Analisis Resepsi Masyarakat Terhadap Desain Grafis pada Billboard Kampanye Program Pemerintah Daerah

Authors

  • Fitrah Amirullah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Nur Maghfira Aesthetika Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/dkv.v1i1.2621

Keywords:

Desain Grafis, Kampanye Publik, Iklan Papan Reklame, Komunikasi Pemerintah, Efektivitas desain

Abstract

Studi ini menilai efektivitas desain grafis dalam komunikasi kampanye pemerintah melalui media billboard luar ruang. Dengan menggunakan analisis kuantitatif terhadap keterlibatan dan pemahaman penonton, penelitian ini mengkaji dampak elemen desain grafis terhadap penerimaan komunitas terhadap kampanye publik. Temuan menunjukkan bahwa strategi desain saat ini pada billboard kurang optimal, mengakibatkan keterlibatan publik dan retensi pesan yang tidak memadai. Hasil ini menekankan kebutuhan akan perbaikan desain strategis untuk meningkatkan kekuatan komunikatif dari kampanye program pemerintah. Implikasi dari studi ini menyarankan pedoman yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efektivitas desain grafis dalam periklanan sektor publik, dengan tujuan mengoptimalkan daya tarik estetika dan penyampaian informasi penting secara fungsional.

References

Anggraini, L., & Nathalia, K. (2016). Desain Komunikasi Visual Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula. Nuansa Cendekia.

Balai Pustaka. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Caufield, K. (2012). Analyzing the effects of brand mascots on social media: Johnson City Power Board case study (Master’s thesis). East Tennessee State University.

Champaca, M., & Irawan, S. (2022). Inovasi Desain Produk Obeng Berbentuk Ubur-ubur Berbasis Artificial Intelligence. Seminar Nasional Teknik UISU, 1–8.

Damayanti, H. B. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Tasya Farasya, Brand Image dan Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Kecantikan Focallure (Studi Korelasi Kuantitatif pada Pengaruh Celebrity Endorser Tasya Farasya, Brand Image dan Iklan terhadap Minat Beli Konsumen Produk Kecantikan Focallure di Kalangan Mahasiswi S-1 Ilmu Komunikasi Fisip UNS). Jurnal Kommas, 1(1), 67-87.

Daniar, A., & Wardani, N. K. (2021). Analisis Komunikasi Visual pada Poster Covid-19 Sebagai Media Komunikasi di Instagram Kabupaten Tuban. Prosiding SNADES 2021 – Kebangkitan Desain & New Media: Membangun Indonesia di Era Pandemi, 188-191.

Effendi, C., & Satwiko, P. (2021). Peran Artificial Intelligence dalam Tahap Perencanaan dan Perancangan Desain Arsitektur. JoDA Jurnal Digital Arsitektur, 1(1), 52. https://doi.org/10.24167/joda.v1i1.3682 DOI: https://doi.org/10.24167/joda.v1i1.3682

Fadeli, M., Wardhani, T. F., & Setiawan, A. (2022). Semiotika Kampanye Politik Melalui Papan Reklame. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi, 6(1), 9–18. DOI: https://doi.org/10.56873/jimik.v6i1.176

Gultom, R. B., & Kriswantoro, D. (2020). Komunikasi Visual Melalui Desain Grafis Pada Media Massa: Studi Kasus Majalah. Jurnal Elemen, 6(2), 111-118.

Handriyani, S., Wijaya, T., & Anggrianto, S. C. (2023). Aplikasi Desain Canva: Ancaman atau Alat yang Membantu Kerja Desainer Grafis?. IMATYPE Jurnal Desain Grafis, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.37312/imatype.v2i1.6602 DOI: https://doi.org/10.37312/imatype.v2i1.6602

Harris, K. A. (2020). Eksistensi Papan Reklame (Billboard) Sebagai Sumber Informasi Masyarakat Pekanbaru (Master’s thesis). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Hendratman, H. (2013). Computer Graphic Design. Informatika.

Hermawan, C. A. (2020). Strategi Komunikasi PT. Hypefast Karya Nusantara dalam Mempromosikan Iklan Billboard di Times Square, New York (Bachelor’s thesis). Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah.

Juliani, W. M., & Aesthetika, N. M. (2018). Analisis Framing Personal Branding Agus Harimurti Yudhoyono pada Detik.com. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 137-144. DOI: https://doi.org/10.21070/kanal.v6i2.1936

Kasali, R. (1992). Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. PT Pustaka Utama Grafiti.

Krippendorff, K. (2019). Visual Communication Research Design. Routledge.

Kurniawati, E., Ayu, A., Nugroho, & Naryoso, A. (2019). Pengaruh Terpaan Iklan Media Luar Ruang dan Frekuensi Diskusi Antar Tetangga terhadap Perilaku Disiplin Protokol Kesehatan (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Masyarakat Kecamatan Pedurungan Kota Semarang). Interaksi Online, 9(4), 250-262.

Kusrianto, A. (2009). Pengantar Desain Komunikasi Visual. ANDI.

Kusumawati, D. (2018). Pengaruh Desain Grafis Terhadap Minat Baca pada Media Massa. Jurnal ASPIKOM, 5(1), 144-156.

Larousse. (1994). French-English Dictionary.

Madcoms. (2010). Facebook, Twitter, dan Plurk dalam Satu Genggaman. ANDI.

Mallick, M. (2003). Mobile and Wireless Design Essentials. Wiley Publishing.

Morrisan, M. A. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Kencana Prenada Media Group.

Narbuko, C., & Achmadi, A. H. (2009). Metodologi Penelitian. PT Bumi Aksara.

Oktarina, R., & Wulan, A. (2023). Pengaruh Desain Grafis Billboard dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat terhadap Program Pemerintah. Jurnal Komunikasi Bisnis, 11(1), 47-56.

Priana, A. (2020). Efektivitas Iklan Baliho Grace Natalie dalam Meningkatkan Citra Diri sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Tahun 2019. Commed: Jurnal Komunikasi dan Media, 4(2), 108-122. DOI: https://doi.org/10.33884/commed.v4i2.1652

Sanjaya, N. (2020). Studi Desain Produk Inovatif Tas Ransel Berbasis Artificial Intelligence. Seminar Nasional Teknik UISU, 1–6.

Santoso, B. (2018). Efektivitas Desain Grafis dalam Komunikasi Visual Media Massa. Jurnal Komunikasi ASPIKOM, 3(2), 123-133.

Setiawan, A. (2021). Komunikasi Visual pada Media Iklan Billboard: Studi Semiotika Analisis Deskriptif Komunikasi Visual Iklan Billboard Pilkada Kabupaten Sidoarjo Tahun 2020. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19(2), 123-134.

Sobron, M., & Lubis. (2021). Implementasi Artificial Intelligence Pada Sistem Manufaktur Terpadu. Seminar Nasional Teknik UISU, 4(1), 1–7. Retrieved from https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek/article/view/4134

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumendap, I. N., Rambing, R., & Ranuntu, G. C. (2021). Makna Denotasi dan Makna Konotasi pada Film 3 Idiots Karya Rajkumar Hirani. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 21.

Takaeb, A. E. L. (2019). Gambaran Efektivitas Spanduk Sebagai Media Komunikasi Kesehatan di Desa Oemasi. Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 8(1), 1277-1283.

Wijaya, P. R., & Widyanigsih, N. (2023). Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Kopi Gula Aren Versi "Angga Aldi Yunanda & Syifa Hadju." Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 527. DOI: https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i2.11106

Wijaya, R., & Widyasari, N. A. (2019). Peran Desain Grafis dalam Meningkatkan Efektifitas Komunikasi Visual Media Online. Jurnal Visi Komunikasi, 18(1), 1-12. DOI: https://doi.org/10.22441/visikom.v18i1.6520

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Amirullah, F., & Aesthetika , N. M. (2024). Analisis Resepsi Masyarakat Terhadap Desain Grafis pada Billboard Kampanye Program Pemerintah Daerah. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 1(1), 12. https://doi.org/10.47134/dkv.v1i1.2621

Issue

Section

Articles