad Randicha Hamandia, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, 2024, hal. 3.

Artikel Jurnal "Analisis Pesan Dakwah Pada Media Sosial Podcast Log In Habib Ja‟far dan Onad" oleh Muhammad Hilmi Sya‟bani,

Abdur Razzaq dan Muhammad Randicha Hamandia, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, 2024, hal. 5.

Bakry, U. S. Pemanfaatan Metode Etnografi dan Netnografi dalam Penelitian Hubungan Internasional, Global & Strategis, Th. 11, No. 1, hal. 21

Bulaeng, A. (2004). Metodologi Penelitian Komunikasi Kontemporer, (Yogyakarta: Penerbit Andi Offset, 2004, hal. 171

Eriyanto. (2019). Analisis Isi Pengantar Metodologi Untuk Penelitiam Ilmu Komunikasi Dan Ilmu-Ilmu Sosial Dan Lainnya (Jakarta: Kencana, 2019), hal. 10

Fauzi, A., et al. (2022). Metodologi Penelitian. Jawa Tengah: CV. Pena Persada. Fauzi. 2023. “Strategi Dakwah Di Era Digital Dalam

Meningkatkan Pemahaman Agama Islam.” Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah Dan Masyarakat Islam13 (1), hal. 42

Fitrah, M. & Luthfiyah. (2017). “Metode Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus”,ْ(Sukabumi: CV. Jejak, 2017), hal. 31

Fitri, S. (2021). Pesan-pesan Dakwah dalam Film Negeri 5 Menara, ‖ Skripsi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Alauddin Makassar, 2017, hal. 23. Sarifuddin azwar, Metode Penelitian (Yogyakarta :pustaka pelajar, 2021). hal. 7

Handayani, F. (2020). Analisis Pesan Dakwah Dalam Program Animasi Islami Indonesia Serial Riko the Series (Episode Lebih Baik Memaafkan Di Akun Youtube Riko the Series)

Hayat, N. M., Riam, Z. A. (2022). (Peran Komunikasi Dakwah di Era Digital Upaya Maksimal Pembelajaran Agama Islam), 2022, hal. 238

Holsti, R. "Contents Analysis for the Social Sciences and Humanities", melalui Wisnu Marta Adipura, "Analisis Isi", dalam buku Metodologi Riset Komunikasi: Panduan untuk Melakukan Penelitian Komunikasi, Suntingan Pitra Narendra, (Yogyakarta: Balai Kajian dan Pengembangan Informasi Yogyakarta dan Pusat

Holsty, R, et.al. (1969). Content Analysis dalam Handbook of Social Phsycology Edited by Darder Kindzay & Billiot Aronson, (Cambridge Massactusset Addision Wesley, 1969), hal. 589-600.

Husna, N. (2023). Login Di Close the Door : (Dakwah Digital Habib Ja’Far Pada Generasi Z). Selasar KPI : Referensi Media Komunikasi Dan Dakwah, 3(1), 2023, hal. 38–47

Ilahi, W. (2017). Komunikasi Dakwah, (Bandung: Remaja Rosdakarya, cet. I) hal. 91 Walidah, I. Al. (2017). Tabayyun di Era Generasi Milenial. Jurnal Living Hadis, 2 (1), hal. 320

Indrawan, J., Efriza., & Ilmar, A. (2020). “ Kehadiran Media Baru (New Media) Dalam Proses Komunikasi Politik.” Medium8 (1), hal. 1–17

Jumroni. (2006). Metode-Metode Penelitian Komunikasi, (Jakarta: UIN Jakarta Press, 2006), hal. 66

Juniatri, E., Sururuddin., & Wahyuni, M. (2022). ‘Pesan Moral Pada Film Mencari Hilal: Analisis Semiotika Roland Barthes’, Journal of Religion and Film, 1.2 (2022), 96–115, hal. 100

Kaharuddin. (2021). “Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi”,ْEquilibrium: Jurnal Pendidikan, Vol. 9. No. 1, (2021), hal. 4

Kajian Media dan Budaya Populer Yogyakarta, 2008), hal. 104. 2 Agus Rohmawati, Fatihatul Lailiyah, Analisis Isi Pesan Nilai Sosial dalam Iklan Bukalapak.com Periode Bulan Januari 2017-Bulan April 2018. PAWITRA KOMUNIKA, Jurnal Komunikasi dan Sosial Humaniora, Vol. 1 No. 1, Juni 2020. hal. 3

Konten Login Season 2, Episode 05, Observasi Peneliti pada tanggal 12 Oktober 2024,pukul 19:30.https://youtu.be/jLi19FDP4GI?feature=shared, diunggah pada 15 Maret 2024,

Konten Login Season 2, Episode 22, Observasi Peneliti pada tanggal 12 Oktober 2024, pukul 20:00. https://youtu.be/jLi19FDP4GI?feature=shared, diunggah pada 01 April 2024.

Konten Login Season 2, Episode 30, Observasi Peneliti pada tanggal 12 Oktober

Mardiana, R. (2020). “Daya Tarik Dakwah Digital Sebagai Media Dakwah untuk Generasi Milenial”, 2020, hal. 148

Moh. Ali Aziz, Ilmu Dakwah, hal. 292

Mubarak, M. S., Halid, Y., Al-Munzir. (2020). Dakwah yang Menggembirakan Perspektif Al-qur’an (Kajian terhadap qs. An-nahl ayat 125) 2020, hal. 42

Muhadjir, N. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi IV. (Yogyakarta: Rake Sarasin, 2000), hal. 71.

Muhajirin, & Ponamara, M. (2019). Pendekatan Praktis Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif (yogyakarta: idea press, 2019), hal. 21

Najih, S., Hasanah, M. (2022). Dalam Al-Qur’an dan Implementasinya dalam Bimbingan Konseling Islam, “Ilmu Dakwah” Jurnal.

Nikmah, F. (2020). “Digitalisasi dan Tantangan Dakwah di Era Milenial”: Jurnal Kajian Islam Kontemporer., hal. 50

Nurjanah, R. H. Mutrofin, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia. Yang berjudul “Analisis Pesan Dakwah Dalam Konten Login Melalui Channel Youtube Deddy Corbuzier”

Observasi peneliti sejak 11 Maret 2024 hingga 09 April 2024

Pakpahan, C. J. P. (2023). Komunikasi Dakwah dalam Pembinaan Spiritual Penyandang Disabilitas Mental di Sentra “Dharma Guna” bengkulu), Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, 2023, hal. 33

Prasdina, V. M. (2022). ”Analisis Konten Dakwah Pada Akun Media Sosial Instagram @Hanan_Attaki (Periode Januari – Mei 2021),”(Skripsi Universitas Islam Negeri Prof.K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto, 2022)

Rahma, M. A., Apriliani, N. “Transformasi Dakwah di era milenial :Analisis konten Login Habib Ja’far pada channel youtube Deddy Corbuzier”(Jurnal Universitas Islam Negeri Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.)

Rakhmat, J. (2002). Metode Penelitian Komunikasi, (Bandung: PT. Rosdakarya,2002), cet. Ke-2, hal. 89.

Risantoso, (2020). DAWUH: Islamic Communication Journal, 2020, hal. 34-39.

Sahir, S. H. (2022). “Metodologi Penelitian ”, (Yogyakarta : Kbm Indonesia, 2022), hal. 47-48

Said, N. M. (2022). Metode Dakwah (Studi AlQur’an Surah an-Nahl Ayat 125), Jurnal diakses pada Dakwah Tabligh, 2022.

Salam, A., Muliaty, A., Kamaluddin. T. (2020). Jurnal Washiyah Volume 1 No 3, September, 2020, hal. 653-665

Sherlyani & Riswari, C. R. A. (2024). (Analisis Konten Youtube Batarbangan Sebagai Media Penyebaran Informasi Kepada Masyarakat), 2024, hal. 9

Sugiarti. (2020). Eggy Fajar Andalas dan Arif Setiawan, “Metode Penelitian Kualitatif Sastra”,ْ (Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2020), hal. 89

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif (bandung: Alfabeta, 2019),hal.29-58

Syahidin., Putri, Y. D. (2017). Pesan Dakwah dalam Film Sang Kiai, Skripsi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, IAIN Bengkulu, 2017, hal. 28

Utami, F. T. & Zanah, M. Youtube Sebagai Sumber Informasi Bagi Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 11(1), 2021, hal. 78–84

Downloads

Published

2025-03-04

How to Cite

Retnoningrum, G., Syarifudin, A., & Hamandia, M. (2025). Analisis Pesan Dakwah Dalam Konten Login Season 2 Melalui Channel Youtube Deddy Corbuzier. Interaction Communication Studies Journal, 1(4), 14. https://doi.org/10.47134/interaction.v1i4.3836

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.