Tinjauan Perancangan Media Panduan Visual Untuk Edukasi Pengendara Motor di Bandung
DOI:
https://doi.org/10.47134/dkv.v2i1.3633Keywords:
Berkendara, Edukasi lalu lintas, Panduan visual, Pelanggaran aturan, Etika berkendaraAbstract
Berkendara merupakan aktivitas penting yang dilakukan masyarakat untuk mencapai tujuan. Namun, dengan meningkatnya volume kendaraan di kota besar, diperlukan peraturan untuk menjaga ketertiban dan keselamatan berlalu lintas. Penelitian ini menggunakan metode semiotika dan pendekatan kuantitatif dengan 103 responden, sebagian besar terdiri dari remaja dan mahasiswa. Kuesioner menanyakan pemahaman dan pengalaman berkendara. Hasilnya menunjukkan bahwa banyak pengendara, terutama remaja, masih melanggar aturan dasar, seperti tidak menggunakan helm dan lampu sein. Meskipun 99% responden setuju bahwa edukasi lalu lintas penting, masih terdapat kekhawatiran mengenai keselamatan berkendara. Penelitian ini menyoroti kurangnya pemahaman tentang etika berkendara yang aman dan pentingin edukasi secara efektif. Sosialisasi yang rendah tentang keselamatan berkendara menjadi faktor utama peningkatan kecelakaan. Oleh karena itu, perlu adanya pendekatan edukasi yang lebih baik untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman mengenai keselamatan lalu lintas di kalangan pengendara.
References
Amalia, E. L., Khairy, M. S., Ulfa, F., Charlinawati, D. S., Dewi, C. P., & Pristiyaningrum, E. (2020). Game Edukasi Lalu Lintas Berbasis Web untuk Meningkatkan Pemahaman Rambu Lalu Lintas. SMARTICS Journal, 6(1), 41–47. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/smartics.v6i1.4537
Amalia, F. M., & Nurmansyah, M. I. (2020). Perilaku Berisiko dalam Berkendara dan Kejadian Kecelakaan Sepeda Motor pada Mahasiswa. Window of Health : Jurnal Kesehatan, 3(4), 273–286. https://doi.org/10.33096/woh.v3i4.638
Darmawan, F. A., & Budi, N. (2019). Analisis Pengaruh Persepsi Resiko dan Persepsi pada Driving Task terhadap Perilaku Keselamatan Berkendara. Industrial Engineering Online Journal, 8(3), 7. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/24269
Djawa Gigy, D. P., Setyobudi, A., & Deviarbi Sakke Tira. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Risiko Kecelakaan Lalu Lintas Pada Siswa Sekolah Menangah Atas (Sma) Di Kota Kupang Tahun 2019. Jurnal Pangan Gizi Dan Kesehatan, 9(2), 1091–1099. https://doi.org/10.51556/ejpazih.v9i2.78
Faizin, N., Ali, M. M., & Ariatmanto, D. (2019). Perancangan Iklan Motion Graphic Keselamatan Berlalu Lintas Sebagai Knowledge Management Pada Media Sosial. Researchgate, October, 0–5. https://www.researchgate.net/publication/336837685
Januarta, I. K. A. Y., Santosa, N. A., & Pradnyanita, A. A. S. I. (2020). Perancangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Sarana Pengenalan Rambu Lalu Lintas Untuk Anak-Anak Di Denpasar. Journal Selaras Rupa, 1(2), 8. https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa
Jovan, R. (2023). Polda Jabar catat 9.014 kecelakaan lalu lintas pada 2023. Jabar.Antaranews.Com. https://jabar.antaranews.com/berita/487071/polda-jabar-catat-9014-kecelakaan-lalu-lintas-pada-2023?page=all
Lester, P. M. (2022). Visual Ethics: A Guide for Photographers, Journalists, and Media Makers, Second Edition. Visual Ethics: A Guide for Photographers, Journalists, and Media Makers, Second Edition, 1–226. https://doi.org/10.4324/9781003243045
Mansur, H., & Rafiudin, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 37–48. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.443
Muryatma, N. M. (2018). Hubungan Antara Faktor Keselamatan Berkendara Dengan Perilaku Keselamatan Berkendara. Jurnal PROMKES, 5(2), 155–166. https://doi.org/10.20473/jpk.v5.i2.2017.155-166
Ni Ketut Krisanthi Dewi Wangiyana. (2021). Perancangan Komik Sebagai Media Edukasi Dalam Mengenalkan Aturan Lalu Lintas Untuk Remaja. Institutional Repository Institut Seni Indonesia Yogyakarta, 15. https://digilib.isi.ac.id/9037/
Nur Mazidah Nafala. (2022). Implementasi Media Komik Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Al-Fikru : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 114–130. https://doi.org/10.55210/al-fikru.v3i1.571
Rahmana, P. N., N, D. A. P., & Damariswara, R. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Tik Toksebagai Media Edukasi Di Era Generasi Z. AKADEMIKA: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(02), 401–410. https://doi.org/https://doi.org/10.34005/akademika.v11i02.1959
Riechers, A. (2024). The Elements of Visual Grammar: A Designer’s Guide for Writers, Scholars & Professionals. The Elements of Visual Grammar: A Designer’s Guide for Writers, Scholars & Professionals, 1–222. https://www.scopus.com/inward/record.uri?partnerID=HzOxMe3b&scp=85201852676&origin=inward
Ristanto, V. T. (2020). Erancangan Komik Serba-Serbi Kejadian Di Jalanan Sebagai Media Informasi Keselamatan Berkendara. 19. https://digilib.isi.ac.id/7048/
Sahara, S., & Syuhada, F. (2023). Analisis Karakteristik Perilaku Pengendara Generasi Z Terhadap Keselamatan Lalu Lintas Di Universitas Negeri Jakarta. ADVANCES in Social Humanities Research, 1(10), 2012–2023. https://doi.org/https://doi.org/10.46799/adv.v1i10.129
Setiabudi, H., Iswandi, H., & Halim, B. (2016). Perancangan Kampanye Sosial Tertib Dan Aman Berlalu Lintas. Besaung : Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 1(3), 64–70. https://doi.org/10.36982/jsdb.v1i2.135
Sun, L. (2022). Research into the Visual Saliency of Guide Signs in an Underground Commercial Street Based on an Eye-Movement Experiment. Sustainability (Switzerland), 14(23). https://doi.org/10.3390/su142316062
Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (2009). https://peraturan.bpk.go.id/Details/38654/uu-no-22-tahun-2009
Warsudi, A. (2024). 108 Orang Tewas akibat Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Bandung pada 2024, Mayoritas Pengendara Motor. Bandungraya.Inews.Id. https://bandungraya.inews.id/read/539184/108-orang-tewas-akibat-kecelakaan-lalu-lintas-di-kota-bandung-pada-2024-mayoritas-pengendara-motor
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mochamad Iqbal Fauzan, Rosa Karnita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.