Analisis Konten pada Pemberitaan Mengenai Mobil Listrik di Channel Youtube CNBC Indonesia

Authors

  • Muhamad Rizki Alzani Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Achmad Syarifudin Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Anita Trisiah Universitas Islam Negeri Raden Fatah

DOI:

https://doi.org/10.47134/ijat.v1i3.3142

Keywords:

Analisis Konten, Mobil Listrik, CNBC Indonesia

Abstract

Penelitian ini merumuskan masalah terkait bagaimanakah analisis pada konten pemberitaan mengenai mobil listrik di Channel Youtube CNBC Indonesia. Jenis Penelitian ini menggunakan metode analisa kualitatif dan pendekatan menggunakan metode analisa konten berupa teori analisis framing.  Subjek penelitian ini bersumber dari konten video yang ada di channel Youtube CNBC Indonesia. Channel Youtube CNBC Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian diperoleh analisis pada konten pemberitaan mengenai mobil listrik di Channel Youtube CNBC Indonesia yaitu pada penelitian ini dilakukan pada 5 video konten berita di Youtube CNBC Indonesia. 5 video konten berita tersebut dipilih berdasarkan jumlah viewers terbanyak yang terkait dengan mobil listrik. Secara keseluruhan, kelima video memberikan framing yang komprehensif tentang isu-isu terkait teknologi mobil terbang dan mobil listrik melalui empat fase elemen framing. Setiap video menunjukkan kompleksitas isu yang diangkat dan menawarkan pandangan yang seimbang mengenai potensi dan tantangan teknologi ini, serta langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan transportasi yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

References

Akbar, A. (2018). Efektifitas Youtube Sebagai Media Penyebaran Informasi (Studi pada Serambi on TV). [Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry].

Asfar, I. T., & Andi, M. (2019). Analisis naratif, analisis konten, dan analisis semiotik (Penelitian kualitatif). No. January, 1-13.

Bengi, U. S. (2021). Hijrah Cinta Anak Muda: Analisis Framing Konten Youtube Ustadz Hanan Attaki. [Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry].

BPPT. (2021). OUTLOOK ENERGI INDONESIA 2021: Perspektif Teknologi Energi Indonesia: Tenaga Surya untuk Penyediaan Energi Charging Station. Tangerang: Pusat Pengkajian Industri Proses dan Energi (PPIPE).

Burgess, J., & Green, J. (2009). YouTube: Online video and participatory culture. Cambridge, England: Polity.

CNBC Indonesia. (n.d.). Tentang Kami: Sejarah dan Visi Misi CNBC Indonesia. CNBC Indonesia. Diakses pada 2 Agustus 2023, dari https://www.cnbcindonesia.com/.

Fajar Wiko, M., Hardiono, B., & Wahab, Z. (2020). Analisis Penggunaan Media YouTube dan Instagram pada Anggota Kelompok Suporter Sriwijaya FC dalam Mengonsumsi Informasi. Jembatan: Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 179-208. DOI: https://doi.org/10.29259/jmbt.v17i2.12265

Hadiwinata, L. N., Murtiningsih, B. S. E., & Berto, A. R. (2022). Analisis Teks dan Jaringan Promosi Media Sosial Youtube Mobil Listrik IONIQ 5 Menggunakan Metode SNA. Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis, 7(1). DOI: https://doi.org/10.24853/pk.7.1.1-18

Kelecsenyi, M., Nilsson, J., & Safari, H. (2022). The Electric Upswing: A Quantitative Study Of Electric Vehicle Attributes And Consumer Attitudes Influence On Purchase Intent In Sweden. Vasteras: Malardalen University.

Mulyana, D., & Eriyanto. (2011). Analisis Framing. Yogyakarta: LkiS Yogyakarta.

Parinduri, L., Yusmartato, & Parinduri, T. (2018). Kontribusi Konversi Mobil Konvensional ke Mobil Listrik Dalam Penanggulangan Pemanasan. Journal of Electrical Technology Fakultas Teknik USU, 3(2), 116.

Pratama, W., Murdiati, E., & Trisiah, A. (2023). Analisis Semiotika Humor Vincent Dan Desta Dalam Youtube Vindes. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 3(2), 542-546. DOI: https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i1.674

Republik Indonesia. (2019). Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Sudjoko, C. (2021). Strategi Pemanfaatan Kendaraan Listrik Berkelanjutan sebagai Solusi untuk Mengurangi Emisi Karbon. Jurnal Paradigma: Jurnal Multidisipliner Mahasiswa Pascasarjana Indonesia, 2(2), 55.

Taruna Wiharjo, K. E. (2022). Analisis Isi Pesan Moral Pada Serial Podcast Youtube Deddy Corbuzier Dalam Episode "Saya Bongkar Semua Siksa Gaga Ke Laura". [Skripsi, Universitas Bhayangkara Surabaya].

Trisiah, A., de Vries, G., & de Brujin, H. (2022). Framing Geothermal Energy in Indonesia: A Media Analysis in A Country with Huge Potential. Environmental Communication. DOI: https://doi.org/10.1080/17524032.2022.2144403

Tulus, V., & Sidabutar, P. (2020). Kajian Pengembangan Kendaraan Listrik Di Indonesia: Prospek Dan Hambatannya. Jurnal Paradigma Ekonomika, 15(1). DOI: https://doi.org/10.22437/paradigma.v15i1.9217

Umardi, R. I. (2022). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Wisata Taman Belakembang Surakarta. [Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta].

Utami, I., Yoesgiantoro, D., & Sasongko, N. A. (2022). Implementasi Kebijakan Kendaraan Listrik Indonesia Untuk Mendukung Ketahanan Energi Nasional. Jurnal Ketahanan Energi, 8(1), 49-65.

Wirga, E. W. (2016). Analisis Konten Pada Media Sosial Video Youtube Untuk Mendukung Strategi Kampanye Politik. Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, 21(1).

Zumain, M. A. (2009). Prototipe Mobil Listrik dengan Menggunakan Motor DC Magnet Permanen 0,37 HP. [Skripsi, Universitas Indonesia].

Downloads

Published

2024-08-07

How to Cite

Alzani, M. R., Syarifudin, A., & Trisiah, A. (2024). Analisis Konten pada Pemberitaan Mengenai Mobil Listrik di Channel Youtube CNBC Indonesia. Indonesian Journal of Applied Technology, 1(3), 12. https://doi.org/10.47134/ijat.v1i3.3142

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.