Penerapan Augmented Reality dalam Pendidikan Anatomi Manusia di Sekolah Menengah

Authors

  • Emelin Yuan Lorin Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Hindarto Hindarto Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Cindy Taurusta Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/ijat.v1i3.3067

Keywords:

Augmented Reality, Organ Vital Manusia, Pembelajaran Interaktif, MDLC

Abstract

: Penelitian ini membahas mengenai penerapan teknologi Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran anatomi organ vital manusia di tingkat Sekolah Menengah dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas AR dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap struktur dan fungsi organ vital manusia. Melibatkan siswa Sekolah Menengah sebagai subjek penelitian, kami mengembangkan aplikasi AR berdasarkan MDLC untuk menyajikan informasi anatomi secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan AR secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap anatomi organ vital. Siswa menunjukkan tingkat keterlibatan yang tinggi dan respons positif terhadap penggunaan teknologi AR dalam pembelajaran anatomi. Dengan memanfaatkan MDLC, pengembangan aplikasi AR dapat dilakukan secara terstruktur dan efisien, memastikan kualitas dan relevansi materi pembelajaran. Implikasi penelitian ini menggarisbawahi potensi AR sebagai alat pembelajaran inovatif untuk meningkatkan efektivitas pendidikan anatomi di tingkat Sekolah Menengah.

References

Cahyaningsih, D., Az-zahra, H. M., & Aknuranda, I. (2021). Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Bimbingan dan Konseling berbasis Aplikasi Web menggunakan metode Human Centered Design ( Studi Kasus : SMK Muhammadiyah 1 Malang ). 5(10).

Christiano, D., Wenthe, M., Raya, U. P., Bagus, P., Anughra, A., Raya, U. P., Pranatawijaya, V. H., & Raya, U. P. (2021). Aplikasi pengenalan objek untuk anak usia dini menggunakan teknologi augmented reality. June.

Computech, J. (2021). IMPLEMENTASI MDLC ( MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE ) DALAM PEMBUATAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN KITAB SAFINAH. 15(1), 15–24.

Danuri, M. (2019). PERKEMBANGAN DAN TRANSFORMASI. 116–123.

Desyani, T., Nirmala, E., Lisdiarto, A., Ridwan, H., & Kukuh, R. W. (2022). Pengujian Black Box pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web Menggunakan Metode Equivalence Partitioning. 7(1), 79–82.

Eranda, J., Roshan, H., & Indika, K. (2023). Student and lecturer perceptions of augmented and virtual reality in anatomy : A Sri Lankan case study. 8(July 2022), 61–63. DOI: https://doi.org/10.29060/TAPS.2023-8-1/CS2852

Fauseh, F., Insani, R. W. S., & Brianorman, Y. (2021). Implementasi Linear Congruent Method Untuk Pengacakan Soal Pada Aplikasi Bank Soal Berbasis Website. Digital Intelligence, 2(1), 47–58. https://doi.org/10.29406/diligent.v2i1.2741 DOI: https://doi.org/10.29406/diligent.v2i1.2741

Fitriani, L., Erwin, R., Rahayu, G., & Firmansyah, R. (n.d.). Rancang Bangun Media Pembelajaran Pengenalan Organ Dalam Tubuh Manusia dengan Penerapan Metode Augmented Reality. 574–582. DOI: https://doi.org/10.33364/algoritma/v.18-2.971

Ginanjar, A. (2019). Dampak Media Sosial Terhadap Komunikasi Antar Pribadi Orang Tua dan Anak (Studi Kasus Desa Bulu Sari Kecamatan Bumi Ratu Nuban Kabupaten …. repository.radenintan.ac.id. http://repository.radenintan.ac.id/7780/1/skripsi.pdf

Hakim, Z., & Meilina, P. (2022). Sistem Informasi Akademik Berbasis Webiste ( Studi Kasus : Smpit Avicenna ). JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 12(3), 32–37.

Halimah, D. N., & Nawangsih, E. (2021). Studi Deskriptif Mengenai Happiness pada Mahasiswa Pengguna Media Sosial di Kota Bandung. Jurnal Riset Psikologi. https://www.academia.edu/download/103805109/115.pdf

Hamdani, A., Mahmudi, A., & Auliasari, K. (2020). AUGMENTED REALITY PENGENALAN ORGAN DALAM MANUSIA MENGGUNAKAN METODE MARKER BERBASIS ANDROID. 4(1), 74–81. DOI: https://doi.org/10.36040/jati.v4i1.2318

Hidaya, N., Qalby, N., Alaydrus, S. S., & ... (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Penyebaran Hoax Oleh Digital Native. Makassar: Universitas …. https://www.researchgate.net/profile/Nurul-

Hidayaa/publication/330135150_PENGARUH_MEDIA_SOSIAL_TERHADAP_PENYEBARAN_HOAX_OLEH_DIGITAL_NATIVE/links/5c2f412992851c22a3588e15/PENGARUH-MEDIA-SOSIAL-TERHADAP-PENYEBARAN-HOAX-OLEH-DIGITAL-NATIVE.pdf

Ilat, I. P., Tapada, J., Durandt, C., & ... (2023). DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL BAGI KESEHATAN MENTAL REMAJA. Jurnal Ilmiah Wahana …. http://www.jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/download/7526/4687

Kharismajati, G., & Umar, R. (2021). Promotion of Purbalingga Tourism Object Using Augmented Reality Location Based Service & Virtual Reality 360 0 Based on Android. 9(2), 229–238. DOI: https://doi.org/10.30595/juita.v9i2.9857

Khumairoh, U. (2021). Dampak konglomerasi media terhadap industri media massa dan demokrasi ekonomi politik di era konvergensi media. Muqoddima Jurnal Pemikiran Dan Riset Sosiologi. https://www.academia.edu/download/72087685/182.pdf DOI: https://doi.org/10.47776/MJPRS.002.01.05

Nurfitri, A., Rahma, D., Octaverino, M. I. Y., & ... (2022). Dampak Media Sosial Terhadap Perilaku Pelajar Muslim Di Era Society 5.0. Ar-Rasyid: Jurnal …. https://scholar.archive.org/work/3buamxavwbeg7kknjcaa3wz7zm/access/wayback/http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ARRASYID/article/download/10283/pdf_21

Oktaviani, N., & Sauda, S. (2019). Pemodelan dan Implementasi Aplikasi Mobile Umrah Guide Menggunakan Unified Modeling Language. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 177–186. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.184 DOI: https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.184

Priana, A., Sutjipto, V. W., & Romli, N. A. (2022). Hubungan Penggunaan Media Sosial Instagram@ riliv dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kesehatan Mental Followers. CoverAge: Journal of …. https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/coverage/article/download/3097/1721 DOI: https://doi.org/10.35814/coverage.v12i2.3097

Pujiono, A. (2021). Media sosial sebagai media pembelajaran bagi generasi Z. Didache: Journal of Christian Education. https://www.academia.edu/download/81013979/pdf.pdf DOI: https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.396

Putra, A. D., Susanto, M. R. D., & Fernando, Y. (2023). Penerapan MDLC Pada Pembelajaran Aksara Lampung Menggunakan Teknologi Augmented Reality. 32–43.

Rahmawati, E., Hadie, V. F., & ... (2020). Dampak media sosial terhadap perubahan perilaku sosial ekonomi petani di Desa Srigading Kabupaten Bantul. Jurnal Ilmiah …. https://pdfs.semanticscholar.org/4bb5/7148bbbd26c174e1a9a62323a41b64532f27.pdf/1000 DOI: https://doi.org/10.37149/jimdp.v5i1.10609

Rohmanto, R., & Setiawan, T. (2022). Perbandingan Efektivitas Sistem Pembelajaran Luring dan Daring Menggunakan Metode Use case dan Sequence Diagram. INTERNAL (Information System Journal), 5(1), 53–62. https://doi.org/10.32627/internal.v5i1.506 DOI: https://doi.org/10.32627/internal.v5i1.506

Stella, H., Lie, G., & Syailendra, M. R. (2023). … Penyebaran Berita Bohong Berdasarkan UU ITE terhadap Dampak Dari Kebebasan Berpendapat Masyarakat di Media Sosial (Kriminalisasi Kasus Jerinx). … : Journal of Universal …. https://ejournal.penerbitjurnal.com/index.php/multilingual/article/download/614/538

Sumaryana, Y., & Hikmatyar, M. (n.d.). APLIKASI ALAT BANTU PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE ( MDLC ) THE APPLICATION OF PRIMARY SCHOOL LEARING TOOLS USING MULTIMEDIA DEVELOPMENT METHOD LIFE CYCLE ( MDLC ). MDLC, 117–124. DOI: https://doi.org/10.36342/teika.v10i2.2381

Triyono, T., & Rimadani, R. (2019). Dampak Cyberbullying Di Media Sosial Pada Remaja Dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Neo Konseling. https://pdfs.semanticscholar.org/8c4d/4008de813e3897d8d7c63c71a2cc247e1548.pdf DOI: https://doi.org/10.24036/0096kons2019

Wijaya, A., & Dijaya, R. (2021). Brosur digital wisata bukit gandrung di desa medowo kediri berbasis augmented reality. 06, 305–317. DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v6i2.2003

Downloads

Published

2024-07-22

How to Cite

Lorin, E. Y., Hindarto, H., & Taurusta, C. (2024). Penerapan Augmented Reality dalam Pendidikan Anatomi Manusia di Sekolah Menengah. Indonesian Journal of Applied Technology, 1(3), 15. https://doi.org/10.47134/ijat.v1i3.3067

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.