Mengungkap Tren Remaja dan Motivasi Konsumen dalam Budaya Hemat
DOI:
https://doi.org/10.47134/converse.v1i2.2983Keywords:
budaya hemat, remaja, perilaku konsumen, fenomenologi, budaya populerAbstract
Studi fenomenologi kualitatif ini mengeksplorasi motivasi dan pengalaman remaja Sidoarjo dalam berbelanja barang bekas, dalam konteks fenomena budaya populer yang sedang berkembang. Dengan menggunakan teori Alfred Schutz, wawancara mendalam dan observasi partisipan dilakukan untuk mengungkap faktor-faktor yang mendorong ketertarikan remaja terhadap toko barang bekas. Temuan menunjukkan bahwa remaja Sidoarjo merupakan pelanggan toko barang bekas yang antusias, tertarik dengan harga yang terjangkau, kesempatan untuk mendapatkan barang-barang bermerek yang unik, dan kesempatan untuk mengekspresikan diri. Penelitian ini menyoroti pentingnya budaya barang bekas dalam membentuk identitas remaja dan menawarkan wawasan bagi para pemasar dan akademisi yang tertarik untuk memahami perilaku konsumen kontemporer dan dinamika subkultur.
References
A. A. Budiarko, "Entrepreneur di Kota Pekanbaru (Teori Fenomenologi Alfred Schutz): Media Massa," Univ. Islam Riau, pp. 1-84, 2021.
A. Manggola and R. Thadi, "Fenomenologi Alfred Schutz: Studi tentang Motif Pemakaian Peci Hitam Polos," JOPPAS J. Public Policy Adm. Silampari, vol. 3, no. 1, pp. 19-25, 2021.
A. S. Permatasari, S. Rahmadhan, W. J. Firdausy, and H. L. Meidianti, "Pengaruh Komunikasi Pemasaran Thrift Shop terhadap Tingkat Konsumsi Fashion di Masa Pandemi," J. Ilmu Komun., vol. 11, no. 1, pp. 93-107, 2021.
A. Ulfa, "Studi Netnografi pada Trend Thrifting Produk Fashion di Instagram," p. 3, 2022
B. Agustian, M. Supriatno, M. Ripjan, S. F. Nursita, M. R. Diviana, and A. R. Fauzi, "Fenomena Fashion Thrift Dikalangan Mahasiswa Fisipkom Unida Sebagai Bentuk Mengekspresikan Diri," Karimah Tauhid, vol. 2, no. 1, pp. 100-110, 2023.
F. Aini, R. Maulidiyah, "Pengaruh Gaya Hidup dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian," J. Manaj., vol. 5, no. 1, pp. 339-349,
Faninda, "Penggunaan Trend Fashion Thrift Konsep Diri pada Remaja di Kota Bandung," pp. 12-58, 2019.
G. V. Sesaria, "Fenomenologi Gaya Hidup Mahasiswa UNESA Pengguna Pakaian Bekas," Paradig. J., vol. 2, no. 3, pp. 1-8, 2014.
I. Farah Fu, M. Aswad, J. Ekonomi Syariah, F. Ekonomi dan Bisnis Islam, and U. Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, "Pengaruh Kualitas
Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Pakaian Thrifting di Toko Thriftshop Sidoarjo," J. Cendekia Ilm., vol. 1, no. 3, pp.
-177, 2022.
I. Rombon, A. M. Golung, "Perpustakaan dalam Meningkatkan Kinerja Pustakawan dan Staff Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota," Acta Diurna, pp. 1-7, 2021.
N. D. Budi Setyaningrum, "Budaya Lokal di Era Global," Ekspresi Seni, vol. 20, no. 2, p. 102, 2018.
N. L. Adji and D. Claretta, "Fenomena Thrift Shop Dikalangan Remaja: Studi Fenomenologi tentang Thrift Shop di Kalangan Remaja
Surabaya," Dawatuna J. Commun. ion Islam. Broadcast., vol. 3, no. 1, pp. 36-44, 2023.
N. ul Karimah and Syafrizal, "Motivasi Masyarakat Membeli Pakaian Bekas di Pasar Senapelan Pekanbaru," E-Conversion - Propos. a Clust. Excell., pp. 1-15, 2018.
S. Sarwono, "Psikologi Remaja," p. 297, 2019.
Stefanus, "Analisis Fenomenologi Schutz dalam Ranah Pengetahuan Sosial dan Filsafat," pp. 37-45, 2016.